Iklan Responsive

PENGERTIAN ASTRONOT DAN KOSMONOT

tutorial-informasi.net - kali ini akan membahas tentang kata Astronot dan Kosmonot, apakah ke 2 kata tersebut mempunyai makna yg sama atau ada perbedaan antara Astronot serta Kosmonot.
Pada pembahasan sebelumnya, kita pernah membahas tentang istilah disparitas antara pesawat ruang angkasa dan pesawat ulang alik. Maka pembahasan kali ini kita akan membahas orang yg terlibat dalam melakukan bepergian ke luar angkasa dengan memakai pesawat ruang angkasa yang biasa diklaim menggunakan Astronot.
Sebagian dari kita terdapat juga yg mendengar kata Kosmonot, pastinya kita bertanya dimana letak perbedaannya.


Apa itu Astronot ?

Astronot  adalah kata serapan yang mengacu kepada istilah yang dalam bahasa inggris ditulis dengan "Astronout".  Dalam bahasa indonesia kita mengenal kata lain yaitu : antariksawan.

Pengertian Astronout itu sendiri merupakan orang yang terlatih buat sebagai pilot pesawat ruang angkasa, melakukan perjalanan pada pesawat ruang angkasa atau bekerja di ruang angkasa. Istilah ini pertama kali muncul dalam bahasa Inggris dalam tahun 1929, mungkin dalam fiksi ilmiah.istilah Astronot mulai terkenal saat baru dibuat National Aeronautics and Space Administration (NASA) .

Namun terdapat asal yg menjelaskan penggunaan kata Astronout sudah dipakai dalam tahun 1880 sebagai nama sebuah pesawat ruang angkasa pada sebuah cerita fiksi yg ditulis sang penulis Inggris yg bernama Percy Greg (1836-1889) dengan judul "Across the Zodiac."
Secara etimologi (asal usul istilah) menurut etymonline, kata Astronout terdiri dari istilah "Astro" yang berarti "Bintang" dan "Nautes" yang berarti "Penjelajah".
Istilah Astronot ini lebih kepada antariksawan yang dilatih sang NASA.

Apa itu Kosmonot

Kita niscaya pernah mendengar nama Yuri Gagarin yang merupakan orang pertama yang meluncur ke ruang angkasa. Yuri Gagarin ini dari menurut Rusia. Di negara Rusia,  tidak memakai istilah Astronot, tetapi menggunakan istilah Kosmonot buat orang yang sebagai bagian pada penerbangan luar angkasa.

Kosmonot merupakan kata serapan buat menyatakan istilah cosmonaut  (Inggris). Kata cosmonaut bila ditulis dalam bahasa Rusia merupakan "kosmonavt".
Secara etimologi (berasal usul kata), kata Kosmonot (Kosmonaut) dari dari kata "Kosmo" yang mempunyai arti "Alam Semesta" dan "Nautes" yg mempunyai makna "Penjelajah"
.
Jika di Amerika Serikat badan antariksanya kita sebut dengan NASA, di Rusia lebih dikenal menggunakan nama Roscosmos. Istilah lain buat menyebut badan antariksa Rusia merupakan FKA atau RKA yang adalah acum buat menyatakan Russian Federal Space Agency.
Jadi isitlah Kosmonot ini lebih mengacu kepada antariksawan yg dilatih sang Roscosmos.

Kesimpulan

Secara fungsi istilah istilah Astronot serta Kosmonot tidak mempunyai perbedaan, sama-sama merupakan orang yg dilatih untuk melakukan perjalanan ke ruang angkasa.
Istilah penyebutan antariksawan tiap-tiap negara jua bhineka, misalnya :
  • Taikonaout, kata antariksawan pada negera China
  • Spationaout, istilah antariksawan pada negera Perancis
  • Vyomanaut,  istilah antariksawan di negera India
  • Angkasawan, istilah antariksawan pada negera Malasyia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel