Kalender Masehi Dan Kalender Hijriyah

Kalender Masehi Dan Kalender Hijriyah. Tahun baru Hijriyah 1439 jatuh dalam hari Minggu tanggal 2 Oktober 2020 . Tahun baru Hijriyah memiliki makna yg mendalam bagi umat Islam yaitu mengenang Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Dalam tetapkan penanggalan, revolusi bumi dan bulan dipakai menjadi dasar perhitungan almanak kalender yang seringkali digunakan pada global ini. Adapun sistem almanak terdapat 2 macam, yaitu kalender Masehi serta kalender Hijriyah.
Kalender-Masehi-Dan-Kalender-Hijriyah

Kalender Masehi
Kalender masehi dibentuk berdasarkan menurut revolusi bumi. Tahun Masehi disebut pula tahun Syamsiyah, tahun matahari dan matahari. Menurut almanak Masehi atau Syamsiyah, satu tahun dibagi sebagai 12 bulan. Nama-nama bulan dan lamanya hari dalam penanggalan Masehi merupakan misalnya dalam tabel berikut.

Nama Bulan
Lamanya
Januari 31 Hari
Februari 28 hari
Maret 31 hari
April 30 hari
Mei 31 hari
Juni 30 hari
Juli 31 hari
Agustus 31 hari
September 30 hari
Oktober 31 hari
Nofember 30 hari
Desember 31 hari
Jumlah365 hari

Pada penanggalan Masehi dikenal terdapat tahun kabisat. Tahun kabisat merupakan bulan yg angkanya habis dibagi empat dan tahun abad yang angkanya habis dibagi 400. Pada tahun kabisat, jumlah hari dalam bulan Februari merupakan 29 hari, sebagai akibatnya jumlah hari dalam satu tahun sebagai 366 hari.

Kalender Hijriyah
Kalender Hijriyah dianggap juga menggunakan nama kalender Kamariyah. Kalender hijriyah dibuat dari dengan kala revolusi bulan.
Digunakannya sistem perhitungan tahun baru Hijriyah bermula di masa Umar bin Khattab r.A. Atau 6 tahun pasca wafatnya Nabi Muhammad SAW. Salah satu riwayat menjelaskan yaitu saat khalifah mendapat surat balasan yang mengkritik bahwa suratnya terdahulu dikirim tanpa angka tahun. Beliau lalu bermusyawarah dengan para teman dan mereka bersepakat buat menjadikan insiden hijrah Nabi Muhammad SAW berdasarkan Mekah ke Madinah menjadi awal mula perhitungan tahun dalam Islam.

Seperti halnya kalender Masehi, kalender Hijriyah pula terdiri dari 12 bulan dalam satu tahun. Adapun nama-nama bulan dan lamanya hari pada almanak Hijriyah adalah misalnya dalam tabel berikut ini.

Nama Bulan
Lamanya
Muharam/Syuro   30 Hari
Safar 29 hari
Rabiul Awal/Maulud   30 hari
Rabiul Akhir 29 hari
Jumadi Awal 30 hari
Jumadi Akhir 29 hari
Rajab 30 hari
Sya'ban/Ruwah 29 hari
Ramadhan 30 hari
Syawal 29 hari
Zulkaedah 30 hari
Zulhijah 29 hari
Jumlah354 hari

Pada almanak hijriyah juga dikenal tahun kabisat,. Tahun kabisat pada penanggalan Hijriyah jumlah harinya merupakan 355 hari pada satu tahun. Kelebihan satu harinya kemudian dibubuhi dalam bulan Zulhijah, sebagai akibatnya satu bulan sebagai 30 hari.

Itulah perhitungan Kalender Masehi Dan Kalender Hijriyah yang sering digunakan di beberapa negara termasuk Indonesia, semoga bermanfaat.