Iklan Responsive

TIPS MELIHAT KECEPATAN BLOG KITA

Sebelum kita masuk ke pembahasan, ada baiknya kita bertanya pada diri sendiri. Kira kira kesel nggak kalo website yang kita kunjungi loadinngnya lama? Udah pasti kesel yah!

Udah loadingnya lama!
Banyak iklannya!
Artikelnya nggak jelas!

Sebenarnya kekesalan kita itu juga dirasakan oleh om google sebagai mesin pencari loh, itulah mengapa website yang loadingnya lama sering banget kena tendang om google sampe ke “page sekian” dihalaman pencariannya.

Jadi memang yah, kecepatan loading atau time load dari sebuah blog itu benar-benar sangat dibutuhkan, khususnya untuk kita para pengiat blogger.

Kita simulasikan ajah seperti ini, anggap kita sebagai pengunjung blog.

Ketika kita menemui blog yang loadingnya lama, apa yang akan kita lakukan?!

Pasti kembali dan mencari blog yang lain kan? Itulah yang dilakukan pengunjung blog kita yang lain.

Rugi banget loh, hanya gara-gara lama loadingnya, kita jadi kehilangan pengunjung, posisi blog kita memang page one, tapi kalo loadingnya ternyata kualitas page sekian kan. Rugi banget.

Nah berangkat dari situ deh, saya ingin membagikan sedikit tips untuk kamu bisa mempercepat loading blog yang kamu punya. Apa ajah sih tips dan caranya?! Yuk kita bahas dibawah!

  • Yang pertama adalah mengatur gambar

Penggunaan gambar dalam artikel disarankan menggunakan gambar yang tidak terlalu besar ukuranya yah, dikarenakan semakin besar ukuran gambarnya yang kita pasang, juga akan semakin besar loh mempengaruhi load time dari blog kita

  • Yang Kedua adalah memasang Widget seperlunya

Kita tau deh, kalau widget itu salah satu bagian dari blog yang sangat penting, apalagi widget adsense. Tapi perlu di ingat juga nih memasang widget terlalu banyak di blog kita juga akan sangat berpengaruh pada time load loh! untuk itu saya sarankan hanya memasang widget yang penting saja seperti :  populer post, recent post, random post.

  • Yang Ketiga adalah Template
Komponen utama dalam sebuah blog yang bisa menentukan apakah blog kita lelet atau lancar di buka adalah template, apa sih template itu? Kalau di ibaratkan template itu adalah baju yang kita pakai. dimana baju itu akan membuat kita tambah ganteng dan cantik, template dalam blog ini juga berfungsi sama, yaitu mempercantik tampilan blog kita.

Namun ada template yang baik dan ada juga yang tidak yah!

Template yang baik adalah, template yang memiliki tampian ramah dengan search engine dan user, maksudnya ramah adalah. Template yang kita pasang bisa membuat blog kita terlihat baik di mata om google dan ketika di akses oleh pengunjung juga nyaman, sehingga pengunjung kita betah deh berlama-lama baca artikelnya.

Seriusan, kalau kamu sudah menerapkan tips yang saya berikan diatas. Insya Allah deh, kecepatan blog kamu akan meningkat berkali-kali lipat dan akan membuat pengunjung kita senang berlama-lama tinggal dan membaca artikel kita dengan nyaman!

Lalu gimana sih cara mengetahui kecepatan akses dari blog kita?!

Langkah sangat simple :

Yang pertama adalah : kamu harus melakukan tips yang sudah saya berikan diatas

Kemudian masuk ke : https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ untuk mengetes kecepatan blog kamu

tampilanya nanti akan seperti ini :



Kamu bisa memasukan alamat blog kamu di kotak yang sudah disediakan, lalu klik analisis. Dan hasilnya akan Nampak seperti ini :



Diatas adalah tes untuk website kita, angka yang kurang untuk memenuhi kecepatan yang disarankan


Diatas adalah tes untuk website kita yang sudah memenuhi kecepatan blog yang sangat disarankan

Jadi kalau hasil tes kecepatan blog kamu berada dibawah, atau berwarna merah! kamu harus cepat-cepat melakukan perbaikan.

Oke sekian artikel dari saya tentang mempercepat loading blog kamu, Semoga artikel ini bermanfaat yah!



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel