Iklan Responsive

Cara Membuat Blog dengan Domain BerSSL di Domainesia

Memiliki blog atau wesbite menggunakan Top Level Domain (TLD) tentu saja membanggakan. Akan tambah bangga lagi bila domain yg digunakan mempunyai sertifikat SSL (Secure Socket Layer).

Dibanyak web hosting, paket yg dijual nir eksklusif menyertakan SSL. Kita diminta membeli pulang addons ini secara terpisah menggunakan harga yang variatif. Padahal ketika ini telah ada SSL berlisensi gratis menurut Let's Encrypt dan itu mampu didapatkan bila membeli paket di Domainesia.com.
Tutorial kali ini, TUTORIAL akan menciptakan blog dengan TLD pada Domainesia yang sekaligus bisa menerima SSL. Blog yg akan kita buat ini berbasis CMS (Content Management System) Wordpress.

Berikut langkah-langkahnya:
1. Pertama-tama buka Domainesia.com
2. Pada page home halaman silahkan memasukkan nama domain yang diinginkan pada kolom cari. Nama yg diketikan akan otomatis mencari perluasan yang tersedia.
3. Apabila nama domain yg Anda kehendaki tersedia, warnanya akan berwarna hijau dan timbul goresan pena buat pemesanan. Silahkan klik goresan pena Pesan Paket Hemat bila ingin membeli domain dan hosting. Tetapi jika hanya ingin membeli domain, klik Daftarkan Domain. Karena tutorial ini buat menerima SSL sekaligus, maka kita pula harus membeli paket hosting. Setelah mengklik Pesan Paket Hemat, akan ada gambar misalnya berikut.

keterangan:
  • Hosting: Pada bagian ini Anda diberi pilihan buat menentukan paket yg mana. Secara default yang timbul adalah paket hosting Super 2 GB dengan harga Rp316.800, namun Anda sanggup memilihnya ke paket yg lebih rendah. Apabila kebutuhan Anda sedikit akbar, maka paket ini lebih cocok. Anda jua sanggup menentukan lokasi server dibawahnya. Serta ingat mencentang Addons Let's Encrypt Free SSL. 
  • Domain: Bagian ini Anda akan diberikan informasi mengenai domain yang sudah Anda pesan, dibawahnya Anda sanggup menentukan Addons DNS Managemen dan Email Forwarding yang tersedia secara perdeo. 
  • Aplikasi Web: Domainesia menyediakan layanan instalasi otomatis buat CMS yang ingin dipakai. Jika Anda ingin menggunakan layanan ini silahkan centang instalasi otomatis serta masukan username CMS Anda, contohnya Wordpress. Tetapi bila tidak ingin, tak usah dicentang. Kita akan instal sendiri di cPanel nantinya.
  • Jika telah melakukan review keseluruhan dan harganya sudah dianggap cocok, silahkan klik Masukkan Troli. 

4. Selanjutnya akan muncul tampilan troli yang menginformasikan paket yang dipesan serta dibawahnya terdapat form login. Apabila Anda pernah terdaftar di Domainesia tinggal memasukkan email dan password, namun bila belum silahkan klik Daftar.

5. Selanjutnya isi semua data yg dibutuhkan kemudian klik Lanjut.

6. Kembali isi seluruh data yg dibutuhkan lalu klik Sign Up.

7. Apabila registrasi Anda berhasil, maka akan timbul tampilan misalnya berikut. Informasi buat melakukan pembayaran telah dikirim ke email Anda, begitu jua menggunakan nomor telpon yang Anda masukkan akan dikirimi liputan pembayaran. Silahkan klik Selesaikan & Bayar buat melihat invoicenya.

8. Berikut tampilan invoicenya. Anda mampu menentukan melakukan pembayaran melalui Kartu Kredit, Transfer Bank atau Paypal. Silahkan dipilih metode yg Anda pakai dan lakukan pembayaran.

9. Jika pembayaran Anda diterima, pihak Domainesia akan mengirimi Anda email berisi pemberitahuan pembayaran Anda. Mereka jua akan mengirimkan Informasi Account Hosting pada email yang Anda gunakan mendaftar. Silahkan cari informasi tentang cPanel.

10. Buka alamat cPanel yg diberikan kemudian tambahkan username serta pasword yang tertera di email tersebut. Lalu klik Log in

11. Di pada cPanel, skrol kursor ke bagian bawah sampai ketemu tab Instant Deploy Apps. Silahkan klik bagian tersebut.

12. Akan muncul beberapa CMS yg tersedia. Tetapi karena kita akan menggunakan Wordpress, maka kita pilih Wordpress.

13. Selanjutnya pilih Install Now.

14. Salah satu yang harus diperhatikan pada bagian ini, merupakan goresan pena WP pada in directory. Hapus bagian tadi, karena kita tidak akan menginstal di direktory, malainkan di domain primer. Selebihnya tambahkan site name dan site description dan username serta password. Setelah itu klik Instal.

15. Akan muncul proses instalasi, tunggu sampai terselesaikan.

16. Apabila selesai gambarnya misalnya berikut. Anda akan diberikan alamat URL yang berhasil diinstal Wordpress serta URL buat login administrator. Format umumnya dalam Wordpress adalah namadomain.com/wp-admin.

Selanjutnya lihat blog Anda, hasilnya sudah kelihatan. Kita sisa melakukan modifikasi dan menambahkan berbagai postingan.
Karena tutorial ini kita buat agar mampu sekaligus mendapatkan SSL. Maka sehabis terselesaikan melakukan penginstalan dan sebelum jauh melakukan editing dan menambahkan data dan postingan. Kita kembali ke halaman cPanel. Caranya dengan mengklik gambar gir sebelah paling kiri dibagian atas page penginstalan.
17. Untuk menginstal SSL, lihat dibagian Domainesia. Ada tulisan Free SSL-Let's Encrypt. Klik.

18. Setelah diklik kita akan diarahkan ke page Let’s Encrypt SSL Manager- DomaiNesia. Selanjutnya Klik pada Install New Let’s Encrypt SSL.

19. Akan timbul pemberitahuan. Jika domain yg terdapat dalam satu hosting lebih menurut satu silahkan dipilih. Tetapi jika hanya satu pilih yg tertera pada form tersebut. Lalu klik Submit.

20. Jika prosesnya berhasil, maka akan ada goresan pena The certificate was successfully installed on the domain rahardi.com.

21. Selanjutnya, ketikkan //namadomain.com Anda pada browser, maka secara otomatis URL-nya akan berubah menurut http menjadi https.

Selamat, dalam termin ini adalah Anda telah berhasil menciptakan blog dengan sertifikat SSL. Sekali lagi, blog yg bersertifikat SSL punya banyak kelebihan utamanya soal kepercayaan pengunjung. Apalagi jika blog atau website yang sedang kita asuh melayani transaksi jual beli.

Oh iya, blog yang berhasil kita untuk diatas adalah blog eksklusif aku nantinya. Disana akan berisi poly goresan pena-tulisan penting serta tidak krusial yang menarik untuk diikuti.

Untuk berbagi blog tadi seluruh akan saya tulisan tahapannya satu persatu pada TUTORIAL , yang pada akhirnya akan menjadi satu tutorial utuh bagaimana membuat blog Wordpress dengan domain TLD dan bersertifikat SSL sampai sebagai blog profesional.
Semoga Bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel