Pengertian Media pembelajaran Dalam Proses Belajar

Pengertian Media pembelajaran Dalam Proses Belajar

       Media berasal menurut bahasa latin serta merupakan bentukjamak dari kata “Madium”, secaraharfiah yang berarti mediator atau pengantar. Dengan demikian media adalah wahanapenyalur kabar atau penyalur pesan (Trastati & Irawan, 2001).
     Beberapa pendapat para ahli tentangpengertian media yaitu menjadi berikut:
1.menurutBriggs (1977) media pembelajaranadalah wahana fisik buat mengungkapkan isi atau materi pembelajaran seperti:buku, film, video dan sebagainya.
2.menurut NationalEducation Associaton (1969) membicarakan bahwa media pembelajaranadalah sarana komunikasi pada bentuk cetak maupunpandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
3.gagne (1987)memakai kata media instruksional buat mengambarkan aneka macam macamkomponen lingkungan, belajar yang bisa mengakibatkan perangsang untukpembelajar.
4.hamalik(1994) mengemukakan bahwa yang pada maksud dengan media pendidikan adalah indera,metode dan tehnik yg pada pakai pada rangka lebih mengefektipkan komunikasidan hubungan antara pengajar dan pembelajar dalam proses pendidikan ddalam prosespendidikan serta pengajaran di sekolah.
5.menurut EdgarDale, pada dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran tak jarang memakai prinsip KerucutPengalaman, yg membutuhkan media seperti kitab . Jika program media itudidesain dan dikembangkan secara baik, maka fungsi itu akan bisa diperankanoleh media meskipun tanpa eksistensi pengajar.
6.mediaadalah suatu alat yg dipakai menjadi saluran (chennel) untukmenyampaikan pesan (message) atau liputan menurut suatu asal (resource)kepad penerimanya (reciver) (Soeparno, 1988:1).
7.mediaadalah semua bentuk mediator yang digunakan orang penyebar pandangan baru, sebagai akibatnya ideatau gagasan itu sampai pada penerima (Santoso S. Hamijoyo).
8.mediamerupakan segala bentuk yg digunakan untuk proses penyaluran liputan AECT).
9.mediaadalah segala benda yg dimanipulasi, ditinjau, didengar, dibaca, ataudibicarakan beserta instrumen yg dipakai untuk aktivitas tadi (NEA).
10.media merupakan segala indera fisik yang dapatmenyajikan pesan yg merangsang yg sinkron buat belajar (Brigg).
11.media adalah segala sesuatu yang dapatdiindra yg berfungsi sebagai perantara, sarana, indera buat proses komunikasibelajar mengajar (Rohani, 1997: dua-3).

Dari pendapat pada atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yangdapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran,  Tentang-soal.