Jenis Prosesor Intel Dari Waktu Kewaktu

Jenis Prosesor Intel Dari Waktu Kewaktu - Prusahaan Intel Corporation berdiri sejak tahun 1968. Perusahaan ini adalah perusahaan multinational yg bergerak dibidang rancangan dan produksi mikro procesor dan yang lebih khusus adalah dalam sirkuit terpadu. Selain itu perusahaan yang berpusat di Amerika ini pula memproduksi kartu jaringan, chipset papan induk, komponen dan jua indera yang lainnya yg herbi jaringan personal komputer .

Sejak 1970-an, Intel telah memberikan beberapa keluaran prosesor yang semakin hari semakin canggih baik untuk komputasi usaha juga personal. Setiap prosesor merupakan inti menurut sistem komputer yang melaksanakan operasi aritmatika dan logika serta mengakses memori penyimpanan digital dengan kecepatan sampai miliaran operasi per dtk-nya. Sejak akhir 1990-an, Intel telah beralih ke prosesor menggunakan beberapa core untuk menangani beban kerja yang lebih akbar pada software yang lebih sophisticated.

Jenis-Prosesor-Intel-Dari-Waktu-Kewaktu

Berikut ini jenis-jenis prosessor intel yang sudah dimuntahkan serta digunakan oleh banyak orang berdasarkan jaman terdahulu hingga dengan yang terbaru sekarang ini :

Atom
Intel prosesor Atom didesain buat keluarga netbook serta perangkat mobile lainnya. Prosessor ini memilikin konsumsi daya yang sederhana dan bisa menghemat baterai. Prosesor aton sebenarnya adalah lanjutkan berdasarkan Intel kompatibilitas dengan prosesor x86 jenis sebelumnya misalnya Pentium 4 serta Core Duo, yang memungkinkan Atom buat menjalankan aplikasi yang sama misalnya Microsoft Windows serta Linux. Model Atom berjalan dalam kecepatan berdasarkan 600 MHz ke dua GHz dan mengkonsumsi 1,tiga-10 watt.

Itanium
Itanium merupakan produk keluaran yang terbatas berdasarkan jenis kompatibilitas menggunakan prosesor Intel lainnya. Itanium dikembangkan beserta dengan Hewlett-Packard pada tahun 1990 dan dimaksudkan sebagai teknologi "generasi berikutnya" buat pelaksanaan yang menuntut kompleksitas chip yg terbukti dapat menggurangi beban bagi pengembang perangkat lunak. Intel sudah terus menaikkan desain-nya dan membentuk versi saat ini yaitu, "Itanium 2," yg HP sendiri menggunakan ini di server high-end. Chip ini mempunyai sepasang 16KB Level 1 Cache kenangan, 1MB Level 2 dan 6MB cache Level tiga. Cache terus baru digunakan data dalam hirarki area penyimpanan memori on-chip, memaksimalkan efisiensi prosesor.

Xeon
Workstation kinerja tinggi serta server kebanyakan menggunakan prosesor Intel Xeon. Seperti kebanyakan berdasarkan mikroprosesor Intel, Xeon tadi kompatibel menggunakan instruksi x86 set, software pendukung primer seperti Microsoft Windows serta manajer database Oracle. Desain Xeon menggabungkan kemajuan seperti beberapa core serta Hyper-threading buat menjaga beberapa proses yg aktif pada waktu yang sama. Chip ini memiliki peningkatan kinerja lainnya, termasuk sepasang unit memori cache 64KB buat data serta instruksi.

Core i3, i5 serta i7
Core i3, i5 serta i7 mikroprosesor membawa fitur kinerja untuk komputer desktop standar, baik untuk rumah maupun bisnis. Seperti dengan prosesor Xeon, sebagian besar seri ini memiliki beberapa core dan termasuk Intel Hyper-threading yang mempunyai kecepatan hingga dua proses pada setiap inti. Chip ini memiliki 1,2 GHz ke 3,6 GHz, dengan prosesor i7 memiliki kecepatan yang sangat cepat. Ketiga jenis ini cocok pada 64-bit dengan desain yang mencakup teknologi virtualisasi VT-x, dan bisa memanjakan Anda dalam menjalankan beberapa sistem operasi pada prosesor pada saat yang sama.

Bagi Anda yang sudah menggunakan personal komputer dari banyak generasi niscaya sudah tau serta mencicipi perkembangan berdasarkan jenis-jenis prosesor intel, baik itu dari segi kecepatan akses datanya juga yg lainnya. Demikian semoga bermanfaat.