Iklan Responsive

SURGA DUNIA DI AIR TERJUN NIAGARA

TENTANG ILMU kali ini akan memaparkan beberapa warta menarik mengenai air terjun niagara.
Air terjun niagara menjadi salah satu lokasi pariwisata yang diminati oleh wisatawan manca negara. Hal ini ditandai menggunakan kunjungan wisatawan kurang lebih 30 juta orang setiap tahunnya.
Selain air terjun yg mengalir deras, Niagara jua dikenal akan estetika  pelangi yang timbul dan keindahan alam yang terdapat di sekelilingnya. Sehingga nir heran, tiap tahun antusiasme wisatawan yg bertanya-tanya dan ingin menikmati keindahan alam air terjun niagara ini terus bertambah.

Lokasi Air Terjun Niagara

Air terjun Niagara terletak di Ontario, Kanada dan Amerika Serikat. Nama air terjun ini (Niagara) memiliki makna bagian berdasarkan tanah yg terbagi sebagai 2.
Air terjun ini mempunyai jarak kurang lebih 17 mil (27 km) dari sisi utara barat bahari dari Buffalo, New York dan 75 mil (120 km) tenggara Toronto, Ontario.

Tinggi Air Terjun Niagara

Air terjun niagara mempunyai ketinggian total mencapai 51 meter. Air Terjun Niagara ini terdiri berdasarkan tiga butir air terjun :
  • Air terjun American 
  • Air terjun Bridal Veil serta 
  • Air Terjun Horseshoe.
Air terjun Horseshoe adalah air terjun yang terbesar, sedangkan air terjun Bridal Veil merupakan air terjun yang terkecil. Tiga air terjun ini bergabung untuk membuat laju alir tertinggi setiap air terjun ke bawah..
Air terjun yang berada di pinggir paling timur berdasarkan sungai Niagara bernama air terjun American , terletak antara tepi timur dimana terdapat Prospect Point Observation Tower hingga ke pulau Luna. Disebut  air terjun American  lantaran air terjun ini miliknya Amerika atau berada di wilayah Amerika.

Antara Pulau Luna serta Goat Island (Pulau Kambing) terdapat air terjun yang bernama air terjun Bridal Veil . Air terjun ini jua masih miliknya Amerika. Kemudian antara Goat Island dengan tepi barat dimana Table Rock Complex berada adalah air terjun yg terbesar pada antara ketiganya yang bernama air terjun Horseshoe atau air terjun Canadian . Disebut air terjun Canadian  karena air terjun ini sebagai miliknya Canada atau berada di daerah Canada.

Informasi Lainnya

  • Air terjun niagara pertama kali diberi pencahayaan dalam 14 September 1860 menggunakan 200 suar. Kemudian baru dalam tahun 1925 dipasang lampu permanen pada air terjun niagara.
  • Pada tahun 2012 Nik Wallenda sebagai orang pertama yg melintasi Air Terjun Niagara menggunakan seutas kabel. Dia melakukannya sesudah menerima izin berdasarkan pemerintah Kanada serta Amerika Serikat.
  • Sungai Niagara mengalirkan air berdasarkan Danau Erie ke Danau Ontario.
  • Saat ini  air terjun niagara dilengkapi dengan 12.300 lampu LED yang berwarna-warni sehingga menghasilkan keindahan air terjun yg lebih semarak.
  • Goat Island atau yang diartikan pada bahasa Indonesia "Pulau Kambing" terletak di tengah air terjun Niagara , antara air terjun Horseshoe serta Bridal Veil . Dinamakan Pulau Kambing, berdasarkan cerita ada seorang yg bernama John Stedman yang memiliki sekawanan kambing yg pada demam isu dingin tahun 1780 kambing-kambingnya dalam tewas kedinginan pada pulau tadi.
  • PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) komersial pertama kali dibangun di kawasan ini pada tahun 1895. Selanjutnya dalam tahun 1961 dikembangkan Niagara Power Project dengan 13 generator yang sanggup menghasilkan tenaga dengan kapasitas terpasang 2,19 juta kw, menjadi keliru satu PLTA terbesar di dunia.
  • Banyak orang-orang yang nekat ingin melintasi jalur air terjun niagara. Beberapa terdapat yg selamat serta terdapat pula yg meninggal. Tahun 1961, seorang laki-laki yang bernama William Fitzgerald mencoba melalui lintasan air terjun niagara, serta begitu ada selamat ke permukaan air langsung digiring polisi dan ditahan karena waktu itu telah ada peraturan yang melarang tindak petualangan di seputar air terjun Niagara.
  • Kota-kota pada seputaran air terjun Niagara , Ontario, Kanada, dan Air Terjun Niagara pada New York, Amerika Serikat, terhubung oleh dua jembatan internasional yang diberinam Rainbow Bridge.
  • Pembangunan jembatan pelangi (Rainbow Bridge) dilakukan antara tahun 1940 dan 1941 buat menggantikan  Jembatan Falls View, dijuluki “Jembatan Bulan Madu”, yang ambruk dalam Januari 1938 dampak kemacetan es.

Referensi
1. //yiskandar.wordpress.com/tag/luna/
2. //www.sciencekids.co.nz/sciencefacts/earth/niagarafalls.html
3. //www.expedia.co.id/Rainbow-Bridge-Air-Terjun-Niagara.D6190892.tamasya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel