Iklan Responsive

Apa Itu Logo dan Bagaimana Cara Membuatnya

Sepintas nampak sederhana. Tapi banyak yang nir memahami jikalau membuat logo itu tidak mudah. Bagaimana ia mendeskripsikan produk atau jasa, hingga seberapa bertenaga logo tersebut bertahan serta hidup di benak setiap orang. Website atau blog pun seharusnya mempunyai logo.
Tapi apa itu logo dan bedanya menggunakan brand misalnya apa?

Penjelasan sederhananya, logo itu berupa gambar atau suatu sketsa yang mengandung arti tertentu. Ia bisa mewakili poly hal, bisa pengertian berdasarkan satu perusahaan, organisasi, produk hingga lambang negara.
Tujuannya supaya produk atau jasa atau lembaga bersangkutan bisa diingat dengan gampang menjadi ganti menurut nama yang sebenarnya.

Sedangkan brand, ia pula adalah identitas tapi tidak sekedar menggambarkan simbol (logo). Brand umumnya menambahkan jargon atau kombinasi rona yang selaras. Contohnya misalnya Nike yang selalu berisi jargon "just do it" sembari memberikan logo centang yang spesial miliknya.
Untuk postingan kali ini, kita hanya akan penekanan pada logo. Tapi apabila lalu kamu mau sekalian menambahkan brand, itu pilihan.

Namun sebelum mumutuskan memdesain logo, kamu wajib memahami dulu jenis-jenisnya. Beberapa ahli advertising yg pakar dibidangnya mengelompokkan logo pada banyak jenis.

1. Lettermark atau Logo Monogram
Beberapa ahli juga menyebutnya Letter Form Logo. Yakni logo yang didasari menurut inisial perusahaan. Bisa satu atau dua alfabet hingga beberapa alfabet dari perusahaan atau institusi yg bersangkutan. Biasanya logo ini dipakai untuk menegaskan kesederhanaan.
Contohnya logo, IBM, HP atau NASA.

2. Word Mark Logo
Logo jenis ini umumnya menggunakan nama perusahaan saja. Nama itu akan dibumbui dengan ornamen atau simbol yg mendukung. Tapi setiap logonya ada filosofi yang menyertai. Bisa berupa warna atau menyelipkan jargon khusus yang tersirat.
Contohnya logo Google, Facebook, Cocacola atau Fedex.

3. Pictorial Mark Logo
Jenis logo ini lebih sederhana karena hanya menampilkan simbol. Meski sederhana, logo macam ini akan lebih usang diingat serta terus hayati pada benak orang apabila terus dipromosikan. Karena jenis Pictorial Mark ini mewakili bukti diri masing-masing perusahaan.
Contohnya logo Apple, Nike atau Twitter.

4. Abstrak Logo
Ada kemiripan dengan Pictorial Mark Logo. Tapi terdapat penambahan filosofi yg mewakili perusahaan berdasarkan simbol yang ditampilkan. Banyak perusahaan memakai jenis ini pada satu desain saja karena mewakili holistik hanya dalam satu gambar. Blogooblok juga memakai jenis logo ini.
Contohnya logo Adidas, Pertamina, Indosat atau Tutorial :)

5. Maskot Logo
Maskot tentu saja jadi elemen utama dalam pembuatan logo jenis ini. Meski sulit diterapkan dibanyak medium, akan tetapi jenis ini disukai karena bentuknya yg unik. Dan orang akan menggunakan mudah mengenali serta mendapat pesan yang ingin disampaikan perusahaan bersangkutan.
Contohnya logo KFC, Michelin atau Starbucks

6. Shield Logo
Jenis ini seperti lencana atau segel. Dibentuk dari lambang atau huruf yang berada dalam satu simbol. Secara tampilan memang lebih menarik. Tapi kurang aplikatif jika diaplikasikan pada aneka macam medium. Beberapa menyebut jenis ini menggunakan sebutan Emblem Logo atau Logo Lambang.

Contohnya logo BMW, Harley Davidson atau Chelsea Football.
Nah, sesudah tahu jenis-jenis logonya. Silahkan merencanakan logo macam apa yang ingin engkau buat. Untuk produk atau perusahaan yang kamu idamkan. Ataupun website atau blog.
Jika mahir menggunakan aplikasi seperti Corel Draw kamu bisa membuatnya eksklusif. Tapi apabila nir memiliki dan mahir memakainya. Ada banyak aplikasi online pembuatan logo yang sanggup dipakai. Salah satunya The Hoth.

Buat engkau yg mau mendesain logo, saya telah membuatkan video tutorialnya. Memang belum sempurna, akan tetapi semoga bisa membantu mu melahirkan logo yang menarik. Dan tentu saja gratis. Lantaran memesan logo itu nir murah loh. :)



Salam Kreatif!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel