Iklan Responsive

Tips Mempersiapakan Komunikasi Untuk Pertemuan

TENTANG ILMU - Tips Mempersiapakan Komunikasi Untuk Pertemuan. Bagi orang yg belum terbiasa berbicara didepan umum, rasa grogi serta kurang percaya diri sering sebagai momok yg paling dibenci, (seperti penulis sndiri ha..ha..). Lain halnya buat orang yg telah terbiasa presentari dan berbicara didepan umum, mungkin rasa grogi itu sudah nir ada lagi.
Oleh karenanya apabila Anda mau melakukan sebuah rendezvous atupun mau presentasi hendaknya anda harus melakukan persiapan yang matang. Dibawah ini saya akan sedikit membuatkan pengalaman tentang persiapan rendezvous.
Persiapan-persiapan melakukan komunikasi pada pertemuan ini dapat dibagi pada dua persiapan, yaitu persiapan fisik dan persiapan pribadi. Persiapan-persiapan ini penting dilakukan agar memberikan makna komunikasi yang efektif dan maksimal .
1.  Persiapan Fisik
Yang dimaksud persiapan fisik adalah persiapan terhadap sarana-wahana fisik rendezvous. Apabila anda mengundang rendezvous, maka tentu saja anda harus mempersiapkan wahana fisik tersebut. Berikut adalah hal-hal yg perlu dipersiapkan tentang wahana fisik pendukung komunikasi di pertemuan.
Ruang Pertemuan
-  Pilih ruang yang bisa menampung jumlah peserta yang diperkirakan akan hadir
-  Pilih rung yg mempunyai peredaran udara nisbi baik, sebagai akibatnya nir menimbulkan
    kegerahan ketika pertemuan.
-  Pilih ruang yang relatif jelas.
Tata Letak Pertemuan
Hindari penataan ruang seperti di sekolahan, lantaran ini terkesan sangat formal. Usahan penataan loka duduk adalah yg bisa saling menatap satu sama lain seperti 1/2 bundar, atau yang lainnya.
Sarana Pendukung
Siapkan pengeras suara, papan tulis, proyektor serta layar monitor, dan peralatan lain bila memang alat-alat tersebut diharapkan. Tentu saja jenis peralatan yg dipakai yg berkaitan menggunakan materi yg akan disampaikan. Persiapan-persiapan ini akan sebagai lain jika Anda diundang ke loka lain pada mana banyak sekali wahana pendukung ini mungkin nir bisa disediakan. Jika memungkinkan, lakukan kontak menggunakan penyelenggara jauh sebelum rendezvous dilaksanakan sehingga Anda dapat memepersiapkan materi dan media sederhan yg bisa dipakai.

Silahkan baca jua  :  5 Prinsip Dasar Dalam Fasilitasi

2.  Persiapan Pribadi
Yang dmaksud adalah pertsiapan Anda sendiri pada forum rendezvous tadi yang akan memberikan penjelasan, juga membawakan materi.
Persiapan-persiapan langsung yg harus diperhatikan adalah sbagai berikut  :
  1. Pastikan secara fisik bahwa anda nir terlalu lelah buat mengikuti pertemuan tadi. Oleh karenannya beristirahatlah yg relatif, paling nir sehari sebelum rendezvous. Kondisi terlalu lelah sangat menghipnotis penampilan anda, perhatian pendengar, serta kemampuan mengingat atau berkretivitas dalam komunikasi
  2. Pastikan anda sudah menyiapkan materi yg akan disampaikan, baik materi buat anda sendiri atau mungkin materi yang perlu dibagikan ke peserta.
  3. Pastikan juga bahwa anda telah cukup menguasai materi. Kurangnya dominasi terhadap materi bisa menyebabkan kesan bahwa anda tidak berfokus, kigiatan dipercaya masih kira-kira, anda dipercaya nir profesional, atau mungkin peserta tidak sanggup menangkap maksud yang anda sampaikan.
Hal-hal yg perlu diperhatikan ketika berbicara pada forum pertemuan  :
  1. Berbicaralah menggunakan nir terlalu cepat, hening, menggunakan kekuuatan suara yg relatif, serta runtut. Berikan jeda uraian agar peserta mempunya kesempatan buat mengendapkan atau meresapkan apa yg diuraikan.
  2. Berikan perhatian serta kesempatan bertanya sebisa mungkin kepada seluruh peserta dan tunjukkan sifat yang respect.
  3. Jawablah setiap pertanyaan yg muncul berdasarkan peserta semampu anda. Jika ada hal yang sungguh anda nir sanggup menjawab, beritahukan bahwa abda akan menctat pertanyan itu  serta akan mencoba mencari jawabannya berdasarkan piha-pihak lain.
  4. Gunakan kosa-istilah atau rapikan bahasa sederhana, gampang dimengerti, tau memakai istilah-istilah lokal yang adalah sepadan dengan yg  anda maksud.
  5. Pahami forum menggunakan baik, berikan lelucon atau pertanyaan provokasi atau bahkan permainan buat menjaga perhatian peserta supaya tetap konsen terhadap materi yang anda bawakan.
  6. Jangan lupa diakhir pembicaraan anda, sampaikan ucapan terima kasih dan mohon maaf atas hal-hal yg tidak berkenan menurut pemaparan yg telah dilakukan.
hal-hal diatas sifatnya sangatlah sederhana, namun ternya sering kali nir diperhatikan, lantaran mempunyai dugaan bahwa hal itu akan mudah saja dilakukan, akan tetapi jika sudah didepan lembaga atau rendezvous apa yg sudah terdapat dikepala kita sketika hilang sehabis berhadapan dengan banyak orang.
Oleh karenanya pada akhirnya keberhasilan komunikasi nir hanya ditimbulkan oleh kemampuan si penerima pesan, tetapi dan mungkin yang utama merupakan kemampuan si penerima pesan, tetapi serta mungkin yg primer adalah kemampuan si pemberi pesan atau penyampai pesan itu sendiri buat mengukur, menilai, serta memahami dirinya sendiri. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel