Iklan Responsive

Pengertian Masyarakat Peisir Kemaritiman

Masyarakat Pesisir
1.Pengertian Masyarakat
MenurutPETER L. BERGER, rakyat merupakan suatu keseluruhan kompleks hubunganmanusia yg luas sifatnya. Keseluruhan yang kompleks sendiri berarti bahwakeseluruhan itu terdiri atas bagian-bagian yang menciptakan suatu kesatuan.
MenurutHAROLD J. LASKI Masyarakat adalah suatu gerombolan manusia yg hidupdan bekerjasama buat mencapai terkabulnya impian-impian mereka bersama.
Jadi dapatdi simpulkan bahwa Masyarakat adalah sekelompok manusia yang salingberinteraksi dan bekerjasama dan memiliki nilai-nilai serta agama yangkuat untuk mencapai tujuan dalam hidupnya.
2.Pengertian Pesisir
Menurut(Soegiarto, 1976; Dahuri et al, 2001),Pesisir merupakandaerah pertemuan antara darat serta laut. Ke arah darat meliputi bagian daratan,baik kemarau maupun terendam air, yg masih ditentukan sifat-sifat lautseperti pasang surut, angin laut, serta perembesan air asin. Sedangkan ke arahlaut mencakup bagian laut yang masih ditentukan sang proses-proses alami yangterjadi pada darat misalnya sedimentasi serta genre air tawar, juga yangdisebabkan sang aktivitas insan pada darat seperti penggundulan hutan danpencemaran
Masyarakatpesisir adalah sekumpulan warga yg hidup bersama-sama mendiami wilayahpesisir membangun dan memiliki kebudayaan yg spesial yang terkait denganketergantungannya pada pemanfaatan sumber daya pesisir.
Secarateoritis, rakyat pesisir didefinisikan menjadi warga yang tinggal danmelakukan aktifitas sosial ekonomi yg terkait dengan sumberdaya wilayahpesisir dan samudera . Dengan demikian, secara sempit masyarakat pesisir memilikiketergantungan yang relatif tinggi menggunakan potensi serta kondisi sumberdaya pesisirdan lautan. Namun demikian, secara luas rakyat pesisir dapat puladidefinisikan menjadi rakyat yang tinggal secara spasial pada wilayah pesisirtanpa mempertimbangkan apakah mereka mempunyai aktifitas sosial ekonomi yangterkait dengan potensi dan syarat sumberdaya pesisir serta samudera .
3.KarakteristikMasyarakat Pesisir

a.penduduk danMata Pencaharian

Masyarakatpesisir pada umumnya sebagian besar penduduknya bermata pencaharian pada sektorpemanfaatan sumberdaya kelautan (marine resource based). Tetapi,penduduk pada Desa Margacinta Kecamatan Cijulang pada tahun2019 berpenduduk ±3.168 jiwa, kurang lebih 50 % adalah nelayan sedangkan sisanya terdiri daripedagang serta petani.
b.polapemukiman serta kehidupan Sehari-hari
Berdasarkankondisi fisiknya, tempat tinggal di pesisir dibagi dalam 3 kategori.

ü Rumah permanen (memenuhi syarat kesehatan)
ü Rumah semi tetap (cukup memenuhi kondisi kesehatan)
ü Rumah non tetap (kurang atau nir memenuhi kondisi kesehatan)
ü Sistem Kekerabatan Tentang-soal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel