Tahukah Anda Berapa Jumlah Pulau Di Indonesia

TENTANG ILMU.com. Tahukah Anda Berapa Jumlah Pulau Di Indonesia?. Seperti telah kita ketahui kalau Negara kita Indonesia adalah Negara kepulauan. Banyak sekali jumlah pulau yang beredar pada penjuru Nusantara ini, namun tahukah Anda berapa jumlah pulau yg sebenarnya ada pada Indonesia.
Seperti ditulis di situs Wikipedia Imdonesia, Tahun 1972, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memublikasikan sebanyak 6.127 nama pulau-pulau pada Indonesia. Selanjutnya dalam tahun 1987 Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI) menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 17.508, serta sebanyak lima.707 di antaranya telah memiliki nama, termasuk 337 nama pulau di sungai.
Tahukah Anda Berapa Jumlah Pulau Di Indonesia

Pada tahun 1992, Badan Koordinasi Survei serta Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), menerbitkan Gazetteer Nama-nama Pulau serta Kepulauan Indonesia yang mencatat sebanyak 6.489 pulau bernama, termasuk 374 nama pulau pada sungai.
Tahun 2002, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan),  berdasarkan hasil kajian gambaran satelit menyatakan bahwa jumlah pulau pada Indonesia adalah sebanyak 18.306 buah. Nah dalam tahun 2002 saja jumlah pulau yang diketahui sudah sedemikian poly. Sekarang pertanyaanya berapakah jumlah pulau di Indonesia sampai ketika ini?.
Seperti diberitakan dalam situs www.ugm.ac.id pada Kamis (10/4/2015) Data menyebutkan bahwa jumlah pulau yang semula berjumlah 17.508 saat ini berkurang 17.499 lantaran alasan politis, yuridis, dan alam. “Timnas PRN (Pembakuan Nama Rupabumi) melaksanakan survei serta menerima jumlah 13.466 yg sudah dibakukan dan terdapat tiga.000 sampai menggunakan 4.000 data yang belum diverifikasi,” .
Dikatakan juga pada situs tersebut bahwa survei terakhir yg dilakukan pemerintah terkait pendataan pulau-pulau terakhir dilakukan dalam tahun 2008 sampai 2010. Tetapi hingga hingga ketika ini belum dilakukan pendataan ulang. Meski disinyalir jmlah pulau semakin bekurang, meski nir ada lagi pulau yg akan diambil alih oleh negara tetangga misalnya masalah hilangnya Sipadan serta Ligitan.
Indonesia sebenarnya sangat kaya akan sumber daya alam yang poly masih ada di pulau-pulau yg terdapat, tetapi asal daya alam itu belum mampu dioalah dengan baik buat kesejahteraan warga Indonesia itu sendiri. Kalaupun diolah pasti poly melibatkan campur tangan pihak asing yg justru merugikan bangsa ini sendiri contohnya misalnya PT. Frerport.
Dengan begitu banyaknya pulau yg ada, sebenarnya Negara ini membutuhkan kekuatan maritim yang kuat, tetapi apalah daya kekuatan maritim Indonesia berdasarkan segi alutsista masih kalah berdasarkan negara-negara tetangga terdekat.
Mudah-mdahan kedepannya pemerintah dan Tentara Nasional Indonesia bisa menambah kekuatan alutsista yang ada, supaya TNI sanggup menjaga kedaulatan Negeri ini dan nir lagi disepelaan oleh negara-negara lai. Semoga bermanfaat.
Sumber : Wikipedia Indonesia dan www.ugm.ac.id