Iklan Responsive

SEBUTKAN PERBEDAAN PEMBULUH ARTERI DAN VENA

Tutorial materi biologi kali ini akan mengungkapkan mengenai pembuluh darah, dimana utama pertarungan yang akan kita angkat merupakan mengenaio disparitas pembuluh arteri serta vena.
Siapa yang tidak tahu darah, pada keseharian tentunya seluruh diantara kita pernah melihat darah. Baik darah dari luka tubuh kita ataupun melihat darah orang lain yang sedang terluka tubuhnya.

Dalam tubuh insan memiliki sistem sirkulasi darah yg kompleks, dimana peranan darah ini sangat krusial bagi tubuh insan. Salah satu fungsi darah adalah untuk mengangkut oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel pada semua tubuh. Darah pula menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat residu metabolisme, serta mengandung aneka macam bahan penyusun sistem imun yg bertujuan mempertahankan tubuh dari aneka macam penyakit.

Tiga Jenis Pembuluh Darah

Dalam melakukan pergerakannya darah memerlukan suatu medium buat bergerak. Medium pergerakannya dianggap pembuluh yang menyerupai semacam pipa.
Secara umut masih ada 3  jenis pembuluh darah, yaitu :
  • pembuluh darah arteri yang berperanan pada membawa darah menurut jantung, 
  • pembuluh darah kapiler yg berfungsi menjadi loka pertukaran sebenarnya air dan bahan kimia antara darah dan jaringan
  • pembuluh darah vena, yang membawa darah menurut kapiler kembali ke jantung


Lalu pernahkah anda perhatikan saat orang diinfus ?

Ketika seorang sakit serta perlu dirawat pada tempat tinggal sakit, tentunya diinfus merupakan suatu keharusan. Ketika seorang perawat akan memasang infus, tentunya  wajib ditemukan jalur pembuluh darah agar jarum infusnya bisa dipasang.
Pembuluh darah yang dicari waktu infus pada pasang atau waktu kita hendak mendonorkan darah merupakan "pembuluh vena".

Terkadang dalam beberapa masalah kita sering disuruh poly minum supaya gampang ditemukan pembuluh vena buat memudahkan pada pemasangan infus.
Ada orang-orang yang pembuluh venanya sulit ditemukan, dimana dalam kata medisnya dikenal menggunakan sebutan DIVA (Difficult Intravena Access).

Alat bantu yg digunakan dalam pencarian pembuluh vena ini disebut dengan Vein Finder. Alat ini memakai lampu LED spesifik yang aman dipakai, dan sanggup menerawang pembuluh darah yang ada pada tangan.
Macam-macam vena :
  • Vena kava adalah pembuluh darah yg terhubung menggunakan serambi kanan jantung. Vena kava membawa darah miskin oksigen dan kaya karbon dioksida menurut jaringan tubuh.
  • Venula merupakan pembuluh darah yang berhubungan dengan kapiler.
  • Vena pulmonalis adalah pembuluh darah yg terhubung menggunakan serambi kiri jantung, tugasnya membawa darah kaya oksigen menurut paru-paru.

Lalu pernahkan anda mendengar istilah urat nadi ?

Seperti yg ditunjukkan oleh gambar di bawah ini, terkadang terdapat orang yang mencoba mengukur kecepatan denyut jantung menggunakan meraba urat nadi tersebut.
Namun demikian, cara yang lebih akurat dalam mendengarkan denyut jantung adalah dengan memakai stetoskop, sebuah proses yang dikenal menjadi ausculatation.

Pembuluh nadi yg acapkali kita sebutkan tadi merupakan pembuluh arteri. Arteri ini merupakan pembuluh darah yg mengalirkan darah dari jantung ke semua tubuh dan darah yang dibawa oleh arteri kaya akan dengan oksigen, kecuali arteri pulmonalis.

Bila pergerlangan tangan terpotong dapat menyebabkan kematian lantaran dalam pergelangan tangan terdapatnya arteri (penyalur darah dari jantung) dimana pembuluh ini tidak bersekat dan bila pembuluh ini tergores maka darahnya keluar eksklusif muncrat (maksudnya munculnya pribadi banyak dan susah dilarang).
Macam-macam arteri :
  • Aorta adalah pembuluh darah yg terhubung menggunakan bilik kiri jantung, aorta membawa darah kaya oksigen ke jaringan tubuh.
  • Arteriol adalah Pembuluh darah yg herbi kapiler.
  • Arteri pulmonalis merupakan pembuluh darah yang terhubung dengan bilik kanan jantung, membawa darah miskin oksigen (O2) menuju paru-paru.

Lalu apa disparitas pembuluh vena menggunakan arteri ?

Seperti yang kita ketahui pembuluh darah insan terdiri berdasarkan tiga jenis yaitu : pembuluh arteri, kapiler dan vena. Ketiga jenis pembuluh darah tersebut mempunyai peranan atau kegunaan masing-masing. Pembuluh arteri membawa darah dari jantung, pembuluh kapiler memungkinkan terjadinya pertukaran air serta bahan kimia antara darah dan jaringan, sedangkan pembuluh darah vena membawa darah menurut jaringan pulang ke jantung.

Karena pembahasan kita dalam tutorial kali ini lebih difokuskan tentang perbedaan pembuluh arteri dengan vena, maka mari kita lihat perbedaan lebih mendalam antara ke 2 pembuluh tadi (arteri menggunakan vena)

PerbedaanArteriVenaTempatTersembunyi di pada jaringanDekat bagian atas tubuh, berwarna relatif kebiru-biruan Fungsinya Mengangkut oksigen Mengankut karbondioksida.

Dinding pembuluh Memiliki dinding pembuluh yg tebal serta juga elastisMemiliki dinding pembuluh yg tipis serta mudah mengalami peregangan.kandungan karbondioksida Miskin karbondioksida,kecuali dalam arteri pulmonalis yang Kaya karbondioksida, kecuali pada vena pulmonalis yang miskin karbondioksida. Kandungan Kaya oksigen kecuali dalam arteri pulmonalis yang miskin oksigen Miskin oksigen kecuali pada vena pulmonalis yg kaya oksigen Arah Aliran Darah Keluar Jantung Menuju Jantung.

DenyutBila berdenyut maka akan terasaBila berdenyut kita nir merasakan (nir terasa)KatupTidak memiliki katupMemiliki katup yg terdapat pada sepanjang pembuluhnya Aliran Darah Deras Lambat Jika Terluka Memancar Menetes Diameter PembuluhLebih kecil berdasarkan venaLebih akbar menurut arteri WarnaMerah terang Merah gelap Kecepatan Pembekuan Pembuluh darah arteri lebih lambat membeku.

Pembuluh darah vena lebih cepat membeku dibandingkan arteri TekananLebih akbar dari venaLebih mini berdasarkan arteri PenamaanSesuai dengan organ yg akan dilaluinya, contoh : arteri pulmonalis – adalah arteri tadi akan melalui paru – paruSesuai menggunakan organ yg ditinggalkannya, model vena pulmonalis – merupakan vena tersebut baru meninggalkan paru – paruSaluran  (lumen) Sempit karena berdinding tebalLuas lantaran berdinding tipis

Referensi
1.//mediskus.com/penyakit/fungsi-pembuluh-darah-arteri-serta-vena
2.//xamthonemedicine.com/disparitas-pembuluh-darah-arteri-dan-vena.html
3.//www.kuliah.gosip/2016/02/pengertian-macam-perbedaan-arteri-serta-vena.html
4.//id.wikipedia.org/wiki/Pembuluh_darah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel