Iklan Responsive

Daftar 10 Gunung Api Tertinggi Di Dunia Beserta Keterangannya

Permukaan bumi terdiri menurut bentang alam yang amat beragamdan menarik. Salah satu kenampakan alam berdasarkan permukaan bumi merupakan berupagunung. Gunung adalah bentuk tonjolan di bagian atas bumi yang lebih tinggidari daerah di sekitarnya, menggunakan kondisi ketinggian eksklusif.

Gunung bisa terbentuk akibat aktivitas vulanis berdasarkan dalamperut bumi atau karena konvoi lempeng di dalam bumi. Gunung ini ada yangdapat meletus atau mengeluarkan api serta ada juga gunung yang tidak dapatmeletus serta mengeluarkan barah atau magma.



Gunung yg dapat meletus ini biasa diklaim gunung api. Gunungapi adalah suatu sistem saluran fluida panas yang terdiri dari batuan dalamwujud cair atau lava, yg memanjang pada kedalaman 10 km pada bawah permukaanbumi hingga ke kepermukaan bumi.

Nah, pada antara gunung -gunung api ini, terdapat gunung api yangmemiliki tinggi yang sangat menjulang di atas bagian atas bahari. Di semua global,gunung barah yg tinggi ini beredar pada banyak sekali daerah. Tahukah kamu mana sajagunung api tertinggi pada dunia yang ada?

Nah, bagi yg belum memahami, berikut ini ada informasimengenai daftar 10 gunung barah tertinggi di global. Daftar gunung api tertinggiini pula akan dilengkapi dengan warta tentang lokasi, tinggi danketerangan krusial lain tentang gunung tersebut.

1# Gunung Api Kilimanjaro

Lokasi
: Tanzania, Benua Afrika
Tinggi puncak
: 6.010 meter pada atas permukan Laut atau 4.600 meter pada hitung di kaki gunung

Gunung Api Kilimanjaro adalah gunung barah tertinggi pada dunia.kilimanjaro adalah nama yg didapat menurut bahasa Swahili. Kata kilimaberarti gunung serta kata Njaro berarti bercahaya. Kilimanjaro duludisebut pula sebagai Kaiser-Wikhelm-Spitze.

Selain itu, kilimanjaro, jua tak jarang disebut sebagai kilimaDscharo atau Oldoinyo Oibor yg merupakan merupakan Gunung putih atau WhiteMontain pada bahasa inggris.

Kilimanjaro adalah gunung Api strato super besar yg kinisudah tidak aktif, akan tetapi masih memiliki furmoral yg mengeluarkan gasppada area kaldera yang terletak pada puncak utama kibo. Di Tanzania, Puncak Kiboini pula acapkali dianggap menjadi puncak Uhuru.

Gunung Kilimanjar juga merupakan zenit tertinggi di Afrikadan zenit Uhuru adalah puncak tertinggi menurut Kilimanjaro, dan merupakan salahsatu berdasarkan tujuh puncak tetinggi dunia.

2# Gunung Api Guallatiri

Lokasi
: Chili, Amerika Selatan

Di Pegunungan Ades
Tinggi puncak
: lima.965 meter

Gunung Api Guallatiri adalah Gunung Api Tertinggi keduadi Dunia. Gunung yang berada pada wilayah Chili utara ini juga merupakan gunungberapi paling aktif di daerahnya. Lokasi Gunung Api Guallatiri ini tepatnyaada di barat wilayah perbatasan antara Bolivia dan pada ujung barat daya wilayah Vevadosde Qumsachata.

3# Gunung Api Lascar

Lokasi
: Chili, Amerika Selatan

Di Pegunungan Ades
Tinggi Puncak
: 5.896 meter dpl

Gunung Api Lascar merupakan gunung barah tertinggi ketiga yangada di dunia. Gunung Api ini jua terletak pada pegunungan Andes Chili Utara,yg adalah satu rangkaian yg sama dengan gunung api Guallatiri pada atas.

4# Gunung Api Cotopaxi

Lokasi
: Equador, Amerika Selatan

Di Pegunungan Andes
Tinggi Puncak
: lima.804 meter dpl

Gunung Api cotopaxi adalah gunung api tertinggi keempatdi dunia. Gunung Api Cotopaxi jua merupakan gunung api strato volcano, sepertigunung api Kilimanjaro. Letak gunung api ini tepatnya ada lebih kurang 28 km di selatanQuita, Ekuador. Gunung barah ini terletak dekat menggunakan daerah khatulistiwa yangpanas. Meski demikian, gunung ini masih mempunyai salju.

5# Gunung Api El Misti

Lokasi
: Peru, Amerika Latin

Di Pegunungan Andes
Tinggi Puncak
: lima.729 m

Gunung Api el Misti adalah Gunung Api tertinggi kelima didunia. Gunung ini adalah salah satu menurut ratusan gunung barah yg terdapat di wilayahCardilera, bagian selatan Peru pada dekat kota Arequipa.

Gunung api ini mempunyai salju serta berbentuk misalnya kerucut.gunung yang juga adalah gunung api stratovolcano ini dikenal pula dengannama Putina atau wawa Putina atau Guagua Putina. Letusan terakhir menurut gunungapi ini terjadi tahun 1985.

6# Gunung Api Tupungatito

Lokasi
: Chili, Amerika Selatan

Di Pegunungan Andes
Tinggi Puncak
5.551 m

Pegunungan Andes di Chili memang memiliki poly gunung apidengan zenit yang menjulang tinggi. Gunung Api Tupungatito yg merupakangunung barah tertinggi keenam pada dunia ini pun juga berada pada Chili, di wilayahpegunungan Andes.

Gunung yg jua merupakan statovolcano, ini tepatnyaterletak di perbatasan antara Chili Metropolitan Region dan provinsi Argentinamendoza. Terakhir kali letusan menurut gunung barah ini, tercatat terjadi pada tahun1987.

7# Gunung Api Tolima

Lokasi
: Kolombia, Amerika Selatan
Tinggi Puncak
: 5.401 m

Gunung Api Tolima adalah gunung api tertinggi ke 7 didunia yg juga adalah Statovolcano. Gunung ini berada di daerah Tolima, Kolombia.gunung barah Tolima yg berbentuk curam ini terbentuk selama 40.000 tahunterakhir. Isiny berupa kaldera berbentuk corong menggunakan kedalaman mencapai 200hingga 300 meter yang terbentuk pada tahun 1926. Letusan besar terakhir gunung Tolima terjadi sekitar tiga.600 tahun silam.

8# Gunung Api Sangay

Lokasi
: Equador, Amerika Selatan

Di Pegunungan Andes
Tinggi Puncak
5.148 meter dpl

Gunung api sangay pula dikenal sebagai Macas, Sanagay, atau Sangai.gunung yang pula termasuk golongan stratovolcano aktif ini termasuk gunung apipaling aktif pada daerah Ekuador. Letusan paling akhir yang terjadi berdasarkan gunungapi Sangay terjadi dalam tahun 1934, dan masih berlangsung secara geologis.

9# Gunung barah Tungurahua

Lokasi
: Ekuador, Amerika Selatan

Di Pegunungan Andes
Tinggi Puncak
: 4.954 meter dpl

Gunung api Tungurahua merupakan gunung api tertinggikesembilan pada global yang terdapat pada Ekuador. Nama Tungurahua asal berdasarkan perpaduanbahasa Quichua, yakni kata Tunguri yang adalah tenggorokan, dan Rahwayang artinya Api.

Gunung Tungurahua adalah gunung stratovulcano aktif yang beradadi Cordillera Oriental, Ekuador. Gunung ini termasuk gunung yang juga sangataktif. Aktifitas vulkanik gunung barah ini terjadi beberapa tahun terakhir, yaknimulai tahun 1999,2019 serta beberapa letusan pula pernah terjadi di tahun2019.

10# Gunung Api Cotacachi

Lokasi
: Ekuador, Amerika Selatan

Di Pegunungan Andes
Tinggi Puncak
4.861 meter dpl


Gunung api Cotacachi berlokasi di Cordillera, utara Ekuador,tepatnya di bagian barat Provinsi Imbabura. Gunung api ini pun pula terletak dideretan pegunungan Andes, tepatnya yang melintasi negara Ekuador.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel