Iklan Responsive

PENGERTIAN SISTEM SATUAN INTERNASIONAL DAN CONTOH BESARAN POKOK BESARAN TURUNAN

Tutorial materi Fisika kali ini akan membahas hal yg paling fundamental yaitu sistem satuan internasional yg nantinya akan kita tak jarang temukan dalam penggunaan satuan terhadapat buat suatu besaran, baik itu besaran pokok juga besaran turunan pada sistem SI (Satuan Internasional).

Dalam menelaah ilmu fisika, barang tentu kita akan menemukan beberapa persamaan matematis yang yang menampakan hubungan antara besaran ekamatra satu serta lainnya. Dalam penggunaannya ada negara eksklusif memakai satuan yang berbeda. Misalnya ada kerjasama ilmuwan antar negara, tentunya sebuah laporan yang menggunakan satuan terhadap suatu besaran haruslah  satuan yg diakui sang banyak negara.

Nah pada pembahasan ini, kita akan tahu apa yang dimaksud dengan Sistem Satuan Internasional (SI) dan jua akan disebutkan 7 (tujuh) besaran pokok serta besaran turunan berdasarkan acuan sistem SI.

Apa itu Satuan Internasional ?

Satuan Internasional (SI) yang pada bahasan Perancis diklaim menggunakan : "Système International d’Unités " merupakan sistem yang sudah disepakati secara internasional baik lambang berdasarkan satuan itu atau jumlah satuan yang ditetapkan dan digunakan sang banyak negara.

Pada awalnya sistem ini merupakan sistem MKS, yaitu : panjang (meter), massa (kilogram), serta waktu (dtk/sekon). Oleh karenanya terkadang begitu disebut dengan sistem MKS, maka yg sebagai acuannya merupakan sistem SI.
Sistem Satuan Internasional (SI) ini sendiri terbuat pada tahun 1960 dalam sebuah konferensi di Paris (Perancis) buat menyeragamkan satuan-satuan yg tidak sama berdasarkan tiap-tiap negara.

Sebutkan Syarat-Syarat Satuan Internasional

Berikut ini merupakan kondisi-syarat menurut sebuah sistem Satuan Internasional :
  1. Satuan wajib bersifat permanen, merupakan nir mengalami perubahan karena imbas apapun, contohnya suhu, tekanan serta kelembaban.
  2. Satuan wajib gampang ditiru serta diperbanyak sesuai menggunakan satuan asli
  3. Satuan bersifat internasional, ialah dapat digunakan pada seluruh negara.

Besaran Pokok pada sistem SI

Besaran utama merupakan besaran yang satuannya sudah ditentukan serta tetapkan telebih dahulu. Besaran utama sanggup dianggap sebagai suatu besaran yg berdiri sendiri, karena tidak perlu diurunkanbesaran-besaran lainnya.
Dalam sistem Satuan Internasional (SI) terdapat 7 satuan/besaran utama, yaitu :

No Besaran Lambang Dimensi Satuan Lambang

1 Panjang l [L] meter m
2 Massa m [M] kilogram kg
3 Waktu t [T] sekon s
4 Suhu T [θ] Kelvin K
5 Kuat Arus Listrik I [I] Ampere A
6 Intensitas Cahaya J [J] Candella Cd
7 Jumlah Zat n [N] mol mol

Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yg satuannya diturunkan berdasarkan satuan besaran utama. Contoh besaran turunan beserta satuannya misalnya yg ditunjukkan dalam tabel pada bawah ini:

No Besaran Lambang Satuan 

1. Luas A m2
2. Kecepatan v ms-1
3. Percepatan a ms-dua
4. Gaya F kg ms-2
5. Tekanan P kg m-1s-2
6. Usaha W kg m2s-dua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel