Iklan Responsive

Pupuk Organik Bokhasi Dan Manfaatnya Bagi Tanaman Padi

Ceritatani.com - Pupuk Organik Bokhasi Dan Manfaatnya Bagi Tanaman Padi. Pupuk Bokhasi adalah pupuk organik yang dibentuk dari campuran dedak (katul) dan tepung ikan yang difermentasi sang EM, atau Super Degra. Bokhasi mengandung gula, alk*h*l, asam amino, protein, karbohidrat, vitamin dan senyawa-senyawa organik yg lainnya.
Dari output berbagai penelitian, terlihat bahwa hadiah pupuk organik bokhasi pada tanaman padi, terbukti dapat meningkatkan produksi panen padi. Ekstrak bokhasi pula bisa dipakai buat mengendalikan serangan hama serta penyakit flora, terutama tanaman padi, lantaran adanya senyawa alk*h*l yang terkandung pada pupuk organik bokhasi.
Pupuk Organik Bokhasi Dan Manfaatnya Bagi Tanaman Padi

Manfaat Pupuk Organik Bhokasi Bagi Kesuburan Lahan Persawahan 

Kesuburan huma persawahan, semakin hari akan semakin berkurang, apalagi bila terlalu sering menggunakan pupuk kimia yg hiperbola. Untuk mengembalikan kesuburan huma persawahan tentu perlu dilakukan pemupukan secara organik menggunakan menaruh pupuk alami, hal ini mampu dilakukan menggunakan menaruh pupuk kompos, pupuk kandang serta juga pupuk organik bokhasi ini.
Ada 3 manfaat pupuk bokhasi ini bila digunakan buat huma persawahan, adapun ketiga manfaat tadi merupakan sebagai berikut  :
  • Meningkatkan kesuburan huma persawahan secara biologis  :  Seperti apa yg sudah dijelaskan diatas, penggunaan pupuk kimia dengan jangka saat yg lama dan hiperbola tentu akan mengakibatkan kesuburan tanah semakin berkurang. Dengan menaruh pupuk bokhasi pada huma pesawahan itu akan sangat bermanfaat buat mengembalikan kesuburan huma persawahan secara biologis/alami.
  • Meningkatkan pertumbuhan serta produksi padi  :  Dengan kesuburan tanah yg cantik, tentu tingkat pertumbuhan tanamanpun akan semakin bagus, begitu jua dengan produksinya. 
  • Menurunkan agresi hama dan penyakit  :  Kandungan senyawa alk*h*l yg ada didalam pupuk organik bokhasi pula memiliki manfaat buat mengendalikan hama tumbuhan.
Cara Membuat Pupuk Organik Bokhasi

Cara menciptakan pupuk bokhasi sangat mudah dilakukan dan bahan-bahannyapun sangat gampang buat didapat. Berikut ini cara membuat pupuk organik bokhasi dan jua bahan-bahan yg perlu dipersiapkan.
Bahan-bahan
  • Dedak ( katul )
  • Tepung Ikan.
  • EM.
  • Molase ( Tetes gula tebu )
  • Air.
Cara membuatnya
  • 90 kg dedak halus lalu dicampur menggunakan 10 kg tepng ikan asin secara merata. Kemudian berikan larutan air + molase (tetes gula tebu) + EM, dengan perbandingan 1 liter air : 50 mililiter molase : 10 mililiter EM.
  • Aduk adonan secara merata sampai kandungan air adonan mencapai 50 %.
  • Selanjutnya adonan tadi dibungkus dengan kantong plastik yg ditutup kedap selama 4-7 hari.
  • Setelah 4-7 hari adonan dedak serta tepung ikan itu telah terfermentasi sebagai produk baru yg kemudian dikenal dengan nama BOKHASI.
  • Catatan penting  :  Pada waktu pembuatan bokhasi akan mengundang lalat buat bertelur. Tutuplah dengan plastik yg rapa. Setelah terbentuk bokhasi langsung dipakai (sekali pakai) jangan disimpan lama .
Cara pemakaiannya  :  Pupuk bokhasi disebarkan dalam permukaan tanah dalam saat 1 hari sebelum tanam, dengan dosis 200 kg/ha.
Demikian mengenai pupuk organik bokhasi serta manfaatnya bagi kesuburan lahan, terutama buat huma persawahan tanaman padi. Semoga berguna. Salam Tani.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel