Iklan Responsive

Perbedaan Jalan Desa Jalan Kelas I II III A III B dan III C

Kita mengenal ada aneka macam jenis jalan. Meski secara umum,warga lebih seringkali menyebutkan hanya jalan raya dan jalan mini . Padahal,ada pula jenis jalan lain yang dipengaruhi sinkron dengan perundang -undangan.

Jenis jalan yg ada tadi, meliputi jalan desa, jalankelas I, jalan kelas II, jalan kelas III A, jalan kelas III B, serta jalankelas III C. Masing - masing jenis jalan ini tentunya memiliki perbedaantersendiri. Lantas, apa disparitas berdasarkan masing -masing jenis ruas jalan ini? Berikutpenjelasannya.



Jalan Desa, adalah jaringan jalan sekunder yangada di pada desa. Penetapan suatu ruas jalan dengan status menjadi jalan desadilakukan dengan melalui keputusan bupati. Penetapan ini pun pula harusdilakukan menggunakan memperhatikan pedoman yg telah ditetapkan oleh menteri,melalui keputusan resminya.

Jalan Kelas I, jalan kelas I adalah jalan arteri yangdapat dilewati sang kendaraan bermotor, termasuk jua sang kendaraan menggunakan muatanukuran lebar yg tidak lebih dari 2.500 milimeter, serta berukuran panjangnya tidaklebih menurut 18.000 milimeter, serta muatan sumbu paling berat yg diizinkanadalah lebih akbar menurut 10 ton.

Jalan Kelas II, jalan kelas II adalah jalan arteriyang dapat dilalui sang tunggangan bermotor, termasuk tunggangan dengan muatanukuran lebar yang nir lebih dari 2.500 milimeter, ukuran panjangnya tidaklebih berdasarkan 18.000 milimeter, serta muatan sumbu paling berat yg diizinkanadalah 10 ton.

Jalan Kelas III A,  merupakan jalan arteri atau kolektor yg dpatdilalui oleh kendaraan bermotor, termasuk kendaraan dengan muatan yang memilikiukuran lebar tidak lebih dari 2.500 milimeter, menggunakan ukuran panjang tidaklebih menurut 18.000 milimeter, dan menggunakan muatan sumbu terberat yang diizinkanadalah 8 ton.

Jalan Kelas III B, adalah jalan kolektor yang dapatdilalui oleh tunggangan bermotor termasuk oleh kendaraan bermotor dengan muatanyang memiliki berukuran lebar nir lebih dari dua.500 milimeter, ukuran panjangnyatidak lebih berdasarkan 12.000 milimeter serta dengan muatan sumbu terberat yangdiizinkan adalah 8 ton.

Jalan kelas III C, adalah jalan lokasi yg dapatdilalui oleh tunggangan bermotor, termasuk kendaraan bermuatan, yang memilikiukuran lebar tidak lebih dari dua.100 milimeter, dengan berukuran panjang tidaklebih berdasarkan 9.000 milimeter, serta dengan muatan sumbu terberat yg diizinkanadalah 8 ton.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel