Iklan Responsive

Pinjaman dengan Konsep Standby Loan

Dalam urusan pinjam meminjam, dikenal aneka istilah yg terkait dengan proses maupun konsep pinjam meminjam tersebut. Pinjam meminjam pada dunia usaha serta ekonomi memang hampir tak pernah absen. Kebutuhan akan kapital juga dana tambahan adalah hal utama untuk sanggup bersaing pada pengembangan usaha serta perekonomian.

Salah satu konsep menarik pada interaksi pinjam meminjam ini adalah konsep standby loan. Stand by loan ini adalah sebuah konsep komitmen pada hubungan pinjam meminjam yg berdasarkan pada kondisi tertentu. 


Pengertian Standby Loan

Pengertian standby loan adalah sebuah komitmen pinjaman yg diberikan dengan suatu mekanisme tertentu, di mana pihak pemberi pinjaman mengharuskan adanya komitmen tertulis terhadap peminjaman sejumlah dana pada kondisi tertentu di kemudian hari.

Maksudnya, ketika terjadi proses pinjam meminjam ini, juga diadakan sebuah konvensi beserta terkait fasilitas pinjaman, pada mana pinjaman ini nir bisa dipakai kecuali bila terjadi sesuatu yang dipersyaratkan, dan pihak peminjam bisa membatalkannya.
Standby loan biasa dipakai buat memastikan ketersediaan dana cadangan yang dapat digunakan bila terjadi suatu musibah, atau hal yg tidak diinginkan. Pinjaman ini jua dapat diartikan sebagai sebuah dana premi yang akan tersedia waktu proyek terselesaikan dilaksanakan serta ini menjadi pendorong adanya tambahan pemasukan.

Sederhananya, pinjaman ini bersifat siaga buat menghadapi suatu perkembangan kondisi keuangan. Dalam konsep interaksi internasional, standby loan ini pula acapkali dipakai sang negara -negara berkembang. Di mana negara berkembang mendapatkan standby loan dari pihak lembaga keunangan internasional berupa dana yg bersifat siaga untuk menghadapi perkembangan keuangan.

Dalam konsep ini, standby loan selain berfungsi menjadi penyangga terhadap cadangan devisa, pinjaman ini pada gilirannya jua akan berguna buat mengamankan neraca pembayaran, serta sebagai pinjaman siaga yg jua dapat digunakan sebagai dana pendamping kredit ekspor.

Kendatipun standby loan ini umumnya tidak digunakan, tapi saat pihak peminjam mendapatkannya, beliau tetap diharuskan buat membayar commitment fee, atau homogen bunga, yang besarnya tergantung pula dalam konvensi.

Standby loan ini juga seringkali disebut menjadi special purpose credit atau standby commitment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel