Iklan Responsive

Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

Klasifikasi flora bisa dilakukandengan banyak sekali macam dasar yang membedakan. Jenis -jenis tanaman yang dikenalini pun sanggup bermacam -macam. Salah satu bentuk pembagian jenis tanaman yangdikenal merupakan flora dikotil serta monokotil.

Masing -masing flora dikotil danmonokotil ini memiliki ciri khasnya sendiri yang membedakan keduanya. Perbedaan flora dikotil dan monokotil ini bisa dicermati menurut perbedaan karakteristik fisik yangterdapat pada keduanya.


Apa dasar pembeda tumbuhan monokotil dandikotil?

Dasar pembeda menurut tumbuhan monokotildan dikotil terletak dalam jumlah bijinya. Tumbuhan monokotil merupakan tanamanberbiji satu atau bila pada bahasa latin disebut monocotyledonae. Untukmengingatnya secara sederhana, jangan lupa saja bahwa “mono” adalah “satu”, sehinggamonokotil adalah tanaman berbiji atau berkeping satu.

Sedangkan tanaman dikotil adalahtumbuhan berbiji ganda. Jika pada bahasa latin, diklaim sebagai dicotyledonae.cara sederhana buat mengingatnya merupakan menggunakan megetahui bahwa dalam bahasalatin, istilah “di” berarti 2. Jadi, tumbuhan dikotil adalah tumbuhan berbijidua atau ganda atau berkeping dua.

Tumbuhan dikotil umumnya ditemukan padatanaman menggunakan subdivisi angiospermae, karena jenis tumbuhan ini mempunyaibentuk bunga yg sebenarnya.

Perbedaan akar tumbuhan monokotil dandikotil

Perbedaan tumbuhan monokotil serta dikotildapat jua dilihat kentara menurut karakteristik fisiknya, yakni dalam bentuk akar. Akar padatumbuhan monokotil memiliki sistem serabut akar, sedangkan akar flora dikotilmempunyai akar tunggang.

Selain itu, pada akar flora monokotilterdapat kalipatra atau tudung akar. Sementara buat flora dikotil nir ditemukanadanya kaliptrogen yang membentuk tudung akar ini.

Simak juga: Ciri Ciri Jamur

Perbedaan pola tulang daun tumbuhanmonokotil serta dikotil

Jika dipandang berdasarkan pola tulang daunnya,maka dalam tanaman monokotil, tulang daun nampak jelas berbentuk melengkungatau mampu juga dikatakan sejajar. Untuk pola daun pada tanaman dikotil bentuknyalebih seperti menjari atau menyirip.

Perbedaan jumlah keping biji tumbuhanmonokotil dan dikotil

Jumlah kotiledon atau keping biji daritumbuhan monokotil serta dikotil juga berbeda. Pada flora monokotil kepingbiji berjumlah satu buah, dan pada tumbuhan dikotil jumlah keping biji yangdimiliki terdapat 2 butir.

Perbedaan jumlah kelopak bunga tumbuhanmonokotil serta dikotil

Jumlah kelopak bunga tumbuhan monokotildan dikotil juga berbeda serta ini menjadi ciri spesial tersendiri. Pada tumbuhan monokotil,biasanya memiliki jumlah kelopak bunga menggunakan kelipatan tiga. Seperti tiga,enam, sembilan serta seterusnya.

Sementara pada tumbuhan dikotil, kelopakbunga yang dimiliki memiliki jumlah kelipatan empat hingga 5.

Perbedaan batang tumbuhan monokotil dandikotil

Pada tumbuhan monokotil, masih ada batanglembaga atau koleoptil. Batang lembaga ini nir ditemukan dalam dikotil. Selainitu, pertumbuhan batang serta secara holistik dari tanaman monokotil tidakdapat berkembang membesar. Sedangkan buat tanaman dikotil, batang serta ukurankeseluruhan tanamannya mampu berkembang sampai mengembang.

Perbedaan lain, dalam tumbuhan monokotiltidak memiliki kambium, baik kambium dalam akar juga pada daunnya. Sedangkanuntuk flora dikotil, ditemukan adanya kambium.

Contoh flora monokotil

Setelah mengentai karakteristik -ciri daritumbuhan monokotil serta pula karakteristik ciri tanaman dikotil, bisakah engkau memberikancontoh tumbuhan monokotil mapun dikotil ini? Ada poly contoh tanamanmonokotil yg biasa kita temui. Salah satunya merupakan tanamna jagung. Selainitu, ada pula tanaman padi, tebu, rumput, dan lainnya.

Bila diamati, sistematika yg dimilikitanaman jagung memang memperlihatkan ciri khas spesifik menurut flora monokotil.selain itu, ditinjau dari kingdomnya, tanaman jagung berada pada kingdomplantae, termasuk division spermatophta atau berbiji, dengan sub divisionberbiji tertutup, hanya berkeping satu, dan ordo rumput-rumputan. Selain itu,tumbuhan jagung pula termasuk familia graminacae, dengan genus nya merupakan zea.

Contoh tumbuhan dikotil
Contoh tumbuhan dikotil juga sangatbanyak ditemukan. Misalnya ada tanaman salak, ketela, mangga, belimbing, danlainnya. Mari kita lihat lebih jauh mengenai sistematika pada salah satu contohtanaman dikotil, yakni mangga.

Sistematika pada tanaman mangga terdiridari akar tunggang serta bercabang. Selain itu, cabang -cabang dalam akar pohonnyatumbuh kecil, dengan adanya bulu halus yang menyelimuti sebagian akarnya. Ukuranakar pohon mangga sanggup sangat panjang hingga mencapai lebih kurang enam meter.

Pada batang pohon mangganya masih ada kandunganzat kayu. Karena masih ada zat kayu atau kambium inilah, maka btg pohonmangga bisa tumbuh secara tegak serta membesar. Tumbuhan mangga berasal daribiji, dan batangnya pendek dengan cabang -cabang yang membentang.

Perbedaan flora monokotil serta dikotilini selain disa diketahui berdasarkan ciri fisiknya, bisa juga ditinjau langsung padaproses terjadinya. Untuk lebih memahami perbedaan ini dengan lebih gampang, dapatdilihat berdasarkan tabel perbedaan tumbuhan dikotil serta monokotil berikut ini.


No
Tumbuhan Monokotil
Tumbuhan Dikotil
1.
Biji berkeping satu
Biji berkeping dua.
2.
Letak pembuluh angkut menyebar.
Letak pembuluh angkutnya teratur.
3.
Batang nir bercabang-cabang atau lurus.
Batang biasanya bercabang-cabang.
4.
Tidak mempunyai kambium atau zat kayu.
Mempunyai kambium atau zat kayu.
5.
Bagian-bagian bunga, atau mahkota bunga berjumlah 2, 4, lima atau kelipatannya.
Bagian-bagian bunga memiliki jumlah 3 atau kelipatan 3.
6.
Akarnya berupa serabut
Akarnya berupa tunggang.
7.
Mengalami pertumbuhan primer saja.
Mengalami pertumbuhan primer dan sekunder.
8.
Tulang daun sejajar, atau melengkung.
Tulang daun menjari, atau menyirip

Demikian pemaparan tentang Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel