Iklan Responsive

Pengertian Peran dan Fungsi Pelaku Ekonomi

Selamat tiba pada tutorial-informasi.net blog yang penuh dengan informasi yang sangat membantu dalam menambah wawasan. Dan kali ini tentang-soal.blogspot.com menyediakan informasi mengenai pelaku ekonomi. Untuk lebih jelasnya mari simak materi dibawah ini.

Pengertian Pelaku Ekonomi

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pelaku ekonomi maka kita wajib paham apa itu pelaku ekonomi. Pelaku ekonomi adalah seorang, grup atau forum yg melakukan kegiatan ekonomi yaitu produksi, distribusi, serta konsumsi. 

Pelaku ekonomi terbagi sebagai empat golongan yaitu, tempat tinggal tangga, masyarakat, instansi perusahaan, pemerintah atau negara yg memiliki kiprah masing-masing dalam aktivitas ekonomi.


Peran serta Fungsi Pelaku Ekonomi

1. Rumah Tangga: adalah pelaku ekonomi dengan skala yg mini . Dan inilah peran tempat tinggal tangga pada aktivitas ekonomi.

a. Produsen
Dalam hal ini sebuah tempat tinggal tangga menciptakan serta membentuk barang atau jasa buat memenuhi kebutuhan ekonomi yaitu konsumen. Dari kegiatan menghasilkan itu tempat tinggal tangga mampu mengakibatkan manfaat yaitu mempunyai bisnis sendiri sebagai mata pencaharian, bisa menyewakan faktor produksi yang dimiliki, dan bekerja buat pihak lain.

b. Distribusi
Ketika sebuah tempat tinggal tangga berperan menjadi distributor maka akan melakukan bisnis membuka toko serta berdagang buat menerima penghasilan. 

c. Konsumen
Setelah mendapatkan penghasilan dari kegiatan ekonomi misalnya produksi serta distribusi maka akan melakukan konsumsi buat memenuhi kebutuhannya. 

Maka konsumsi sering disebut menjadi kegiatan utama pada rumah tangga hal tadi dipengaruhi beberapa faktor misalnya jumlah pendapatan keluarga, status sosial ekonomi famili tersebut, harga barang dan jasa, serta jumlah anggota famili.

Simak pula: Memahami Kegiatan Usaha Waralaba

2. Masyarakat
Masyarakat merupakan deretan dari rumah tangga sehingga juga berperan dalam kegiatan ekonomi buat memenuhi kebutuhan.

a. Produsen
Kegiatan produksi ini dilakukan oleh sekelompok orang  buat membentuk barang atau jasa buat mendapatkan penghasilan. Contohnya ibu-mak PKK membentuk kerajinan tempat tisu lalu menjualnya.

Kegiatan produksi dikalangan rakyat memiliki ciri-karakteristik menjadi berikut, menjadi peluang kerja bagi orang lain, nir memerlukan kapital dan peralatan yang akbar, bisnis ekonomi bergerak pada ruang lingkup yang mini , serta nir membutuhkan taraf pendidikan dan keahlian yang tinggi.

b. Distributor
Kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan barang atau jasa menurut penghasil pada konsumen. Sehingga aktivitas tadi akan bemanfaat bagi orang lain.

c. Konsumen
Sama dengan rumah tangga grup masyarakat pula membutuhkan barang dan jasa buat memenuhi kebutuhan mereka maka menurut itu mereka akan mengonsumsi produk yang telah didapatkan. 

3. Instansi Perusahaan
Perusahaan adalah badan bisnis yang melakukan kegiatan membuat barang atau jasa yang bertujuan mendapatkan laba yang maksimal . Perusahaan jua memiliki peran yg penting dalam aktivitas ekonomi, perusahaan pula berperan sebagai pembuat, distributor, dan konsumen. Berikut penjelasannya.

a. Produsen 
Perusahaan lebih poly berperan dalam aktivitas produksi suatu barang atau jasa.  Maka perusahaan berperan krusial pada aktivitas ekonomi. Berikut langkah pada menjalankan kegiatan ekonomi bagi perusahaan yaitu, memastikan sasaran barang serta jasa yg dibutuhkan sang konsumen, menentukan proses produksi barang dan jasa, serta memproduksi barang serta jasa sesuai kapasitas.

b. Distributor
Kegiatan distribusi nir kalah penting menggunakan kegiatan ekonomi lainnya, lantaran tanpa adanya distribusi produk yg dihasilkan oleh perusahaan atau kalangan lainnya nir akan laris yang nantinya akan mengakibatkan kerugian. 

Maka aktivitas distribusi terdiri berdasarkan mengadakan perdagangan, melakukan promosi, mempunyai alat transportasi  serta memperluas pasaran menggunakan membuka cabang perusahaan.

c. Konsumen 
Berperan menjadi konsumen, sangat menunjang aktivitas ekonomi lainnya contohnya kegiatan produksi yg membutuhkan barang atau jasa lain. Seperti memerlukan bahan pokok produksi, membutuhkan alat dan bahan serta menaruh gaji karyawan.

4. Pemerintah / Negara
Dalam hal ini pemerintah adalah lembaga yang bertanggung jawab membantu memperlancar aktivitas ekonomi. Berikut merupakan kiprah pemerintah pada aktivitas ekonomi antara lain :

a. Produsen
Ketika berperan menjadi pembuat pemerintah membantu mewujudkan kemakmuran rakyatnya, sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 2 bahwa beberapa cabang yg penting buat negara serta berpengaruh pada hidup orang banyak dikuasai sang negara.

Pemerintah berperan dalam aktivitas ekonomi sebagai pembuat wajib dilaksanakan diseluruh bidang perekonomian. Contohnya terdapat BUMN yg berfungsi buat menaruh donasi buat perkonomian nasioal dan golongan ekonomi yg rendah buat menjalankan bisnis, menjadi pelopor pada kegiatan usaha yg belum tercapai sang partikelir serta koperasi, serta memperoleh laba dan menyelenggarakan kemanfaatan umum menggunakan menyediakan barang dan jasa dengan kualitas baik dan cukup buat masyarakat.

b. Distributor
Dibidang ini pemerintah berperan buat menyalurkan barang dan jasa dari wilayah yg mempunyai kelebihan yg nantinya akan disalurkan ke daerah yg kekurangan buat menciptakan rakyat yang sejahtera secara merata.

c. Kosumen
Pemerintah juga membutuhkan barang atau jasa pada mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya, maka disini pemerintah akan berperan menjadi konsumen buat melaksanakan tugasnya. 

Misalnya pemerintah membutuhkan beberapa alat-alat. Maka disini kiprah pemerintah sebagai konsumen bertujuan buat meratakan taraf kesejahteraan rakyatnya serta menciptakan fasilitas negara. 

Berikut merupakan fungsi dari pemerintah sebagai konsumen yakni, menciptakan modal sosial sebanyak mungkin, pemerintah berfungsi pada mengatur ekonomi, menciptakan dan memelihara keserasian pertumbuhan ekonomi, dan melindungi masyarakat menurut efek negatif kesenjangan ekonomi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel