Iklan Responsive

Cara Memilih Kain Batik Yang Berkualitas Tinggi

Cara-Memilih-Kain-Batik-Yang-Berkualitas-Tinggi

Memilih kain batik yg berkualitas, tentu menjadi sebuah point penting waktu kita akan membeli bahan kain batik. Bagi Anda yg memiliki selera yg tinggi dibidang fashion, memilih jenis kain batik yg mempunyai kualitas tinggi pasti sebagai harga meninggal walaupun Anda wajib mengeluarkan banyak uang buat itu. Tetapi disinilah tak jarang poly orang bingung bagaimana caranya buat memilih kualitas batik yang akan dibeli.

Kualitas kain batik yg kita pilih, nantinya akan menghipnotis ketenangan saat baju yg di buat berdasarkan kain tersebut kita gunakan. Semakin mengagumkan kualitas menurut kain batik yang kita pilih, tentu akan semakin nyaman buat dipakai, namun seluruh itu juga nir tanggal dari desain serta juga jahitan yang didapatkan.

Semakin bagus kualitas kain batik, maka harganyapun pula akan semakin mahal. Perlu Anda ketahui, hal yang menentukan tinggi rendahnya harga sehelai kain batik adalah dilihat dari tingkat kesulitan dan proses pembuatannya. Nah,... Bagi Anda yg kebetulan sangat memperhatikan kualitas buat barang-barang yang akan Anda pakai, ini dia beberapa tips yg bisa Anda gunakan waktu akan menentukan kain batik yg mau Anda beli.

5 Cara Memilih Kain Batik Berkualitas 

#1. Jenis Batik 

Sebelum Anda membeli kain batik, usahakan perhatikan terlebih dahulu jenis kain batik-nya, apakah kain tadi batik tulis atau batik cetak/cap. Kain batik tulis, cenderung akan lebih berkualitas bila dibandingkan menggunakan kain batik cetak atau cap. Selain itu, harga menurut kain batik tulis pun jauh lebih mahal apabila dibandingkan menggunakan kain batik cap, lantaran kain batik tulis membutuhkan keterampilan spesifik disaat proses pembuatannya, dan waktu pembuatan berdasarkan batik tulis lebih usang dan lebih rumit jika dibandingkan menggunakan batik cap atau cetak.

Untuk mengetahui perbedakan atara batik tulis dengan batik cap merupakan sebagai berikut, pada batik tulis, tiap-tiap corak gambar yg terdapat pada kain, akan selalu berbeda antara satu sama lain, sedangkan dalam batik cetak/cap motif maupun corak akan selalu sama. Hal tadi disebabkan sang kesalahan insan pada ketika pencantingan pada batik tulis, namun disinilah yg mengakibatkan batik tulis lebih memiliki nilai seni tinggi.

#2. Jenis Bahan. 

Hal kedua yg harus Anda perhatikan ketika menentukan kain batik yang berkualitas merupakan jenis bahan. Ada lima jenis bahan (kain) yg seringkali digunakan pada pembuatan batik.
  • Kain Sutera :  Sudah sedari jaman dahulu, jika kain sutra sudah dipakai buat pakaian yg istimewa. Jika Anda pernah mengenakan pakaian yang terbuat menurut sutra, Anda niscaya tau cita rasanya, kenyamanan serta kelembutan menurut bahan sutra tersebut niscaya Anda rasakan.
  • Kain Serat Nanas :  Kain Serat nanas merupakan kain yang teksturnya kasar seperti dengan dobi. Dalam umumnya, kain ini akan terlihat sulur-sulur pada kain tadi serta mengkilap. Hampir semua kain memiliki strata dari yg paling kasar sampai yang paling halus.tergantung berdasarkan pencampuran bahan dasar pembuatan kain.
  • Kain Paris :  Kain Paristeksturnya lembut dan jatuh. Bahannya tipis menggunakan serat kain yang kuat. Kain paris pun mempunyai strata-tingkatan seperti kain-kain yg lain.
  • Kain Katun :  Ada tiga jenis kain katun yang acapkali dipakai pada pembuatan batik, jenis kain katunitu merupakan : Polisima, Primissima, Prima.
  • Kain Mori :  Hampir sama dengan kain katun, kain mori mempunyai beberapa tingkatan dari kualitasnya, yaitu : Mori Primissima,Mori Prima serta Mori Biru.

#3. Jenis Pola

Ada banyak pola yang seringkali dipakai pada membatik, baik itu pola tradisonal juga pola/motif batik modern. Jenis pola yang semakin rumit tentu hatganyapun akan semakin mahal. Batik dengan pola yg rumit tentu juga sagat terbatas yang ada dipasaran, menggunakan begitu bantik dengan pola yang rumit tentu sangat berkualitas serta juga elegan lantaran tidak banyak yg memakainya.

#4. Kualitas Pewarnaan 

Kualitas pewarnaan dalam kain, juga sangat menghipnotis kualitas, buat mengetahui kualitas pewarnaan yg bagus caranya merupakan menjadi berikut.
  • Rabalah rona cat yang masih ada dalam kain batik. 
  • Pastikan rona yg ada di sana nir menempel pada tangan Anda. 
  • Bila warna cat meninggalkan bekas pada tangan Anda, itu berarti pewarna kain yang digunakan memiliki kualitas yg kurang rupawan. Hal ini bisa mengakibatkan kain cepat luntur, sehingga kain batik Anda akan cepat menjadi pudar.

#5. Kualitas Cetakan 

Point kelima didalam memilih kain batik yang berkualitas adalah menggunakan cara melihat kualitas cetakannya. Caranya lihatlah bagian dala bahan kain batik yg akan Anda beli. Kain batik yang mempunyai kualitas rupawan pa umumnya akan memiliki cetakan luar serta dalam dengan rona yang sama. Ketika kain batik, motif dan rona yang ada di bagian dalam sama dengan bagian luar, hal ini memperlihatkan bahwa kain tersebut sudah melalui proses pembuatan yg lebih jelasnya dan lebih awet ketimbang kain batik yg bagian luar dan dalamnya tidak sama.

Selain kelima tips diatas, cobalah Anda tempekan kain batik yang ingin anda beli ke kulit Anda, apabila anda mencicipi kain terasa dingin, itu ialah kain tersebut sangat nyaman bila nantinya dipakai lantaran kain memiliki kualitas bagus. Kain batik jenis ini tidak akan gampang kusam meskipun Anda sudah mencucinya berkali-kali. Satu hal lagi yg perlu Anda tau, bila Anda menemukan kain batik yg tampak kaku, belum tentu kain tersebut berkualitas buruk, karena hal ini memang acapkali terjadi, kain akan lembut saat sudah dicuci.

Itulah 5 Cara Memilih Kain Batik Yang Berkualitas Tinggi yang bisa Anda lakukan, semoga apa yg saya tulis bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel