Iklan Responsive

PENGERTIAN TABEL PERIODIK DAN MANFAATNYA

Tutorial-informasi.net - Dalam pelajaran kimia niscaya kita seringkali bergelut dengan unsur-unsur kimia. Biasanya unsur-unsur kimia tadi disajikan dalam bentuk tabel. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas:
  • Pengertian tabel periodik
  • Perbedaan periode dan golongan
  • Manfaat tabel periodik

Pengertian tabel periodik ?

Tabel periodik adalah tabel yg menampilkan unsur-unsur kimia yg pada awalnya diatur pada urutan berat atom, namun sekarang sesuai dengan nomor atom. Tabel periodik memiliki baris (kiri ke kanan) dan kolom (atas serta bawah). Tiap-tiap baris memiliki karakteristik tersendiri. Misalnya, berilium (Be) dan magnesium (Mg) ditemukan dalam kolom 2 serta menyebarkan kesamaan tertentu sementara kalium (K) serta kalsium (Ca) berdasarkan baris keempat memiliki karakteristik yg tidak sama berdasarkan baris kedua.
Tabel periodik disusun dalam urutan meningkatnya nomor atom. Unsur-unsur kimia menggunakan sifat yang serupa (karakteristik) disusun dalam kolom yang sama (diklaim golongan), serta unsur-unsur dengan jumlah yang sama berdasarkan kulit elektron disusun pada baris yg sama (dianggap periode).

Perbedaan Periode dan Golongan

Periode adalah:
  • Merupakan  lajur horizontal pada tabel periodik.
  • Terdiri 7 periode. Masing-masing periode menyatakan jumlah/banyaknya kulit atom unsur-unsur yg menempati periode-periode tersebut.

Golongan merupakan :
  • Sistem periodik terdiri atas 18 kolom vertikal yg terbagi sebagai 8 golongan primer (golongan A) dan 8 golongan transisi (golongan B).
  • Unsur-unsur yg memiliki elektron valensi sama ditempatkan dalam golongan yang sama.
Unsur-unsur golongan A memiliki nama lain yaitu :
Golongan Nama lain Golongan IA Golongan Alkali Golongan IIA Golongan Alkali Tanah Golongan IIIA Golongan Boron Golongan IVA Golongan Karbon Golongan VA Golongan Nitrogen Golongan VIA Golongan Oksigen Golongan VIIA Golongan Halida/Halogen Golongan VIIIA Golongan Gas Mulia

Manfaat tabel periodik 

Berikut ini adalaah manfaat kenapa unsur-unsur kimia tadi dibentuk pada sistem tabel periodik:
No. Manfaat 1. Tabel tadi menerangkan mengapa unsur-unsur kimia berada pada golongan yang memiliki karakteristik yang sama. Tabel tersebut juga menerangkan bagaimana dan mengapa sifat-sifat unsur kimia berbeda pada periode yang sama.dua. Memprediksi harga bilangan oksidasi dari nomor golongan suatu unsur, baik unsur utama juga unsur transisi, menyatakan sapta oksidasi tertinggi yang dapat dicapai sang unsur tadi. Hal ini berlaku bagi unsur logam dan unsur non logam.3. Mencari bilangan oksidasi terendah yg bisa dicapai oleh suatu unsur bukan logam adalah angka golongan dikurangi delapan. Adapun sapta oksidasi terendah bagi unsur logam merupakan nol. Hal ini disebabkan karena unsur logam tidak mungkin mempunyai sapta oksidasi negatif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel