Iklan Responsive

MEMAHAMI PENGERTIAN AFTA DAN MEA

Tutorial-informasi.net - Berikut ini adalah uraian mengenai sebuah konsep bidang ekonomi serta perdagangan dalam blok negara ASEAN, yg dikenal menggunakan istilah AFTA.

Dalam pembahasan ini, kita akan memaparkan tentang pengertian atau apa yang dimaksud dengan AFTA, sejarah berdirinya AFTA dan tujuan menurut keberadaan AFTA.

Disamping itu turut dipaparkan definisi dari MEA yang terkadang menciptakan kita bertanya apa bedanya AFTA dengan MEA.

Apa itu AFTA ?

AFTA adalah singkatan menurut ASEAN Free Trade Area (perdagangan bebas pada daerah negara ASEAN ).  Jadi AFTA adalah suatu kerjasama bidang ekonomi berdasarkan negara-negara yg berada pada blok ASEAN.

Kapan berdirinya AFTA ?

AFTA didirikan pada tahun 1992 dalam ketika berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke IV yang diadakan pada negara  Singapura.

Konsep AFTA pertama kali diusulkan oleh Thailand pada sebuah pertemuan tingkat menteri ASEAN pada Bangkok dalam tahun 1991, kemudian diratifikasi tahun 1992 dalam ASEAN Summit di Singapura.

Tujuan AFTA

AFTA mempunyai tujuan buat membentuk suatu zona perdagangan bebas pada rangka menaikkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN menggunakan berakibat ASEAN sebagai basis produksi global serta membentuk pasar regional bagi 500 juta penduduknya. Konsep ini diwujudkan menggunakan melakukan penghapusan atau penurunan tarif perdagangan barang diantara negara-negara ASEAN.

Apa itu AEC atau MEA ?

Asean Economic Community (AEC) atau yang biasa disebut Masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) merupakan bentuk berdasarkan kerjasama perdagangan serta ekonomi di daerah ASEAN  dengan konvensi melakukan perdagangan yang seimbang dan adil melalui penurunan tarif barang perdagangan. Sehingga nir ada kendala tarif (bea masuk) maupun kendala non tarif bagi negara-negara anggota ASEAN.


Bedakah AFTA dan MEA ?

MEA (Masyarakat Ekonomi ASEA) adalah ekspansi dari konsep integrasi ekonomi yang sebelumnya telah disepakati pada perjanjian AFTA.
Bentuk-bentuk kerjasama yang digagas dalam konsep MEA :
  • Pengembangan pada asal daya insan dan adanya peningkatan kapasitas
  • Pengakuan terkait kualifikasi profesional
  • Konsultasi yg lebih dekat terhadap kebijakan makro keuangan serta ekonomi.
  • Memilik langkah-langkah dalam pembiayaan perdagangan.
  • Meningkatkan infrastruktur.
  • Melakukan pengembangan dalam transaksi elektronika lewat e-ASEAN.
  • Memperpadukan segala industri yg terdapat diseluruh daerah buat bisa mempromosikan asal wilayah.
  • meningkatkan kiprah dari sektor swasta buat dapat membangun MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel