Iklan Responsive

Cara Mengaktifkan HTTPS Blog Yang Custom Domain

Setelah September 2019 Google mendukung dan menerapkan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) pada seluruh blog dengan subdomain Blogspot, kini hal serupa juga bisa diterapkan dalam blog yg custom domain.

Custom domain merupakan blog yg menitipkan semua datanya pada blogspot. Mulai dari hosting, space hingga bandwidth masih berada pada naungan blogger. Hanya nama domain blognya saja yang berubah. Seperti, TUTORIAL yang memakai URL Tutorial-informasi.net.

Fasilitas custom domain dari blogspot inilah yang jadi nilai tambah bila dibandingkan Wordpress. Banyak orang memilih menempuh langkah ini buat berhemat porto tahunan. Karena satu-satunya ongkos yang dikeluarkan hanya sewa domain. Tidak lagi disibukkan dengan biaya hosting.

Ada plus minus bila menerapkan custom domain. Namun bagi blog yang tujuannya bukan buat bisnis atau urusan besar lainnya, lebih baik menempuh cara tadi. Tapi memang bila hendak lebih profesional usahakan menggunakan blog self hosting.

Kembali lagi dengan HTTPS. Dulunya, blogspot belum mendukung pengalihan ini bagi domain yang custom. Entah semenjak kapan kebijakan tersebut diberlakukan. Tetapi, TUTORIAL sudah bisa mengaktifkannya. Baru beberapa hari belakangan lebih tepatnya.

Saya masih ingat awal-awal protokol blogspot mengalihkan menurut HTTP ke HTTPS. Ada peringatan khusus pada bagian 'Setelan', bahwa menyetel domain khusus akan menonaktifkan ketersediaan HTTPS. Ditambah lagi kabar bila HTTPS tidak akan tersedia buat blog menggunakan domain khusus.

Sejak ketika itu, pupus sudah asa blog ini buat menyetel Secure Sockets Layer (SSL). Karena untuk menerapkan encrypted berarti wajib mengeluarkan sedikit pulus buat membeli sertifikat SSL. Lagipula akan sulit menerapkannya menggunakan custom domain.

Sebenarnya saya nir pernah lagi dengan sengaja memperhatikan setelan ini. Karena ingatan yg tersebut itu. Tetapi mata aku tetiba beberapa hari lalu beradupandang dengan kebijakan membahagiakan tersebut. Akhirnya blog ini meski custom sudah mampu menerapkan protokol HTTPS.

Buat kalian yang juga menerapkan custom domain, nir ada salahnya mengecek bagian Setelan. Pada tab 'Dasar' lihat goresan pena HTTPS. Jika tombol Ketersediaan HTTPS mempunyai pilihan antara Ya dan Tidak. Silahkan menentukan Ya apabila berniat. Setelah itu jangan lupa melakukan hal yg sama menggunakan Pengalihan HTTPS.

Saat memilih Ya pada tab ketersediaan, akan terdapat jedah beberapa waktu buat mereka mempelajari. Entah bagaimana sistem yg digunakan blogspot, tetapi TUTORIAL dinyatakan available. Saya pula nir punya jawaban jikalau nyatanya tidak tersedia. Kemungkinan besarnya ditolak.
Setelah melakukan pengalihan, perlahan-lahan proses propagas terjadi. Silahkan cek URL blog kalian. Yang awalnya hanya tertulis www..com akan menjadi //www..com. Jika membuka blog ini di browser dekstop, akan ada tulisan 'Secure' yg didahului menggunakan logo gembok berwarna hijau.

Ketika proses propagasi terjadi, iklan Adsense yang terpasang memang akan menghilang sejenak. Jadi tidak perlu khawatir. Tidak akan berselang usang, mereka balik lagi. Mula-mula, meski masih ada goresan pena HTTPS di URL, akan ada pertanda seru di depannya. Itu ialah masih berproses.

Tidak perlu melakukan tindakan lain sesudah membarui protokol URL. Bagi pengunjung yg tiba, pelan-pelan akan dialihkan ke HTTPS. Secara trafik juga nir akan berpengaruh. Bahkan kini , kepercayaan situs kita baik, karena lebih aman buat melakukan poly hal.

Saya sangat ingin mendengar pengalaman teman-sahabat soal ini. Siapa tahu terdapat yang lebih dahulu melakukannya atau terdapat yang sempat ditolak. Cerita kalian akan sangat penting buat update warta soal ini. Namun bagi saya, ini sungguh luar biasa.
Salam kreatif!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel