Iklan Responsive

PENGERTIAN SNMPTN DAN SBMPTN

tutorial-informasi.net kali ini akan membahas istilah yg akrab bagi saudara termuda-adik siswa yang hendak melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yaitu : SNMPTN, SMBPTN serta UM (Ujian Mandiri).
Zaman dahulu buat memasuki Perguruan Tinggi Negeri (Perguruan Tinggi Negeri) hanya masih ada 2 cara yaitu jalur undangan (melalui rapot) dan jalur tes tertulis yg memiliki nama UMPTN kemudian berganti nama menjadi SPMB. Sebenarnya sebelum UMPTN terdapat kata-istilah tes masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang lebih jadul seperti : SKALU, SKASU dan SIPENMARU.

Jenis-Jenis Seleksi PTN

Bagi anda-anda yang ingin menjadi mahasiswa di PTN (Perguruan Tinggi Nasional), terdapat tiga pilihan yg dapat anda ikuti:
  • SNMPTN
  • SBMPTN
  • UJIAN MANDIRI
Untuk perlu diketahui bahwa:
  • Alokasi SBMPTN minimal 30% menurut total kuota yg terdapat di perguruan tinggi itu sendiri
  • Alokasi SBMPTN minimal 30% menurut total kuota yg terdapat di perguruan tinggi itu sendiri
  • Sedangkan buat Ujian Mandiri (UM), aporisma kuota yg diberikan merupakan 30% berdasarkan total kuota.

Apa itu SNMPTN ?

SNMPTN adalah kepanjangan berdasarkan Seleksi Nasional Masuk PTN. SNMPTN merupakan seleksi menurut penelusuran prestasi akademik calon Mahasiswa dilakukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri pada bawah koordinasi panitia pusat.
Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari 2 jalur yaitu:
  • SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot 
  • SNMPTN tulis melalui ujian tulis.

Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama sebagai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Dan SNMPTN Undangan lalu berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan).
SNMPTN diikuti semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yg telah ditetapkan oleh Majelis Rektor PTN Indonesia (MRPTNI), diselenggarakan pada suatu sistem yang terpadu dan serentak. Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung sang Pemerintah, sebagai akibatnya peserta nir dipungut porto seleksi. Peserta SNMPTN menurut famili kurang sanggup secara ekonomi serta dinyatakan diterima pada Perguruan Tinggi Negeri berpeluang menerima bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui Program Beasiswa Bidikmisi.

Apa itu SBMPTN ?

SBMPTN merupakan kepanjangan berdasarkan  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sistem seleksi menggunakan nama SBMPTN mulai berlaku dalam tahun 2013, dimana sebelumnya bernama SNMPTN tulis dengan melalui ujian tulis.
Seleksi SBMPTN dilakukan dengan cara ujian tertulis dimana tesnya dapat berupa :
  • ujian yang berbasis personal komputer (Computer Based Test/CBT) 
  • atau ujian berbasis kertas (Paper Based Test/PBT)
Pada awalnya jumlah PTN yg tergabung ke pada SBMPTN  adalah sebesar 62 PTN, hingga waktu ini (tahun 2017) sudah berjumlah  sebagai 85 Perguruan Tinggi Negeri. Hal tersebut disebabkan sang banyaknya perguruan tinggi baru maupun perguruan tinggi Islam yang sebelumnya berada di Kementerian Agama kemudian pengelolaannya dilimpahkan pada Kementerian Ristek dan Dikti.
Dalam mengikuti seleksi model SBMPTN, perhatikan jurusan yg anda pilih menurut jenis tes berikut :
  • SAINTEK (bagi yang menentukan jurusan IPA)
  • SOSHUM (bagi yang menentukan jurusna IPS)
  • IPC (bagi yang menentukan jurusan IPA dan IPS)

Dengan demikian pembagian kelompok tes berdasarkan jurusan apa yg kita pilih nantinya ketika mengikuti SBMPTN. Dimana tiap kelompoknya masih ada Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) berupa :
  • Tes Potensi Akademik, 
  • Bahasa Indonesia dan 
  • Bahasa Inggris. 

Jika anda memilih SAINTEK maka Tes Kemampuan Dasar-nya berkaitan dengan  SAINTEK, begitu juga bila kita memilih SOSHUM maka akan menerima Tes Kemampuan Dasar SOSHUM.
Lalu bagaimana bila kita menentukan IPC ?. Pastinya kita akan menghadapi Tes Kemampuan Dasar SAINTEK dan SOSHUM. Dan sudah barang tentu dituntut esktra ketika dalam pengerjaannya.

Apa itu Ujian Mandiri ?

Ujian Mandiri merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yg dilakukan oleh Perguruan Tinggi bersangkutan tanpa dibawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Yang merupakan setiap Perguruan Tinggi Negeri mempunyai wilayah otonom bagaimana cara menyelenggarakan Ujian  Mandiri tersebut.
Penamaan Ujian Mandiri tiap-tiap perguruan tinggi berbedan, ini dia beberapa nama jalur berdikari:
  • Universitas Indonesia, jalur mandirinya dikenal menggunakan nama Simak UI
  • Institut Pertanian Bogor, jalur mandirinya dikenal menggunakan nama Admisi IPB
  • Universitas Gadjah Mada, jalur mandirinya dikenal menggunakan nama UM UGM

Kesimpulan

Seperti yang sudah diuraikan diatas, maka kita bisa menyimpulkan lebih sederhanya ketiga jenis seleksi penemerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri (Perguruan Tinggi Nasional) seperti yg ditunjukkan oleh gambar dibawah ini :
Referensi
1. //kumparan.com/aditya-panji/jika-gagal-snmptn-masih-terdapat-sbmptn-dan-jalur-berdikari-ptn
2. //snmptn.ac.id/pengantar.html
3. //id.wikipedia.org/wiki/Seleksi_Bersama_Masuk_Perguruan_Tinggi_Negeri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel