Cara Memilih Induk Kambing Yang Berkualitas Baik

Memelihara kambing saat ini menjadi usaha sampingan banyak orang, terutama bagi yg tinggal di kampung dengan banyak lahan yg tersedia buat ditanami hijauan pakan ternak kambing. Tetapi bukan hanya pada kampung saja, pada kota-kota mini banyak PNS yang pula beternak kambing menjadi sampingan berdasarkan pekerjaan tetapnya. Memang memelihara kambing juga mampu menguntungkan asalkan cara pertama yang mesti diperhatikan merupakan memilih induk kambing yang berkualitas baik agar nanti hasilnya pula memuaskan.

Memilih induk kambing yg berkualitas baik terutama jika mau dijadikan peranakan memang wajib diperhatikan secara akurat agar output dari peranakannya juga baik, cepat besar serta juga sehat. Apabila indukan kambing berdasarkan awal sudah tidak mempunyai kualitas yang baik tentu peranakannya pula akan kurang baik.

Induk-Kambing-Berkualitas
Induk Kambing Berkualitas

Lalu misalnya apakah kriteria induk kambing peranakan yg baik itu?
Berikut ini Ceritatani bagikan, beberapa kriteria kambing indukan yang memiliki kualitas baik, Cara memilih indukan kambing yg baik ini berdasarkan hasil pantauan menurut seseorang pedagang kambing bernama Bpk. Suyud Dari Desa Kaliwader Kecamatan Bener Jawa Tengah. Dari hasil pantauan dia yg sudah lama memelihara kambing serta menjadi pedagang kambing, kriteria utama yg wajib diperhatikan waktu akan menentukan indukan kambing yg berkualitas baik adalah menjadi berikut  :

Kriteria memilih indukan kambing yg pertama
Kriteria pertama adalah terletak dalam susu kambing, perhatikan pada punting susu kambingnya, pastikan pada puting susu kambing tersebut nir tumbuh bulu, selanjutnya bentuk susu agak lumayan akbar. Dari hasil pantauan Bpk. Suyud jenis kambing indukan yang puting susunya nir berbulu cenderung akan lebih poly mengeluarkan air susu jika dibandingan dengan jenis kambing yang memiliki puting susu yang memiliki bulu.

Hasil pengamatan tadi sangatlah masuk akal, karena apabila anakan kambing bisa mendapatkan asupan air susu yang banyak berdasarkan induknya tentu anak kambing akan cepat akbar dan pula sehat. Dari output pantauan tersebut kambing yang dalam puting susunya tumbuh bulu rata-rata hanya akan mampu mengeluarkan air susu selama lebih kurang dua bulan saja bila dibandingkan dengan jenis kambing yang tidak memiliki bulu pada puting susunya.

Kriteria menentukan indukan kambing yang kedua
Kriteria yg ke 2 yang wajib diperhatikan dalam memilik indukan kambing yang indah adalah dari kesehatan kambing. Adapun ciri-karakteristik kambing yg sehat merupakan menjadi berikut :
  • Kambing memiliki gerakan yg lincah.
  • Bulu terlihat rapih serta mulus.
  • Mata terlihat bening dan nir mengeluarkan kotoran (belek).
Kriteria Fisik indukan kambing yang baik
Kriteria fisik, jua harus diperhatikan walaupun sebenarnya nir terlalu penting, yang paling utama adalah kriteria pertama serta kedua sudah terpenuhi, apabila kriteria pertama dan ke 2 sudah terpenuhi, bila dikawinkan menggunakan pejatan yanag baik kemungkinan akbar hasilnya jua akan baik. Namun nir ada salhnya apabila kriteria fisik juga harus diperhatikan. Berikut ini ciri-ciri fisik kambing untuk indukan yang bagus :
  • Calon Bibit yang dibeli dari langsung dari peternak.
  • Ukuran badan besar , akan tetapi terlalu gemuk. Bentuknya kompak, dada pada serta lebar, garis punggung dan pinggang lurus. Bulu bersih dan mengkilap.
  • Keempat kakinya lurus terlihat kokoh, dan tumit tinggi.
  • Umur lebih berdasarkan satu tahun serta telah mengalami berahi sebelum sebelum umur satu tahun.
  • Bentuk dan berukuran alat kelamin normal, ambingnya nir terlalu menggantung, isinya kenyal, tidak terinfeksi, serta puting susu berjumlah dua dengan berukuran dan posisi simetris.
  • Tidak ada stigma pada bagian tubuhnya. Misalnya di indera pendengaran, verbal, ekor, atau hidung. Selain itu, mata tidak rabun atau buta yg bisa dicek menggunakan mendekatkan jari dalam mata. Jika nir ada kedipan, berarti ternak tersebut buta atau rabu.
  • Mempunyai sifat keibuan yang terlihat berdasarkan taraf kejinakkan ternak serta sorot mata yg ramah
  • Bedasarkan kitab catatan, pilih domba atau kambing yg lahir kembar, atau kelahiran tunggal yg asal menurut induk belia serta mempunyai pertumbuhan yg baik.
  • Jumlah gigi dipilih yang lengkap menggunakan rahang atas dan rahang bawah homogen. Tujuannya agar induk dapat memamah biak menggunakan baik
Cara memilih kambing pejantan yang baik
Indukan betina yg cantik jua wajib dipadukan juga dengan pejantan yg indah jua, untuk itu juga harus diperhatikan jua sebelum mengawinkan. Sebelum mengawinkan terlebih dahulu pilihlah calon induk jantan yg baik yang kriterianya bisa dicermati berdasarkan postur tubuh dan beberapa kriteria lainnya. Dengan memilih pejanyan yang baik, anakan yang dilahirkan pula akan memiliki sifat yang sama dengan induk serta pejantannya. Berikut ini merupakan beberapa kriteria pejantan yang harus diperhatikan.
  • Ukuran badan normal, tubuh panjang, dan akbar, bentuk perut normal, dada pada serta lebar, kaki kokoh, lurus bertenaga dan terlihat tonjolan tulang yg akbar pada kaki, mata nir rabun atau buta.
  • Pertumbuhannya relatif cepat
  • Gerakannya lincah dan terlihat ganas.
  • Alat kelamin normal dan simetriss serta tak jarang terlihat birahi.
  • Tidak pernah mengalami penyakit yang serius.
  • Umurnya antar 1,5-5 tahun.
  • Pilih Calon pejantan yang asal dari dari kelahiran kembar dan dari dari induk menggunakan jumlah anak lahir lebih berdasarkan 2 ekor. Jika asal dari kelahiran tunggal, pilih pejanntan yang berasal menurut induk dengan jumlah anak hanya satu ekor.
Itulah beberapa kriteria didalam memilih induk kambing yang berkualitas baik, entah itu betinanya juga pejantannya. Kriteria-kriteria diatas hanyalah dari pengamatan semata yg dilakukan berdasarkan hasil beternak kambing, tetapi adapun dari segi hasil tentu sangat ditunjang menurut pemeliharaan dan pemberikan kuliner secara baik, dan yang paling utama adalah kehendak Allah SWT. Semoga bermanfaat.