Iklan Responsive

LANGKAH PINDAH SERTIFIKASI KEMDIKBUD TERBARU SEPTEMBER 2019

Tutorial-informasi.net - Ada beberapa faktor yang mendorong seorang pengajar buat melakukan pindah satminkal atau induk sekolah. Baik dalam sekolah yang sama-sama pada naungan Kemdikbud ataupun kebalikannya di naungan Kemdikbud ke sekolah yg bernaung pada Kemenag. Bisa jadi karena dulunya memiliki data NUPTK ganda yg sudah terdaftar baik di Kemdikbud maupun di Kemenag. Atau bahkan mampu jadi buat memenuhi tuntutan tunjangan profesi contohnya pergantian ketua sekolah atau cita-cita pengajar pripadi buat pindah satminkal sertifikasi.😅
Melakukan pindah satminkal atau mutasi guru dari sekolah A ke sekolah B misal dari jenjang SD/SMP/MTs ke jenjang Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan yg sama-sama di naungan Kemdikbud dilakukan dengan cara tarik data PTK pada laman data.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Pergantian satminkal membutuhkan proses verifikasi dinas dan berkas-berkas yg wajib lampirkan yaitu :
  1. Fotocopy Ijazah S1
  2. Fotocopy Sertifikat Pendidik
  3. SK Pengangkatan KS (jika menjadi Kepala Sekolah)
  4. SKPBM induk dan non induk
  5. Surat Keterangan Pemberhentian berdasarkan Kemenag bila ada semua berkas rangkap 2 fotocopy dilegalisir dan softcopy (CD) berupa file pdf ukuran -2mb (jika lintas naungan)

Proses diatas jua berlaku bagi pengajar dari naungan Kemenag ke Kemdikbud. Mutasi Madrasah PTK Naungan Kemenag ke Sekolah Naungan Kemendikbud (lintas naungan).
PTK berdasarkan Madrasah naungan Kemenag yg akan mutasi Madrasah induknya ke Sekolah naungan Kemendikbud permanen wajib melalui mekanisme pelaporan pindah keluar di Admin Kemenag Kab/Kota instansi lamanya, namun akan secara langsung termutasikan ke sekolah induk barunya tanpa mekanisme pelaporan mutasi masuk di Admin Dinas Kab/Kota tujuan.*
Berikut langkah-langkah singkat mekanisme Mutasi Madrasah PTK Naungan Kemenag ke Sekolah Naungan Kemendikbud (lintas naungan) :
  1. Login menjadi PTK/Admin pada //simpatika.kemenag.go.id/ dan pilih layanan PTK.
  2. Ajukan mutasi ke intansi tujuan, lihat pedoman mutasi PTK Simpatika.
  3. Serahkan SURAT PENGAJUAN MUTASI Madrasah INDUK PTK (SM01) tadi buat dilaporkan pindah keluar oleh admin Kemenag Kab/Kota. Lihat panduan Persetujuan Mutasi Keluar di sini. 
  4. Untuk kondisi ini, Admin Kemenag Kab/Kota akan mencetak SURAT TANDA BUKTI MUTASI SEKOLAH INDUK PTK (SM03) eksklusif tanpa melalui mekanisme Pelaporan Mutasi Masuk (SM02) sang Admin Dinas tujuan.
  5. Berikut contoh SURAT TANDA BUKTI MUTASI SEKOLAH INDUK PTK (SM03) yang dicetak sang Admin Kemenag Kab/Kota sebagai tanda bukti mutasi Madrasah induk Anda ke sekolah naungan Kemendikbud.

Akan sedikit tidak sama prosesnya jika mutasi Sekolah PTK Naungan Kemendikbud ke Madrasah Naungan Kemenag (lintas naungan)
PTK menurut sekolah naungan Kemendikbud yang akan mutasi sekolah induknya ke Madrasah naungan Kemenag tidak lagi melalui prosedur persetujuan mutasi keluar sang Admin Dinas intansi lamanya, melainkan pribadi melaporkan diri ke Admin Kemenag Kab/Kota tujuan dengan menyerahkan Formulir SM02 yg dicetak melalui akun PTK tadi.*
Berikut langkah-langkah singkat prosedur Mutasi Sekolah PTK Naungan Kemendikbud ke Madrasah Naungan Kemenag (lintas naungan) :
  1. PTK mengajukan mutasi melalui akun PTKnya, lihat pedoman mutasi PTK Simpatika.
  2. Untuk syarat ini, PTK yg mengajukan mutasi tadi akan langsung mencetak SURAT PENGAJUAN MUTASI Madrasah INDUK PTK (SM02). Dengan istilah lain PTK tersebut tidak perlu melakukan mekanisme pelaporan Mutasi Keluar di Admin Dinas setempat.
  3. Selanjutnya serahkan SURAT PENGAJUAN MUTASI Madrasah INDUK PTK (SM02) yg dicetak tersebut ke Admin Kemenag Kota/Kab tujuan buat Tanda Bukti Persetujuan Pindah Datang. Lihat Panduan Mutasi Masuk PTK Simpatika. 
  4. PTK menerima SURAT TANDA BUKTI MUTASI SEKOLAH INDUK PTK (SM03) yang dicetak sang Admin Kemenag Kab/Kota sebagai indikasi bukti persetujuan mutasi Madrasah induk Anda.
* Jika pada Layanan Simpatika buat list sekolah di naungan Kemdikbud memang terdaftar dalam database-nya, namun tidak sinkron menggunakan pelaksanaan Dapodik buat sekolah yg pada naungan Kemenag maka tidak akan di temukan kecuali yg terdaftar pada database-nya. Untuk itu guru yang pindah tunjangan profesi menurut Kemdikbud ke Kemenag maupun sebaliknya wajib tetap melakukan laporan ke Dinas buat pemutakhiran datanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel