Iklan Responsive

Inilah 7 Seni Tari Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia

Indonesia adalah bangsa yang memiliki poly sekali ragam seni serta budayanya. Hampir disetiap wilayah mempunyai karakteristik spesial masing masing. Saat ini seni serta budaya tadi telah berkembang sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing juga wisatawan domestik.
Salah satu seni yang sebagai andalan pada aneka macam daerah buat mendatangkan wisatawan merupakan seni tari. Banyak wilayah pada Indonesia yang memiliki seni tari tradisional yg tadinya hanya merupakan tarian daerah, namun sekarang seni tari tadi sebagai populer bahkan hingga terkenal diseluruh dunia. Terkenalnya beberapa seni tari tradisional Indonesia pada global tentu nir luput dari promosi yang dilakukan melalui pariwisata.

Berikut ini 7 seni tari Indonesia yg terkenal dan mendunia yg berhasil mengenai ilmU rangkum berdasarkan banyak sekali asal :

#1. Seni Tari Bali
Seni tari Bali
Seni Tari Bali
Sumber Gambar :  id.wikipedia.org

Seperti kita ketahui Bali merupakan salah satu destinasi wisata paling populer bagi wisatawan mancanegara. Selan mempunyai banyak tempat wisata yang indah, Bali juga memiliki poly kesenian tradisional, terutama kesenian tarinya, baik itu tari pendet, tari leak dll.
Kesenian tari Bali sangat pada kagumi oleh banyak wisatawan asing,  terutama wisatawan menurut Alaihi Salam, Thailand, Australia, Jerman, Jepang serta jua Cina. Wisatawan Asing sangat senang menggunakan tarian anak bangsa Indonesia yg semakin tersohor karena karya kesenian tari mereka ini. Banyak wisatawan yg bukan hanya sekedar berkunjung buat melihat kesenian tari tadi, namun malah poly yg belajar tari bali.

Kebanyakan para wisatawan asing sangat suka menggunakan tari bali lantaran mereka suka dengan jalan cerita yang terkadung dalam pertunjukan seni bali itu sendiri, di bali sangat poly di temui sanggar tari baik itu tari misalnya tari leak atau tari legong yang sudah sangat terkenal sekali.

#2. Seni Tari Saman
Seni Tari Saman
Seni Tari Saman
Sumber Gambar :  www.holobis.net
Seni Tari Saman merupakan sebuah tarian yang dari dari provinsi di Pulau Sumatra yaitu menurut provinsi Nanggroe Aceh Darussalam atau yang lebih terkenal serambi mekah. Asal-usul tarian ini dianggap tari saman adalah, karena tarian ini diciptakan dan dikembangkan pertama kali oleh seseorang syekh yg bernama Saman yg berasal berdasarkan Gayo.

Tari saman, acapkali jua dianggap sebut menjadi tarian suku Gayo. Yang sebagai daya tarik dari tarian ini adalah, pertama, tarian ini dilakukan menggunakan nir posisi badan sedang berdiri melainkan para penarinya pada posisi duduk. Daya tarik yang kedua merupakan gerakan yg diperlihatkan dalam tarian ini  yaitu gerakan tangan yang makin usang semakin cepat.  Gerakan badan yg tanpa berdiri, dan mengandalkan ketepatan gerakan dalam ketua. Dimana seluruh gerakan wajib disingkronkan menggunakan musik yang terdapat. Syair dari lagu lagu saman adalah bahasa arab serta bahasa gayo.

Tari saman bisa dibilang adalah tarian yang sakral, sedangkan musik yg mengiringi adalah dari menurut gendang yg ditabuh oleh seseorang yang umumnya para penarinya menyebut pemusik dengan sebutan "saudara tertua". Tarian ini juga termasuk melibatkan poly penari, pada umumnya dalam sebuah tim penari saman terdiri berdasarkan 10-20 orang serta bahkan lebih.

Pada jaman dulu tarian ini hanya dimainkan sang pria, lantaran gerakan dalam tarian ini tergolong kasar, dalam tarian ini sangat sporadis ditemukan gerakan yg membutuhkan gerakan gemulai, seperti jenis-jenis tarian tradisional jawa. Tari saman merupakan tarian yang membutuhkan kekompakan luar biasa dan agama berdasarkan tiap penari juga pemusiknya.

Dari beraneka ragamnya tarian yg terdapat di Indonesia, tari saman termasuk dalam kategori seni tari yg sangat menarik dan unik. Keunikan tari saman ini terletak pada kekompakan gerakannya yg sangat menakjubkan. Para penari saman dapat bergerak serentak mengikuti irama musik yg serasi. Gerakan-gerakan teratur itu seolah digerakkan satu tubuh, terus menari dengan kompak, mengikuti dendang lagu yg dinamis. Tidaklah galat bila tari saman banyak memikat hati para penikmat seni tari serta juga para wisatawan asing.

#3. Seni Tari Reog Ponorogo
Seni Tari Reog Ponorogo
Seni Tari Reog Ponorogo
Sumber Gambar :  www.soloblitz.co.id
Reog adalah galat satu seni budaya Indonesia yg berasal berdasarkan Jawa timur dan lebih tepatnya dari dari Ponorogo. Kota Ponorogo adalah kota yg dianggap sebagai asal Reog yang sebenarnya. Reog merupakan salah satu seni budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dan berbau dengan hal-hal yg mistik dan ilmu kebatinan yg kuat. Reog juga sangat menghibur turis-turis yg datang ke Indonesia serta Reogpun menjadi keliru satu tarian Indonesia yang mendunia.

Beberapa tahun lalu, kesenian ini pernah disebut sang negara tetangga kita Malaysia, sebagai budayanya, hal tersebut sempat terjadi ketegangan antara Indonesia serta Malaysia, terutama warga Ponorogo yang notabene menjadi berasal kesenian reog ini. Tarian ini pula memiliki keunikan tersendiri, terutama dalam barongsai ketua singa. Konon pungkasnya berat dari barongsai yg digunakan para penari ini, beratnya mampu puluhan kilo.
.
#4. Seni Tari Pendet
Seni Tari Pendet
Seni Tari Pendet
Sumber Gambar :  lovebalinese.blogspot.com
Pada awal mulanya Tari Pendet adalah tari yang diperuntukkan buat pemujaan yg poly diperagakan pada Pura yg terdapat di Bali. Tarian ini lebih menekankan atau melambangkan penyambutan atas turunnya tuhan ke alam global. Tarian ini diciptakan oleh I Wayan Rindi. I Wayan Rindi sendiri adalah maestro tari yang sudah dikenal luas menjadi penggubah tari pendet sakral yg sanggup pada pentaskan pada pura setiap upacara keagamaan.

Saat ini Tari pendet pula mampu berfungsi menjadi tari penyambutan. Seiring menggunakan perkembangan zaman, para artis pada Bali mengubah tari Pendet menjadi sebuah tarian ucapan selamat datang, meski permanen nir meninggalkan unsur-unsur yang sakral serta religius. Saat ini Tari Pendet menjadi salah satu tontonan wajib wisatawan yg berkunjung ke Pulau Bali.

#5. Seni Tari Kecak
Seni Tari Kecak
Seni Tari Kecak
Sumber Gambar :  www.balimediainfo.com
Kecak merupakan pertunjukan seni khas Bali yang diciptakan pada tahun1930-an serta dimainkan terutama oleh laki-laki . Tarian ini dipertunjukkan sang banyak (puluhan atau lebih) penari pria yg duduk berbaris melingkar dan dengan irama eksklusif menyerukan “cak” serta mengangkat kedua lengan, mendeskripsikan kisah Ramayana ketika barisanKera membantuRama melawan Rahwana. Tetapi demikian, Kecak berasal menurut ritual Sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada dalam kondisi tidak sadar melakukan komunikasi menggunakan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian mengungkapkan asa-harapannya kepada rakyat.

Para penari yg duduk melingkar tadi mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka. Selain para penari itu, ada jua para penari lain yg memerankan tokoh-tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, serta Sigriwa.
Lagu tari Kecak diambil dari ritual tarian sanghyang. Selain itu, nir dipakai alat musik. Hanya dipakai kincringan yang dikenakan pada kaki penari yg memerankan tokoh-tokoh Ramayana.

Sekitar tahun 1930-an Wayan Limbak bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies menciptakan tari Kecak menurut tradisi Sanghyang serta bagian-bagian kisah Ramayana. Wayan Limbak memopulerkan tari ini ketika berkeliling dunia bersama rombongan penari Bali-nya. Hingga waktu ini tari Kecak menjadi tarian yg di kenal global lawat ciri khasnya yg tidak ada pada negara manapun
.
#6. Seni Tari Klasik Kraton Surakarta
Seni Tari Klasik Solo
Seni Tari Klasik Kraton Surakarta
Disebut sebagai tari klasik Surakarta lantaran bersumber pada tradisi budaya di lingkungan kraton. Semua gerakan baik itu tangan, kaki, badan maupun ketua mempunyai anggaran sendiri-sendiri. Gerakan tertentu bahkan mempunyai filosofi yg sarat pesan, tidak sekedar melambangkan sebuah aktivitas. Belum lagi pakaian yg wajib dikenakan serta musik yang mengiringi. Unsur-unsur itulah yg membuatnya tidak sama menggunakan tari-tarian rakyat yang bersumber pada aktualisasi diri masyakarat tempat dimana tarian itu berkembang. Menikmati tari klasik jawa pada tempatnya dilahirkan, ibarat menjadi bangsawan di masa kerajaan
.
#7. Seni Tari Bedhaya Sang Amurwabhumi Kraton Yogyakarta
Seni Tari Bedhaya
Seni Tari Bedhaya
Sumber Gambar :  gateofjava.wordpress.com
Ken Arok yg memerintahkan Singasari depalan abad lampau bergelar Sri Radjasa Bhantara oleh Amurwabhumi itu bertandang pada kraton Kasultanan Yogyakarta. Saat itu gending mendayu-dayu pada pendapa ndalem Wironegaran pada suatu malam yang manis. Dan oleh Amurwabhumi larut di sana, selama 3 puluh mnt yg mempesona.

Begitulah kraton Yogyakarta membuka diri. Betapa sang Amurwabhumi hanya karya tari bedhaya, akan tetapi kraton Kasultanan Ngayogyakarta yang terawat baik sampai pada jaman kontemporer kini ini, tak menutup diri pada sejarah bangsanya, betapapun pahitnya beliau. Tari Bedhaya Sang Amurwabhumi itu diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X setahun setelah dinobatkan menjadi raja Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Karya seni tari yg dicukil berdasarkan serat Pararaton itu mengkisahkan pergulatan asmara dan kepemimpinan yang dipersembahkan Sultan HB X buat mengenang ayahanda, Sri Sultan HB IX. Pergelaran tari itu menerangkan mobilitas dan penataan koreografis tanpa cacat dalam menggambarkan kisah Ken Arok serta oleh Pradnya Paramitha Ken Dedes pada sebuah masa yg berbunga serta padat politik kerajaan itu.

Menari memang tak hanya sekedar menghafal mobilitas. Menari merupakan dampak aktualisasi diri jiwa, sebagai akibatnya menggunakan begitu semua tubuh jumbuh, menyatu dalam sebuah kesatuan gerak. Gerakan tubuh bukan sekedar interprestasi berdasarkan fisik semata-mata, tapi jua batin. Roso. Perasaan.
Memang terdapat sebuah motif di sana. Pemerintahan Sang Amurwabhumi agaknya mengusahakan harmoni antara kepercayaan Hindu dan Budha. Di kraton Yogyakarta terdapat ketentraman budaya yg selalu diupayakan supaya ia terawat baik, bagi kehidupan pula bagi bangsanya
.
#8. Seni Tari Jaipong
Seni Tari Jaipong
Seni Tari Jaipong
Sumber Gambar :  www.holobis.net

Tari jaipong  atau yang tak jarang dianggap menggunakan "Jaipongan" merupakan sebuah tarian tradisonal yg menampilkan suatu jenis tarian dan musik yang merujuk dari kekayaan seni di indonesia, khususnya Jawa Barat. Tari jaipong ditemukan sang Gugum Gumbira, seorang artis dari kota kembang Bandung sekitar tahun 1960-an.
Jaipongan merupakan tarian yang dipakai sang masayarakat buat berteman, tari ini pula disebut sebagai tari Pergaulan rakyat sunda. Tari ini semakin berkembang dan terus dikembangkan, hingga akhirnya tarian ini dapat diterima oleh warga dan terkenal pada mata masyarakat sejak tahun 1970-an.

Seni pertunjukan tarian ini merupakan sebuah tarian yang sangat terkenal dengan sebutan Perkembangan Ketuk Tilu, karena memang sebenarnya tarian ini merupakan tarian yang pada rajut berdasarkan Ketuk Tilu yang di kembangkan sampai akhirnya diberi nama Tari Jaipong (Jaipongan). Adapun karakteristik khas yg sangat kental dapat dicermati menurut tarian ini yaitu tarian yg sederhana alami dan apa adanya, dilakukan menggunakan spontanitas, dan tarian ini menampilkan keceriaan, erotis, humoris dan tentunya semangat yang luar biasa, hal ini dapat kita lihat secara pribadi dari pertunjukannya.
   
Meski tarian ini tergolong pada golongan tarian yang masih berusia muda tarian ini sudah bisa menjadi tarian resmi berasal Jawa Barat yang telah acapkali di pakai dalam saat upacara-upacara penyambutan tamu berdasarkan negara asing.

#9. Seni Tari Srimpi
Seni Tari Srimpi
Seni Tari Srimpi
Sumber Gambar :  www.plimbi.com

Tari Srimpi merupakan bentuk repertoar (penyajian) tari Jawa klasik menurut tradisi kraton Kesultanan Mataram serta dilanjutkan pelestarian serta pengembangan hingga kini sang empat istana pewarisnya di Jawa Tengah (Surakarta) dan Yogyakarta.
Penyajian tari pentas ini dicirikan dengan empat penari melakukan mobilitas gemulai yg menggambarkan kesopanan, kehalusan budi, serta kelemahlembutan yang ditunjukkan menurut gerakan yg pelan dan manis menggunakan diiringi suara musik gamelan. Tari Srimpi dianggap mempunyai kemiripan posisi sosial menggunakan tari Pakarena dari Makasar, yakni dilihat dari segi kelembutan gerak para penari dan sebagai tarian keraton.

Sejak menurut zaman antik, tari Serimpi telah mempunyai kedudukan yang istimewa pada keraton-keraton Jawa serta tidak dapat disamakan menggunakan tari pentas yang lain karena sifatnya yang sakral. Dulu tari ini hanya boleh dipentaskan sang orang-orang yg dipilih keraton. Serimpi mempunyai taraf kesakralan yg sama dengan pusaka atau benda-benda yang melambang kekuasaan raja yg berasal dari zaman Jawa Hindu, meskipun sifatnya tidak sesakral tari Bedhaya.

Dalam pagelaran, tari serimpi nir selalu memerlukan sesajen seperti pada tari Bedhaya, melainkan hanya di waktu-ketika tertentu saja. Adapun iringan musik buat tari Serimpi merupakan mengutamakan paduan suara campuran, yakni waktu menyanyikan lagu tembang-tembang Jawa.
Demikian menggenai 9 Seni Tari Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia, tentunya masih poly lagi tarian-tarian tradisional berdasarkan daerah lainnya yang jua populer serta sebagai salah satu ikon wilayahnya masing-masing. Indonesia memang kaya akan seni dan budayanya, makasudah sepatutnyalah kita bangga dan pula ikut melestarikannya menggunakan menyayangi budaya kita sendiri, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel