Iklan Responsive

Cara Membuat Gambar Animasi Bergerak Dengan Photoshop CS6

Selamat malam, untuk blogger dan para pembaca semuanya, usang sudah saya tidak otak-atik serta posting artikel mengenai photoshop. Nah,... Pada kesempatan ini balik saya akan coba berbagi sedikit ilmu mengenai Cara Membuat Gambar Animasi Bergerak Dengan Photoshop CS6.

Gambar Animasi merupakan gambar begerak yg terbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang lalu disusun secara beraturan buat mengikuti alur konvoi yang sudah diseting sedemikian rupa menggunakan memakai hitungan saat yang terjadi. Adapun gambar yang dijadikan animasi dapat berupa gambar manusia, hewan, juga menggunakan tulisan.
Dalam bahasa yg terkenal penghasil animasi acapkali diklaim menggunakan animator, adapun indera yg digunakan sanggup bermacam-macam, baik itu coreldrow, maupun dengan acara pelaksanaan photoshop. Betuk format penyimpanan gambar animasi ysng tak jarang digunakan adalah format gif. Gambar dibawah ini merupakan contoh gambar animasi yg berhasil aku buat dengan photoshop CS6.
gif-animasi

Langkah membuat gambar animasi menggunakan photoshop.
Contoh gambar animasi diatas saya buat dengan menggabungkan 4 gambar dengan ukuran gambar yang sama. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, pertama-tama yg mesti Anda persiapkan merupakan jenis gambar dengan ukuran sama, untuk jumlahnya mampu disesuaikan dengan impian Anda.
Ok, sekarang langsung ke caranya.

Langkah Pertama : Buka aplikasi photoshop Anda, kemudian buat lembar kerja baru menggunakan cara klik arsip -> New (Ctrl+N). Untuk ukuran bisa diadaptasi lantaran nantinya pula bisa dipotong menyesuaikan kondisi, lihat gambar dibawah.

Setting-lembar-kerja-photoshop

Langkah Kedua :  Setelah lebar kerja dibuat, kini saatnya kita memasukkan gambar yang akan kita jadikan gambar animasi. Caranya klik File -> Place -> Pilih gambar Anda, kemudian klik kanan dalam gambar yg telah masuk di lembar kerja dan pilih Place. (Ulangi utuk memasukkan gambar yang lain/Biarkan seluruh gambar menumpuk serta yg terlihat hanya gambar yang terakhir)

lembar-kerja-photoshop

Langkah Ketiga : Setelah seluruh gambar yang akan kita buat animasi masuk, sekarang saatnya untuk membuat gambar tadi sebagai gambar animasi. Caranya klik Windows, kemudian pilih timline, sebagai akibatnya muncul Timline dibawah lembar kerja photoshop.

lembar-kerja-photoshop

Langkah Keempat :  Kini saatnya kita mengatur ketika tampilan gambar animasinya. Caranya klik dalam timeline, atur berapa waktu perputaran gambar nantinya. Disini saya memakai 5 dtk.

timeline-photoshop

Langkah Kelima :  Setelah waktu kita seting, kemudian duplikasi gambar sampai dengan 12 kali. Caranya klik Duplicates selected frame sebesar 12 kali.

timeline-photoshop

Dan akhirnya sebagai seperti berikut

timeline-photoshop

Langkah Keenam :  Langkah ini merupakan langkah terakhir dimana kita akan memunculkan gambar yang tadinya menumpuk buat menjadi animasi.
Caranya  Lihat Menu layer:
  • Klik pada gambar timeline dua, kemudian hilangkan indikasi mata dalam gambar 4 di layer.
  • Klik pada gambar timeline 3, kemudian hilangkan pertanda mata pada gambar 4 serta 3 di layer.
  • Klik pada gambar timeline 4, kemudian hilangkan tanda mata dalam gambar 4 dan 3 dan 2 di layer.
  • Lihat gambar dibawah ini. (Ulangi buat gambar 6, 7, 8, 10, 11, 12.

timeline-photoshop-cs6

Setelah selesai melakukan cara no 6, silahkan cek melalui tombol play, apakah gambar Anda telah bekerja atau belum, bila belum berarti ada kesalahan, silahkan ulanggi lagi langkahnya berdasarkan awal.
Penyimpanan gambar adalah pada format gif, caranya silahkan tekan Ctrl+Shift+Alt+S secara bersamaan lalu simpan. Demikian Cara Membuat Gambar Animasi Bergerak Dengan Photoshop CS6, sederhana yg mampu aku bagikan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba, semoga berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel