Iklan Responsive

MEMAHAMI TRANSPORTATION PREPOSITIONS BY IN ON

Tutorial materi pembelajaran bahasa inggris kali ini, kita akan membahas preposisi yang digunakan pada transportasi.
Sebagian menurut kita mungkin telah memahami preposisi (kata depan) : In, Out serta By.
Namun , terkadang kita masih merasa gundah ketika dipakai pada soal-soal yg berhubungan dengan transportasi.

Untuk menguji pemahaman kita mengenai prepositions for transportation, coba anda jawab soal berikut. Jawaban yg sahih merupakan bagian yg dihighlight berwarna merah:

1. The kids were excited to be ____ a helicopter.
A. In
B. On
C. By

2. I always travel ____ bus to work.
A. In
B. On
C. By

3. I was ____ the bus when the rain poured so hard.
A. In
B. On
C. By

Nah, jika anda bisa menjawabnya dengan benar, kemungkinan akbar anda telah memahami perbedaan ketiga jenis preposisi tersebut.

Namun apabila anda masih galau penggunaannya, seperti pada No.2 dan No.tiga yang sama-sama tranportasinya adalah bus, akan namun memiliki jawaban yg tidak sama. Tenang saja, kita akan coba mengupasnya secara sederhana supaya lebih gampang dipahami.

Kata preposisi "By" pada transportasi

Preposisi "By"  dipakai sebagai kata yg paling umum pada menyatakan dengan apa kita melakukan bepergian atau berpergian. Kata yang paling umum tersebut menggunakan kata "travel".

Contoh.1 :
  • We travel by car ,
  • You travel by train 
  • He travels by bus, 
  • We travel by plane 
  • We can travel by bike
Seperti yang anda perhatikan contoh di atas, apapun jenis tranpostasinya kita bisa gunakan menggunakan preposisi "by" bila kita pakai menggunakan memakai istilah "travel".

Kita jua bisa menggunakan preposisi "by" buat jalur transportasi atau permukaan yg dilewati transportasi tadi. Jalur-jalur transportasi tersebut merupakan : by sea, by rail, by land, by air.

Contoh.2:
  • I usually travel to Medan by air (Saya umumnya berpergian ke Medan melalui jalur udara)
  • He travel to Surabaya by rail (Saya berpergian ke Surabaya melalalui jalur rel kereta api)

Baik Contoh.1 maupun Contoh.2 pada atas, poin pentingnya adalah kata "travel". Jadi ketika memakai istilah travel, maka preposisinya merupakan "by", apakah digunakan buat menyatakan jenis kendaraan ataupun menyatakan jalur yang dilalui kendaraan tersebut.

Penggunaan kata depan "On" 

Ada 2 kategori penggunaan preposisi "On" dalam transportasi :
  • Preposisi "On" dipakai buat menyatakan jenis transportasi yg tidak tertutup, seperti : horse, bicycle, jetski serta lain-lain.
  • Preposisi "On" digunakan juga untuk menyatakan jenis tranportasi yg tertutup. Namun dalam tranporstasi tadi kita mampu bangun dan berjalan-jalan dalam transportasi tersebut. Contohnya adalah : Pesawat, Kereta Api. Walaupun pesawat dan kereta barah merupakan jenis transportasi tertutup, tetapi kita dapat bangun serta berjalan dalam pesawat serta kereta api.
Agar kita dapat memahaminya menggunakan jelas, perhatikan model berikut :
  1.  I am riding on a horse (Saya naik kuda)
  2.  I’ll go to the island on a jetski (Saya akan ke pulau tadi dengan jetski)
  3. We need to get on this bus (Kita perlu naik bus ini)
  4.  We go on a plane (Kami naik pesawat)
  5.  We go on a train (Kami naik kereta api)
  6.  We go on a ship (Kami naik kapal bahari)

Kalimat No.1 serta No.2 adalah jenis kendaraan yang terbuka. Horse (kuda) merupakan hewan yg dipakai menjadi galat satu transportasi. Lantaran Horse (kuda) merupakan transportasi yang terbuka (tidak tertutup), maka dipakai kata depan "On". Begitu juga dengan Jetski, adalah tunggangan yang terbuka juga. Maka buat Jetski digunakan juga preposisi "On".

Kalimat No.tiga, No.4, No.5 serta No.6 adalah jenis tunggangan tertutup. Walaupun merupakan tunggangan tertutup, tetapi pada pesawat, kereta api, bus serta kapal laut, kita bisa berdiri serta berjalan. Untuk itu permanen digunakan "On".

Penggunaan kata depan "In" 

Preposisi "In" digunakan buat jenis tranposrtasi tertutup, seperti : car, helicopter, taxi, truck, van dsb. Jenis-jenis transportasi tadi tidak sama seperti pesawat, kereta api, kapal laut. Walaupun sama-sama tertutup, tetapi dalam kendaraan beroda empat, helicopter, truck, taxi, tetapi kita tidak dapat berdiri serta berjalan-jalan.

Contoh:
  • I went to the school in a taxi (Saya pulang ke sekolah menggunakan taxi)
  • The kids were excited to be in a helicopter (Anak-anak bahagia berada di helikopter)
  • The boxes are loaded in the van (Kotak-kotak itu dimuat pada dalam van).

Nah sekarang kita sudah memahami disparitas ketiga jenis preposisi buat bidan transportasi. Hal yg seringkali membingungkan adalah masalah penggunaan preposisi "On". Untuk itu, silahkan dipahami penjelasan dan contoh pada atas secara teliti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel