Iklan Responsive

Cerita Saya Mencoba Tampilan Contempo Blogspot

Saya selalu tertantang untuk mencoba sesuatu. Melakukan eksperimen kecil-kecilan kemudian menceritakannya jadi semacam candu. Itu jua yang jadi akar kasus hingga akhirnya Tutorial hadir. Dari awal memang diniatkan buat membuatkan pengalaman sesuatu yang sudah aku lalui.

Jika terdapat yang seringkali berkunjung ke blog ini, pasti menggunakan gampang memahami apa saja yg berubah. Bahkan mampu dikata mengalami perubahan akbar secara tampilan. TUTORIAL dulu memakai custom template (belakangan Blogspot ikut menyebutnya Thema/Tema) Sederhana.

Dari tema Sederhana bawaan Blogspot itu, poly yg terkesima, kalau nir mau disebut jijik, melihatnya. Tampilannya sederhana menggunakan beberapa widget di sidebar kanan. Yang membuatnya tidak sama lantaran terdapat iklan stiky yang melekat pada kanan kiri.

Saya memang sengaja menggunakan tema bawaan Blogspot buat menunjukan, bahwa tampilan sesedehana apapun akan tetap menemukan pengunjungnya. Dan terbukti, meski tidak akbar-akbar amat misalnya blognya Mas Sugeng, SekolahBlogger dan Klimania misalnya. Tapi pengunjung bulanan blog ini mampu dikata, memuaskanlah, setidaknya berdasarkan evaluasi saya.

Saya menyebut beberapa blog di atas, lantaran Alexa memberi bocoran bila mereka adalah situs yang serupa akan tetapi tak sama dengan pengunjung tumpang tindih. Alias, yg berkunjung ke blog Mas Sugeng mampu jadi jua berkunjung ke TUTORIAL.
Kembali ke kasus tampilan. Per hari ini, saya dengan kebulatan tekat yg maksimal . Saya akhirnya merogoh keputusan buat merombak total tampilan. Keputusan ini nir dan merta, relatif usang sampai akhirnya saya berani melakukan itu.

Ada banyak pertimbangan mengapa saya melakukannya. Padahal sejak setahun kemudian, aku tahu jikalau Blogspot punya empat tampilan baru selesainya lupa melakukan update. Mengapa baru sekarang saya membarui serta mengapa tidak memilih melakukan perubahan ke AMP saja.

Pertama: Mulai Bosan
Sejak saya buat awal 2019 silam, terhitung baru kali ini saya melakukan perubahan tampilan. Pun kalau terdapat, paling hanya satu 2 bagian pada tema yg saya utak atik. Waktu selama itu awalnya saya biasa-biasa saja, tapi kemudian timbul kejenuhan.
Setiap kali hendak melakukan update blog, aku selalu teralihkan menggunakan tampilan yg menoton. Tetiba bosan tiba menyerang dan akhirnya saya urung melakukan update. Pun kalau sempat nir akan bertahan usang untuk konsisten kembali.

Memang bukan melulu soal tampilan, faktor malas jua merogoh peran ganda. Tapi tampilan selalu menghambat mood. Akhirnya itu jadi semacam norma buruk.

Kedua: Performa Yang Merosot
Sejak Google tidak henti-hentinya melakukan perubahan, blog ini stagnan begitu-begitu saja. Orang-orang sudah mulai hijrah ke mobile, aku permanen gelak tawa mempertahankan pembaca destop. Alhasil, kejayaan yang dulunya sempat diraih perlahan mulai surut.

Peringkat TUTORIAL pada Alexa pernah mencapai nomor 800 se Indonesia, kini terjungkal ke 5,317. Luar biasa membanggakan. Lantaran kesibukan pada dunia konkret yg jua menyita saat, aku tak punya keleluasaan menghabiskan energi melakukan updateting.

Alhasil, pengecekan kecepatan blog ini sebelum berbenah selalu merah. Kalau bukan versi mobilenya yg merah, desktopnya yang begitu. Untunglah, 2 jam selesainya melakukan perombakan tampilan ke Contempo, semuanya jadi hijau. Memang belum 100 %, akan tetapi sudah ada jempol yang menancap.
Pun begitu dengan pengecekan apakah blog ini mobile-friendly alias ramah di gadget, memberitahuakn output yang menggembirakan.

Saya lalu mengecek Google Analytics, yg dulunya perhitungan real time selalu didominasi destop, kini mulai berimbang. Setidaknya, pembaca dari mobile nir gegabah meninggalkan laman sehabis memahami tampilan mobile blogspot datar tanpa espresi.

Ketiga: Penghasilan Menurun
Mungkin ini alasan yg hampir semua orang alami. Sejak memasuki tahun2019, aku merasa pendapatan di Google Adsense sangat sulit. Pertama, karena memang pengunjung yang tidak seramai dulu. Kedua, pembaca blog tutorial sudah terdidik dengan iklan, ketiga saya nir bisa bersaing menggunakan update Google yang pula terjadi di Adsense.

Tidak sanggup bersaing merupakan terdapat beberapa jenis iklan Adsense yang lebih baik ditempatkan pada versi mobile. Sementara tampilan Tutorial, sekali lagi belum mobile friendly. Sehingga penerapan auto ads yg baru saja Adsense luncurkan serasa berat untuk blog ini.

Pembaca TUTORIAL dulunya lebih lebih banyak didominasi desktop, telah dipastikan penghasilan nir poly. Dari poly laporan, bahkan Adsense pun melaporkan jikalau iklan era kini lebih lebih banyak didominasi di versi mobile, sebagai akibatnya kantong pendapatan aku teralihkan pelan-pelan.
Menyadari kekurangan seluruh itu, saya akhirnya menentukan melakukan perubahan. Padahal, aku sanggup saja permanen mempertahankan tampilan semula dengan hanya menerapkan AMP. Tapi, sekali lagi, saya harus amanah, belum mahir menggunakan itu dan nir punya ketika banyak untuk memeriksa.

Kedepan saya hanya akan fokus dalam postingan, menciptakan artikel dan nir lagi melakukan banyak utak-atik. Blog ini harus mengikuti kemajuan, nir melulu hanya soal tutorial membarui header misalnya. Tapi bagaimana menumbuhkan minat supaya tercipta konten yg original. Meski menyampaikan hal teknis.

Alasan menentukan Contempo pun Tidak serta merta. Meski ketika pertama berkenalan menggunakan tema ini saya langsung jatuh hati. Contempo dari saya lebih sederhana dan sinkron kepribadian blog ini. Saya hanya ingin menampilkan kesejukan menggunakan tidak berlebihan menempatkan iklan.
Blog ini menjadi wadah mengembangkan serta berjejaring, pendapatan hanyalah bonus. Kedepan, mungkin akan terdapat beberapa perubahan yang akan aku lakukan. Belum begitu poly yg aku pelajari menurut tampilan ini. Tapi kemudian saya belajar, bahwa semua harus dengan keputusan yang sempurna.

Awalnya saya takut, jangan-jangan pembaca akan menghilang seiring menggunakan perubahan yg aku lakukan. Identitas TUTORIAL akan memudar karena tidak lagi menampilan sosok yang dulu. Sosok yang telah melekat dalam benak banyak pembaca.
Tapi sekali lagi, orang kesasar ke blog ini lantaran konten, tampilan yang menarik dan lebih cepat adalah insentif yg membuat pembaca lebih betah. Tak masalah saat ada yg menuduh tampilannya sama menggunakan blog yang lain. Di global ini kadang kita memang memakai baju yang sama. Tapi isi hati dan ketua setiap orang pastilah tidak sinkron.

Maka akhirnya aku ucapkan selamat datang pada tampilan baru TUTORIAL. Semoga makin kerasan berada di sini.
Salam kreasi. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel