Iklan Responsive

APA ITU WISATA GASTRONOMI

tutorial-informasi.net kali ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan wisata gastronomi. Mungkin kata gastronomi kurang akrab pada indera pendengaran rakyat indonesia. Tetapi lain halnya jika kita menyebut istilah kuliner. Ya, ke 2 kata tadi berkaitan menggunakan makanan.

Walaupun kata gastronomi serta masakan berkaitan menggunakan kuliner, tetapi secara lebih mendalam istilah gastronomi akan mempunyai pengertian yang berbeda dengan masakan.

Apa itu Gastronomi ?

Kata gastronomi dari pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bermakna "seni menyiapkan sajian yg enak-enak; rapikan makanan kenikmatan". Sedangkan kata kuliner berkaitan dengan masak-memasak.
Memang keduanya herbi kuliner, namun pengertian keduanya mempunyai disparitas yg lebih mendalam.

Contoh
Ketika anda mengunjungi sebuah daerah ataupun kebetulan sedang berwisata ke sebuah wilayah, maka merasakan sajian makanan berdasarkan satu jenis makanan sampai ke berbagai jenis kuliner lainnya. Disini anda dikatakan hanya bahagia dalam hal masakan.
Namun waktu anda tidak hanya sekedar merasakan, tetapi mempunyai motivasi kuat buat mengetahui sisi budaya atau filosofi makanan tadi, maka dikatakan Gastronomi.


Hmm...mau makan koq menggunakan filosofi atau ada perkara budaya segala. Ya, gastronomi ini memang selalui dikaitkan perkara budaya atau filosofi bagaimana sebuah makanan lezat dihidangkan. Dan kata gastronomi seringkali digunakan pada dunia pariwisata. Oleh karena itu sering kita mendengar bahwa wisata gastronomi bisa menjadi keliru satu model wisata yang dapat diperkenalkan kepada wisatawan.

Rendang yang menjadi galat satu pilihan menu favorit masyarakat indonesia, sejatinya makanan tersebut dari dari sumatera barat dan mempunyai berasal munculnya kuliner tadi serta juga rapikan cara penyajian kuliner tersebut.

Contoh lain adalah kuliner nasi tumpeng. Pernahkan kita membayangkan bahwa buat memotong tumpeng itu tidak dari atas melainkan dari samping memiliki filosofinya.

Perkembangan Gastronomi pada Indonesia

Sangat poly sekali produk-produk kuliner yg tersebar di seluruh nusantara Indonesia yang mempunyai nilai budaya atau filosofinya. Selama ini cerita-cerita budaya mengenai suatu masakan hanya diperdengarkan secara turun temurun, belum terdokumentasikan menggunakan baik (walau beberapa telah mulai dibukukan).

Dengan dokumentasi yg kentara, warisan budaya gastronomi permanen dapat terpertahakan dan bisa diwariskan ke generasi berikutnya.

Dari sisi pariwisata, beberapa wilayah sudah mulai mengadopsi jenis wisata gastronomi ini. Lantaran banyak wisatawan terutama luar negeri menyenangi jenis wisata ini dibandingkan hanya sekedar merasakan kuliner atau suatu sajian dari daerah yg dikunjunginya.

Kesimpulan

Walaupun wisata gastronomi dan wisata kuliner keduanya berkaitan menggunakan kuliner, namun wisata gastronomi nir hanya sekedar merasakan makanan akan namun melibatkan unsur budaya atau filosofi berdasarkan sebuah kuliner yg dihidangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel