Iklan Responsive

Prinsip Komunikasi Efektif REACH

Komunikasi adalah hal yang sangat krusial pada kehidupansehari -hari. Komunikasi berperan sangat besar dalam pola interaksi antarmanusia dalam berbagai aspek, termasuk pada aspek kerja atau pun aspek usaha.

Bagi seseorang sekretaris atau pun seorang public relationyang sehari -harinya herbi orang lain, maka komunikasi ini punjadi hal yg semakin penting buat diperhatikan. Artinya, diperlukan suatukecapakan tersendiri pada hal berkomunikasi.


Meski kita sudah terbiasa buat melakukan komunikasi sedarikecil, tapi belum tentu kita mampu sahih -sahih mahir dalam melakukan komunikasidengan efektif. Padahal, melakukan komunikasi yang efektif ini sangat pentinguntuk menentukan sempurna tidaknya komunikasi yg dilakukan.

Dengan melakukan komuniksai yg sempurna dan mendalam, makamakna yg disampaikan pada komunikasi jua mampu tersampaikan menggunakan baik danefektif. Untuk melakukan komunikasi efektif, terdapat prinsip dasar yang perludiperhatikan.

Prinsip dasar komunikasi yang sanggup dipakai contohnya adalahprinsip REACH atau Respect, Empathy, Audible, Clarity, Humble. Denganmelakukan prinsip komunikasi efektif REACH ini, maka kita dapat mencapaiperhatian, minat, kepedulian, citna kasih, simpati, tanggapan maupun responyang positif.

Melakukan prinsip komunikasi efektif ini akan semakinpenting bagi mereka yg pekerjaannya poly berhubungan dengan orang lain,seperti sekretaris, resepsionis, humas, dan lainnya. Untuk itu, krusial bagimereka memahami prinsip komunikasi efektif misalnya REACH berikut ini.

#1 Respect - Menghargai

Dalam melakukan komunikasi menggunakan orang lain, rasa hormatdan saling menghargai merupakan prinsip yg utama. Kita harus selalu ingat bahwapada prinsipnya, setiap manusia ingin buat dihargai dan dipercaya penting.karenanya, semisal kita wajib menegur atau memarahi seorang, hendaknyadilakukan denan penuh respek terhadap harga diri serta kebanggaan orang tersebut.

Komunikasi yg dibangun menggunakan rasa dan perilaku salingmenghargai serta menghormati akan dapat membangun kerjasama yang menghasilkansinergi baik. Artinya, ini pula dapat meningkatkan efektifivitas kinerja, baiksebagai individu juga secara keseluruhan dalam sebuah tim.

#2 Empathy - Empati

Empati adalah suatu kemampuan seseorang dalam menempatkandiri dalam situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain. Untuk bisamemiliki perilaku empati, maka kondisi utamanya adalah kita wajib mampumendengarkan atau mengerti terlebih dahulu, sebelum kita meminta untukdidengarkanatau dimengerti oleh orang lain.

Menurut Covey, kemampuan buat mendengarkan adalah satu dari7 norma manusia yg sangat efektif, yg disebutnya menjadi suatu bentukkomunikasi empatik. Dengan upaya mendengarkan orang lain serta memahaminyaterlebih dahulu, maka kita bisa membentuk ketebukaan dan kepercayaan yangdibutuhkan dalam menciptakan kerjasama atau sinergi menggunakan orang lain.

#3 Audible - Dapat dipahami

Maksud dari audible ini adlaah dapat didengarkan ataudimengerti dengan baik. Pada konsep ikut merasakan, kita yang wajib terlebih dahulumemahami, mendengar atau pun mendapat umpan balik menggunakan baik. Sementara pada audibleini bisa dibilang kebalikannya. Yakni, apakah pesan yg kita sampaikan padapenerima pesan dapat diterima dengan baik.

Pesan yg kita sampaikan wajib melalui media sedemikianrupa sehingga penerima pesan mampu menerimanya dengan baik. Prinsip ini mengacupada kemampuan buat memakai aneka macam media juga perlengkapan atau alatbantu audio visual yang terdapat buat membantu supaya pesan yang disampaikan dapatditerima dengan baik.

#4 Clarity - Jelas

Kejelasan berdasarkan pesan yang disampaikan merupakan prinsip keempatyang pula harus diperhatikan. Pesan yang disampaikan secara jelas dapatmenghindari adanya multi interpretasi atau banyak sekali penafsiran yg berlainan darisuatu pesan eksklusif. Sebab, terjadinya kesalahan penafsiran atau pesan yangdapat menimbulkan aneka macam penafsiran bisa mengakibatkan imbas yg negatif.

Clarity ini jug adapt diartikan menjadi sikapketerbukaan serta transparansi. Di dalam komunikasi, kita perlu untukmengembangkan sikap terbuka atau tidak terdapat yang ditutupi atau disembunyikan.dengan begitu, bisa muncul rasa percaya atau trust dari pihak penerimapesan.

Tanpa adanya kterbukaan, maka dapat muncul sikap saling curigayang pada gilirannya menciptakan semangat dan antusiasme dari gerombolan atau timjadi menurun.

#lima Humble - Rendah Hati


Sikap rendah hati ini merupakan unsur yg terkait erat denganupaya buat menciptakan rasa menghargai orang lain. Artinya, dengan adanyakerendahan hati ini kita juga sekaligus berusaha buat tahu bagaimana caramenghargai ornag lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel