Iklan Responsive

Peranan Manusia Dalam Mengelola Lingkungan

TENTANG ILMU - Peranan Manusia Dalam Mengelola Lingkungan. Manusia mempunyai efek besar dalam pembentukan okosistem dan perusakan ekosistem. Pengaruh manusia pada pembentukan ekosistem, misalnya persawahan dan danau buatan. Pengaruh manusia pada perusakan ekosistem contohnya, penebangan hutan dan pencemaran lingkungan.
Deskripsi Peran Manusia Dalam Pengelolaan Lingkungan
Manusia mempunyai sifat ingin selalu meningkatkan kesejahteraannya dengan banyak sekali cara, misalnya mendirikan pabrik-pabrik yg memasak hasil alam menjadi bahan pangan dan juga pakaian. Sedangkan pembuangan limbah pabrik berupa asap dan limbah cair dapat menggangu kehidupan mahkluk hidup. Zat yang menggangu kelangsungan mahkluk hayati dianggap zat pencemar atau polutan.
Peranan Manusia Dalam Mengelola Lingkungan

Pencemaran lingkungan meliputi pencemaran air, udara, dan tanah. Perubahan ekosistem dampak tindakan manusia selalu menimbulkan perubahan lingkungan ke arah perusakan alam. Perusakan alam oleh ulah insan pada waktu ini merupakan masalah primer. Dan perkara-kasus itu memerlukan sebuah pemecahan yg berfokus.
Peristiwa masuknya bahan-bahan beracun ke pada suatu lingkungan, sebagai akibatnya lingkungan tadi akan rusak diklaim pula menggunakan pencemaran atau polusi.
Pengaruh Penebangan Hutan Terhadap Kerusakan Lingkungan
Penebangan hutan yang terlalu berlebihan dan hutan tidak ditanami lagi pasti akan berdampak pada kerusakan lingkungan secara berkelanjutan, karena dalam dasarnya hutan mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Sebagai pelindung tanah (pencegah erosi)
2. Habitat mahkluk hayati.
3. Persediaan Air.
4. Sarana rekreasi.
5. Cadangan O2 dan pengendali iklim.
Adapun jenis-jenis hutan dari manfaatnya terdiri atas 3 macam, yaitu menjadi berikut :
1. Hutang lindung, yaitu hutan yang berfungsi menjadi suaka alam bagi penghuninya.
2. Menahan tanah dan mencegah banjir.
3. Hutan produksi, merupakan hutan yg berfungsi buat budidaya. Hutan jenis ini merupakan hutan buatan seperti hutan karet, hutan pinus, serta hutan jati.
Kerusakan hutan bisa ditimbulkan sang faktor alam dan faktor protesis. Faktor alam misalnya, gunung meletus, tanah longsor serta pula gempa. Kerusakan buatan dari menurut manusia serta bisa mengakibatkan beberapa imbas menjadi berikut  :
1. Punahnya tempat asli menurut banyak sekali jenis hewan, dan tanaman .
2. Menurunnya kesuburan tanah, terjadinya erosi, menurunnya persediaan air tanah serta naiknya suhu bumi.
Kelangsungan kehidupan pada bumi baik itu tanaman juga fauna memang menjadi tanggungjawab insan yg terdapat di bumi ini, supaya seluruh ekosistem yang ada permanen berfungsi misalnya sediakala. Banyak peristiwa yg sebenarnya sanggup kita untuk berkaca, banyak bala baik itu longsor dan juga banjir, terkadang seluruh itu jua diakibatkan lantaran ulah manusia itu sendiri yg kurang memperhatikan lingkungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel