Iklan Responsive

Nasi Kebuli Dan Resep Cara Membuatnya

Nasi Kebuli Dan Resep Cara Membuatnya - Pada kesempatan ini balik Alya akan membuatkan sebuah resep spesial Nusantara. Setelah pada kesempatan sebelumnya Alya mengembangkan tentang nasi kuning. 

Nasi kebuli merupakan sajian nasi berbumbu yang bercitarasa gurih. Seperti halnya nasi kuning Nasi kebuli pula dimasak menggunakan berbagai macam bumbu rempah-rempah.namun bedanya nasi kebuli ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, serta minyak samin, dan tersaji menggunakan daging kambing goreng serta terkadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis.


Resep-Nasi-Kebuli


Hidangan nasi kebuli ini sangat populer pada kalangan rakyat Betawi, di Jakarta serta warga keturunan Arab di Indonesia. Nasi kebuli menandakan pengaruh budaya Arab Timur Tengah dan India Muslim, tepatnya tradisi Arab Yaman. Nasi ini seperti menggunakan nasi Biryani.

Dalam budaya Betawi, nasi kebuli umumnya seringkali tersaji pada seremoni keagamaan Islam, seperti lebaran, Idul Adha, Maulid Nabi Muhammad SAW. Nasi kebuli pula terkenal pada daerah kota yang banyak terdapat masyarakat keturunan Arab, seperti Surabaya serta Gresik.

Nasi kebuli dibentuk dengan cara menanak nasi bersama kaldu kambing dan susu kambing (mampu jua diganti menggunakan santan). Daging kambing ditumis dan dicampurkan ke dalam nasi dengan jua membubuhkan minyak samin untuk memberikan aroma yang spesial .

Bumbu-bumbu yang dihaluskan dan ditumis bersama nasi ini merupakan bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, serta minyak samin. Kemudian daging kambing dimasak beserta dengan nasi setengah matang ini sampai akhirnya benar-sahih matang. Daging kambing ini sanggup diiris mini -mini dan dicampurkan ke pada nasi, atau digoreng dan disajikan terpisah. Nasi kebuli umumnya disajikan dengan asinan nanas, kadang jua ditambahi sambal goreng hati.

Berikur ini resep nasi kebuli yg mampu Anda coba. Namun resep berikut nir menggunakan kaldu kambing serta pula susu. Namun resep berikut kaldu kambing diganti dengan santan. Berikut resepnya  :

RESEP NASI KEBULI

Bahan-bahan.
  • 6 mangkuk beras (1 kg).
  • 6 gelas santan.
Bumbu-bumbu
  • Ketumbar, jinten, merica, kayu anggun, daun salam, laos, serai, dau jeruk purut (seluruh bumbu dihaluskan kecuali daun salam, laos, serai, serta daun jeruk purut)
Cara membuatnya
  • Cuci beras, campurkan semua bahan dengan bumbu. Tanak nasi hingga matang. Nasi kebuli sanggup dihidangkan dengan memahami goreng, telur rebus goreng lalu disambal, daun seledri serta ketimun.
Demikian tentang nasi kebuli serta resep serta cara mengolahnya, semoga bisa menambah khasanah kita mengenai berbagai macam kuliner Nusantara. Semoga berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel