Iklan Responsive

Cara Memasang Google Map di Postingan Blog

Ada banyak alasan seseorang buat memasang maps pada postingan blognya. Kadang petunjuk arah ini diharapkan buat memperlihatkan lokasi eksklusif yang sedang dibahas. Atau terdapat pula beberapa orang yg ingin menuntun orang lain menuju satu lokasi spesifik.
Dari dalam hanya mengcapture maps yang dimaksud, terdapat baiknya maps tadi pada embed kedalam postingan agar bisa lebih leluasa diutak atik sang pembaca. Dengan meng-embed maps tadi jua, blog atau postingan kita akan terlihat lebih profesional.

Karena penyedia maps paling populer serta terlengkap saat ini merupakan Google, maka yg akan kita embed kedalam postingan adalah maps berdasarkan Google Maps. Sebelum memindahkan maps kedalam postingan terdapat beberapa langkah dulu yg wajib dilakukan.

Mencari Lokasi  serta Mengambil Embed
Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja mencari lokasi yang ingin pada embed. Kunjungi //maps.google.com atau klik disini.
Silahkan memasukkan lokasi yang ingin Anda embed di kotak pencarian sebelah kiri atas. Lokasi Anda akan ditandai dengan  icon berwarna merah bila telah ketemu. Jika lokasi yang Anda maksud belum terdaftar di Google Maps, buatlah ulasan dan tandai lokasi Anda sendiri.

Setelah konfiden menggunakan lokasinya, selanjutnya klik garis-garis yg terdapat disebelah kiri nama lokasi Anda. Maka akan muncul ventilasi baru disebelah kiri. Pada menu yang muncul, klik Share or embed map.

Akan timbul jendela popup yang menyajikan berita share link dan embed map. Karena yang akan dilakukan adalah memasukkan maps kedalam postingan blog, maka yg dipilih adalah embed map. Copy script tersebut selesainya selesai mengatur ukuran yang diinginkan. Pilihannya ada empat, small, medium, large atau custome size.

Memasangnya di Postingan Blog
Setelah menerima lokasi yang diinginkan, selanjutnya adalah memasang kode embed yang tadi dicopy. Oh iya, langkah yg dilakukan ini berlaku buat seluruh blog, baik itu blogspot juga wordpress bahkan CMS lain. Kode tersebut silahkan ditaruh di bagian blog yg Anda inginkan.

Dalam tuturial ini, embed tersebut akan ditaruh dalam postingan ini. Lokasinya adalah Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Saat memberikan kode embed, jangan lupa merubah modenya sebagai HTML. Hasilnya akan misalnya dibawah ini;

Bagaimana, mudah bukan!
Buat sahabat-teman yang belum ngeh menggunakan penerangan diatas, sebaiknya menonton video tutorial lengkapnya dibawah ini:

Semoga bermanfaat yah teman-sahabat. Apabila masih ada hal yang mau ditanyakan seputar cara diatas atau seputar Google Maps, jangan sungkan buat berkomentar pada kolom komentar dibawah ini. Kami akan dengan senang hati membantu bila kami sanggup.
Salam blogging serta Jangan Lupa Bahagia!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel