Iklan Responsive

Contoh Abstrak Skripsi dan Cara Menulis Abstrak Skripsi

Abstrak dalam suatu penelitian skripsi adalah satubagian yg tak bisa dilewatkan. Abstrak adalah bagian yang krusial dalamsetiap skripsi. Untuk itu, penting bagi seorang mahasiswa, terutama mahasiswasemester akhir untuk memiliki kemampuan dalam menciptakan abstrak.


Cara menulis tak berbentuk sebetulnya adalah perkaramudah. Meski demikian, tak sedikit mahasiswa yang masih merasa kebingunantentang cara menulis abstrak skripsi yang benar. Sebab, menulis abstrak skripsimemang tidak sanggup dilakukan dengan asal-asalan. Ada anggaran baku yang perludiperhatikan pada penulisan tak berbentuk skripsi.

Apa saja aturan dalam menulis abstrak dan bagaimanacara menulis tak berbentuk skripsi yg sempurna? Beberapa hal yang harus diperhatikandalam menulis abtrak skripsi, meliputi :
  • Abstrak ditulis dengan jumlah kata aporisma 250 istilah. Jumlah 250 kata merupakan anggaran generik. Meski demikian, beberapa dosen mungkin ada yg memperkenankan penulisan abstrak lebih menurut 250 istilah. Tapi, idealnya abstrak ditulis tidak lebih dari satu page.
  • Ditulis dengan spasi antar paragraf satu (single spacing)
  • Disertai istilah kunci. Biasanya jumlah istilah kunci yg ditulis merupakan 5 istilah.
  • Penulisan bahasa asing dicetak miring.
  • Terdiri berdasarkan tiga paragraf. Jumlah paragraf ini juga adalah ketentuan generik, menggunakan masing -masing paragraf memuat beberapa berita eksklusif.
  • Secara generik, paragraf pertama memuat : judul penelitian, rumusan perkara, latar belakang serta tujuan penelitian.
  • Secara generik, paragraf ke 2 memuat : metode penelitian, teknik analisa data, landasan teori.
  • Secara generik, paragraf ketiga berisi tentang hasil atau kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan.
  • Abstrak umumnya ditulis dalam 2 bahasa, yakni bahasa Indonesia serta bahasa Inggris, dengan format penulisan atau isi goresan pena tak berbentuk yang serupa.

Contoh Abstrak Skripsi


ABSTRAK

Pertumbuhan ekonomi Cina semakin tinggi pada beberapa dasa warsa semenjak 1978. Bahkan Gross Domestic Product Cina melebihi pertumbuhan ekonomi dunia. Pertumbuhan ini terjadi sejak kebijakan reformasidan keterbukaan dilaksanakan Deng Xiaoping. Kebijakan ini dan relasinya terhadap peningkatan ekonomi Cina adalah hal menarik. Penelitian menggunakan judul “Dampak Kebijakan Reformasi dan Keterbukaan terhadap Perkembangan Ekonomi Cina”, mempunyai rumusan kasus bagaimana strategi ekonomi yang diterapkan Cina, serta apa pengaruh kebijakanreformasi dan keterbukaan terhadap perkembangan ekonomi Cina.Tujuan penelitian ini merupakan buat mengetahui taktik Cina dalam mengembangkanperekonomian, dan mengetahui efek taktik reformasi serta keterbukaan terhadapperkembangan ekonominya.

Penelitian ini menggunakan metode library research atau penelitian kepustakaan. Adapun asal data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder dari press release, dan data perkembangan ekonomi Cina yang disajikan oleh kementrian terkait bidang perdagangan di Cina. Data akan dianalisa dengan metode naratif analisis. Landasan teori yg digunakan adalah teori state corporatism, kapitalisme dan sosialisme.

Berdasarkan analisa data yg dilakukan, diperolehkesimpulan bahwa kebijakan reformasi dan keterbukaan yg dilakukan Cina menggunakankonsep state corporatism. Cina mengembangkan sistem pasar sosialis guna menyesuaikan kondisi global yang banyak dipengaruhi paham kapitalisme. Dalam berbagi ekonominya, Cina menerapkan beberapa kebijakan seperti: TVEs (township and village enterprises), SEZ (special economic zone), Teori Tiga Perwakilan, dan Keanggotan pada WTO (World Trade Organization).
Kebijakan-kebijakan ini menunjukkan adanya keterbukaan ekonomi yang dijalankan Cina. Pemerintah Cina melakukan pembebasan pasar tanpa kehilangan kontrolnya terhadap mekanisme pasar.reformasi ekonomi China dilakukan tanpa meninggalkan ideologi sosialismenya,dan permanen dapat memberikan imbas positif terhadap perkembangan ekonomi.



Kata kunci: ekonomi,keterbukaan, reformasi, state corporatism

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel