Iklan Responsive

Pengertian Peradaban Maritim Kemaritiman

Peradaban
istilah“peradaban” dalam bahasa Inggris disebut civilization. Istilah peradabanini acapkali digunakan buat memperlihatkan pendapat serta penilaian kita terhadapperkembangan kebudayaan. Pada waktu perkembangan kebudayaan mencapai puncaknyayang berwujud unsur-unsur budaya yang halus, indah, tinggi, sopan, luhur, dansebagainya, maka warga pemilik kebudayaan tadi dikatakan telahmemiliki peradaban yang tinggi.
Dengan batasan-batasan pengertian di atas, maka istilah peradaban seringdipakai untuk output-output kebudayaan seperti kesenian, ilmu pengetahuan danteknologi, adat sopan santun serta pergaulan. Selain itu juga kepandaianmenulis, organisasi bernegara serta masyarakat kota yg maju dankompleks.  Ini mengingat tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa sangatdipengaruhi sang faktor pendidikan, kemajuan serta ilmu pengetahuan.
Pengertian yang lain menjelaskan bahwa peradaban adalah perpaduan seluruhhasil budi daya insan, yang meliputi seluruh aspek kehidupan insan, baikfisik (contohnya bangunan, jalan), juga non-fisik (nilai-nilai, tatanan, senibudaya, juga iptek).
Huntington memberi definisi bahwa peradaban merupakan sebuah entitas terluasdari budaya, yg teridentifikasi melalui unsur-unsur obyektif generik, sepertibahasa, sejarah, agama, kebiasaan, institusi, maupun melalui identifikasi diriyang subyektif. Berangkat menurut definisi ini, maka masyarakat Amerika–khususnya Amerika Serikat– serta Eropa yg sejauh ini disatukan sang bahasa,budaya serta kepercayaan dapat diklasifikasikan menjadi satu peradaban, yakni peradabanBarat.
Lebih lanjut Huntington menyatakan bahwa term “Barat”, secarauniversal, digunakan untuk menunjuk pada apa yang diklaim global Kristen Barat.dengan demikian, “Barat” merupakan sebuah peradaban yg dicermati menjadi“penunjuk arah” dan tidak diidentikkan menggunakan nama orang-orang tertentu, agama,atau wilayah geografis. Akan tetapi pengidentifikasian ini mengangkat peradabandari historisitas, daerah geografis, dan konteks kulturalnya. Secara historis,peradaban Barat merupakan peradaban Eropa, namun pada era terkini ini yg dimaksuddengan peradaban Barat merupakan peradaban Eroamerika (Euroamerican) atauAtlantik Utara.

Maritim
Dewasaini banyak muncul perdebatan di antara pengamat dan pakar maritim mengenaiistilah mana yang sempurna kita gunakan, kelautan atau maritim. Ini karena ketidakjelasan tentang apa yg dimaksudkan menggunakan kedua konsep itu. Ada yangmengartikan archipelago menjadi kelautan, bahkan dominasi laut.
Mungkinkarena melihat bahwa kata archipelago dari berdasarkan bahasa Yunani yaitu – arkhi- yang diartikan menjadi penguasaan (padahal, Wikipedia mengartikan arkhisebagai "chief" atau ketua) dan pélagos "sea” atau laut.wikipedia lebih lanjut mengartikan bahwa archipelago yg kadang-kadang disebutgugusan kepulauan adalah rangkaian pulau atau klaster kepulauan.
Adajuga ahli yang mengartikan kelautan menjadi penguasaan bahari atau kemampuanuntuk memanfaatkan laut bagi pembangunan nasional. Namun, terdapat pula yangmengatakan bahwa istilah maritimlah yang mewakili geopolitik dan geostrategikelautan. Mana yg sahih?
Masalahnyamenjadi bertambah kompleks karena seringkali kali kita menggunakan konsep yangtidak sempurna buat hal yg dimaksud. Malah, terdapat kalanya kita memakai konsepyang tidak sama buat menyebutkan hal yg sama. Contohnya, istilah Dewan MaritimIndonesia yang berganti nama menjadi Dewan Kelautan Indonesia. Sejarahnya,pada rangka keterpaduan perumusan kebijakan kelautan telah dibentuk DewanMaritim Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 161 Tahun 1999. Dalam perjalanannya,Dewan Maritim Indonesia telah berubah nama sebagai Dewan KelautanIndonesia.   
Tentang-soal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel