Iklan Responsive

Dampak Positif dan Negatif Blogspot Jadi .CO.ID

Kamis (3/9/2015) blogger Indonesia heboh dengan berubahnya domain blogspot menurut .com sebagai .co.id. Tutorial pun awalnya kelimpungan, kok sanggup terjadi secepat itu. Walau sebenarnya hal ini tidaklah mengagetkan, karena planning ini sudah dihembuskan blogspot semenjak 2019 kemudian, dan beberapa negara sudah menerapkan hal ini.

Ada poly pertanyaan dari benak blogger di Indonesia, soal keputusan blogspot merubah domainnya menjadi lebih lokal. Tutorial sebenarnya sudah menyadari akan perubahan ini sejak adanya pemberitahuan menurut kebijakan negara Eropa yg timbul di dasbor blogspot beberapa waktu lalu.
Sejak ada pemberitahuan itu, setiap aku menganalisa trafik yang datang dari tutorial ada saja hal yg unik.

Tutorial kadang berubah sebagai .co.uc, .jp, .com.sg dan lain-lain. Begitu juga dengan iklan pada Adsense, ada cara orang yang mengklik iklan berdasarkan blog yang domainnya lain misalnya gambar berikut.

Walau blogspot merubah domainnya sebagai .co.id, sebenarnya imbas buruknya tidaklah parah. Hal ini hampir sama dengan membarui domain sebagai TLD dengan sedikit pengecualian. BloGoooblok~ berupaya merangkum beberapa efek positif dan negatif berdasarkan perubahan domain ini.

Dampak Negatif Blogspot Berubah Jadi .co.id
Dalam setiap perubahan, niscaya mengakibatkan impak. Salah satu yg selalu menjadi perhatian adalah dampak negatif dari perubahan tadi. Berikut beberapa hal yang mungkin saja terjadi pada blog Anda waktu blogspot merubah domain jadi .co.id. Dampak negatif ini telah diuji coba sang tutorial sehingga mampu dipertanggung jawabkan.
  • Yang paling menonjol tentu saja adalah Pagerank. Hal ini jua yang menimpa tutorial. Sebelumnya pagerank tutorial relatif tinggi yakni diangka dua.700-an buat rank Indonesia serta 168,631 secara global. Tetapi seluruh itu lenyap seketika. 
  • Iklan Google Adsense lenyap. Iklan Adsense akan lenyap jika status iklanya masih hosted, namun bagi blogger menggunakan status non hosted iklanya tidak akan menghilang. 
  • Posisi DA serta PA berubah drastis. Hal ini tentu bisa dipastikan, karena DA dan PA bergantung berdasarkan usia domain. Sebelum berubah menjadi .co.id bloGoooblok mengantongi DA diangka 93 ad interim PA-nya 32 (belum tinggi-tinggi amat sih), tapi sehabis berubah angkatnya berubah drastis. DA-nya 23 dan PA 1. 


Dampak Positif Blogspot Berubah Jadi .co.id
Beberapa hal yang ditakutkan beberapa blogger soal perubahan ini, setelah tutorial uji coba tidaklah berpengaruh layaknya merubah domain gratisan sebagai TLD. Seperti:
  • Adsense nir lenyap secara tetap. Akun Adsense kita permanen aktif dan membuat. Walau belum terdapat penerangan apakah iklan pada .co.id harus didaftarkan balik atau nir, tetapi iklan ini masih bisa kita lihat apabila membukanya dengan domain .com. Hingga waktu ini iklan bloGoooblok~ di .co.id masih juga belum timbul (mungkin beberapa hari kedepan baru muncul, semoga).
  • Tidak terjadi deadlink, baik eksternal maupun internal. Semua link yg terpasang saat dibuka akan pada alihkan ke .co.id. 
  • Tidak terjadi duplikat konten lantaran yang berubah hanya ekstensionnya. Misal yg membuka blog Anda menurut Jepang maka domainnya akan berubah menjadi blogspot.jp dengan domain primer tetap .com. Hal ini pula diperjelas sang Google yg berkata akan berupaya mengurangi pengaruh duplikat konten.
  • Tidak menghipnotis SEO. Beberapa postingan bloGoooblok~ yg sebagai nomor satu dimesin pencari permanen berada diposisi teratas. Percobaan ini tidak hanya dilakukan sekali, sehingga kesimpulannya nir berdampak jelek. Hal ini dipekuat pula sang data Google Analytics. Setelah berubah sebagai .co.id, trafik pengunjung bloGoooblok~ menurut mesin pencari tetap tinggi, bahkan masih menjadi asal trafik terbesar utamanya menurut Google. Namun berpengaruh bagi mesin pencari lainnya. 
  • Salah satu pengaruh positif perubahan domain ini tentu saja lebih tersegmentasi. Dengan menjadi .co.id maka sasaran primer blog kita akan lebih terarah yakni menyasar pasar Indonesia. Bayangkan, jumlah penduduk Indonesia mencapai 240 juta jiwa, apabila mencari pasti akan disuguhi oleh domain .co.id. 

Mungkin saja terdapat dampak positif dan negatif berdasarkan perubahan domain ini, namun sejauh yang tutorial alami baru hal-hal diatas.
Belum ada jawaban pasti alasan Google melakukan perubahan ini, namun alasan paling wajar yg mampu dijadikan patokan merupakan perubahan algoritma Google yang terjadi ketika ini. Google sedang mengembangkan canonical untuk hasil pencarian yg jauh lebih baik. Semoga saja proses ini benar menaruh hasil yang terbaik untuk blogger Indonesia.

Bagi Anda yg merasa rindu dengan domain .com, tak perlu berpatah hati karena Anda masih bisa melihatnya dengan menambahkan /ncr di belakang domain Anda. NCR adalah singkatan berdasarkan “No Country Redirect. Contohnya tutorial.blogspot.com/ncr. Dengan begitu secara otomatis browser Anda akan mengalihkan blog ke .com lagi.
Sekian yang bisa aku sampaikan, semoga berguna. Tetapi jika terdapat tambahan, kami menggunakan bahagia hati mendapat, silahkan memberi tanggapan di kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel