Iklan Responsive

Apa Itu Hosting dan Domain

Seorang blogger harus mulai bisa membiasakan diri menggunakan istilah-kata dasar pada global internet. Selain mesti punya kemampuan dasar pada hal development, blogger jua tidak boleh ketinggalan pada hal teknis.
Inilah yg kadang membedakan satu blogger menggunakan blogger lainnya. Yakni sejauh mana dia sanggup menguasai hal teknis, meski itu adalah bagian paling dasar. Seperti berkenalan dengan kata hosting serta domain, namun ini sangat krusial.

Masih banyak yang belum paham mengenai kedua hal tadi. Istilah yang mungkin sebagian orang sudah sedikit mengerti merupakan domain. Ketika menyebut .com orang-orang pribadi akan berakat itu domain. Tetapi, apa sebenarnya pengertian domain tersebut?

Pengertian Domain
Dari arti sesungguhnya, domain adalah nama situs unik yg terdapat pada global internet. Unik disini berarti nama situs tersebut hanya terdapat satu pemiliknya pada internet. Contohnya Tentang-soal.blogspot.com ini yg hanya dimiliki oleh aku .

Tidak mungkin ada situs lain yg namanya tutorial.blogspot.com. Kemungkinan terburuknya hanya akan merubah nama ekstention saja misalnya tutorial.id atau tutorial.co.id. Itupun dengan konsekwensi lantaran sudah terdapat nama yang populer sebelumnya.

Jika diibaratkan manusia, nama domain itu adalah nama yang tertera pada akta kelahiran. Bedanya, nama yang digunakan seorang manusia masih bisa dipakai sang orang lain, tapi domain tidak sanggup dipakai lagi sang orang yg tidak sama.
Itu merupakan domain merupakan identitas kita di internet

Sedikit mengenai teori domain. Sebenarnya, domain itu sendiri adalah alat pengingat untuk mempermudah insan dalam mengakses personal komputer di internet. Dalam dunia jaringan personal komputer , dikenal dengan kata IP Address (Internet Protocol address).

Kode yg digunakan personal komputer buat mengakses suatu situs berupa angka-angka, sebagai contoh 203.30.236.154. Angka itu diklaim IP untuk membuka satu situs. Bayangkan apabila anda bekerja dalam beberapa situs yang tidak sinkron. Tentu akan susah mengingat angka-nomor tersebut dijaman serba canggih ini.

Maka berdasarkan itulah dibuatlah fasilitas domain. Bila diumpamakan lagi, domain itu bagaikan buku telepon pada sebuah handphone. Orang-orang tentu lebih mengingat nama dibandingkan nomor telepon bila hendak ingin menghubungi seseorang.

Pengertian Hosting
Alamat (domain) itu hanyalah petunjuk buat datang kesuatu tempat. Kalau cuma ada tempatnya tanpa terdapat rumahnya, sama saja mencari alamat palsu. Maka dari itu, lahirlah hosting. Atau jika diibaratkan rumahnya suatu domain.

Hosting merupakan suatu space atau loka di internet yg kegunaanya buat menyimpan data-data berdasarkan suatu situs. Mau itu situs perusahaan, situs eksklusif, situs blog, dan lain sebagainya.
Setiap situs yg mau di onlinekan agar mampu diakses sang orang poly harus disimpan pada suatu host. Ibarat rumah, hosting inilah yg nantinya akan ditempati menyimpan barang-barang berharga kita.
Ada banyak jenis hosting di internet. Mulai hosting yg berasal berdasarkan satu server yg dibagi-bagi, cloud hosting, VPS hingga memiliki server sendiri, atau tempat tinggal sendiri.

Soal disparitas jenis-jenis layanan ini dan penerangan lebih lengkap mengenai web hosting, silahkan membacanya pada artikel Apa Itu Web Hosting?. Ada banyak hal yang perlu dan krusial diperhatikan sebelum menggunakan jasa web hosting. Artikel itu juga menyebutkan mengenai bagaimana cara memakai web hosting. 

Satu yang seringkali sebagai pertanyaan orang-orang, mengapa harus membeli hosting jika beberapa situs menyediakan hosting gratis. Seperti Google yg menyediakan hosting gratis melalui blogspotnya (misalnya yg digunakan Blogooblok) ketika ini.

Memang tidak ada salahnya menggunakan hosting perdeo dari penyedia pihak ketiga, hanya saja yang namanya ngontrak selalu nir seleluasa dibanding apabila punya rumah sendiri.

Hosting gratisan tidak menyediakan layanan lengkap misalnya fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql dan lain sebagainya. Bahkan dibeberapa hostingan gratis akan timbul slot iklan pada pada situs yg kendalinya tidak ditangan kita. Untungnya pada blogspot nir demikian.

Ada banyak loka buat membeli hosting. Tetapi tutorial merekomendasikan Niagahoster. Penyedia yg satu ini sudah berpengalaman serta layanannya super keren. Sejumlah blog yg tutorial kelola menggunakan jasa hosting mereka serta sejauh ini aman-aman saja.

Akhir kata, domain serta hosting adalah satu kesatuan yg nir bisa dipisahkan. Domain yang baik dengan hosting yg kencang akan menambah nikmat khasanah berinternetan. Salam blogger serta ingat senang .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel