Iklan Responsive

PENGERTIAN OLAHRAGA TRIATHLON

TENTANG ILMU pada kesempatan kali ini akan membahas keliru satu jenis olahraga, yaitu Triathlon.
Pada pembahasan sebelumnya-sebelumnya kita lebih mengenal jenis-jenis ajang atau pekan olaharaga yg terdapat di dunia misalnya : SEA Games serta Asian Games, maka kali ini kita masuk ke jenis cabang olahraganya, yaitu olaharaga triathlon yang membutuhkan stamina ekstra.

Apa itu Olahraga Triathlon ?

Dari sisi namanya, telah eksklusif ketebak bahwa Triathlon ini merupakan olahraga yang menggabungkan tiga cabang olahraga:
  • Berenang.
  • Lari sprint.
  • Bersepeda.
Olahraga ini mulai dilakukan pada tahun 1974 di California, Amerika. Olaharaga ini menuntut stamina serta fisik yang tinggi bagi para peserta karena pertandingan ini akan memakan waktu yang lama.

Beberapa strata pada Ttriathlon

Olaharaga Ttriathlon ini sendiri mempunyai tingkatan atau level yg terdiri dari :

1. Super print
Tingkatan ini terdiri dari berenang 400 meter, bersepeda 10 kilometer, serta lari 2,5 kilometer. Super print dapat dikatakan sebagai tingkatan yang paling mudah dilakukan, karena jarak dari masing-masing cabang olahraga yang tidak terlalu panjang. Oleh karena itu, tingkatan ini cocok bagi pemula.

2. Sprint
Sprint terdiri berdasarkan berenang 750 meter, bersepeda 10 km, lari lima km. Jarak ini merupakan jeda yg paling generik dilakukan dalam triathlon. Untuk mempersiapkan diri mengikuti triathlon dalam jarak ini, maka setidaknya Anda wajib melakukan latihan fisik 90 mnt per hari atau 5 jam pada seminggu sebelum perlombaan berlangsung.

3. Olimpiade
Dalam tingkat olimpiade Anda setidaknya harus melakukan berenang sepanjang 1500 meter, bersepeda sejauh 40 km, serta lari sejauh 10 km. Seperti namanya, tahap olimpiade ini merupakan tahap yang paling sulit pada triathlon karena jarak bersepeda, berenang, maupun berlari cukup panjang serta butuh latihan fisik yang sangat ekstra jika ingin mengikuti triathlon olimpiade. Biasanya, peserta triathlon olimpiade adalah atlet yang sudah biasa melakukan triathlon serta mereka melakukan latihan fisik setidaknya 6 hingga 12 jam dalam satu minggu.

4. Jarak menengah
Tahap ini terdiri dari berenang 1900 meter, bersepeda 80 km, serta 200 km. Triathlon pada tahap ini setidaknya menghabiskan waktu sebanyak 5 hingga 7 jam serta persiapan latihan fisik yang harus dilakukan sebelum perlombaan berlangsung adalah 8 hingga 15 minggu per minggu.

5. Jarak panjang
Terdiri dari berenang sepanjang 38 km, bersepeda 112 meter, serta berlari 400 km. Tahap ini merupakan tantangan untuk kekuatan fisik. Jarak menengah pada triathlon harus dilakukan oleh atlet yang sudah sangat berpengalaman serta kuat dalam ketahanan fisiknya. Triathlon pada tahap ini memakan waktu lebih dari 7 jam serta latihan fisik yang diperlukan yaitu lebih dari 15 jam per minggu.

Tahapan Olahraga Triathlon

Pertandingan olaharaga triatblo dimulai menggunakan  berenang. Lokasi berenang disini bukanlah kolam renang melainkan tempat yg besar , misalnya pantai. Hal ini dikarenakan  peserta yang ikut jumlahnya poly, tempatnya pun harus lebih besar .

Setelah peserta lelah berenang dengan jarak yang jauh, perlombaan langsung memasuki tahapan baru. Segera setelah keluar dari air, para peserta bergegas mengambil sepeda yang sudah disediakan serta harus mengayuhnya dengan jarak yang lebih jauh lagi.

Tahapan terakhir adalah berlari. Berhasil menyelesaikan tahapan terakhir ini, maka lombapun berakhir serta yang paling pertama mencapai garis finis, maka dialah yang menjadi menang.
Sungguh suatu cabang olahraga yang sangat menguras tenaga serta konsentrasi penuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel