Iklan Responsive

Pengertian Kelangkaan dan Faktor Penyebab Kelangkaan

Setiap insan yang hayati pasti memiliki kebutuhan buat dipenuhi. Kebutuhan hidup manusia ini pun mampu beragam macamnya serta jumlahnya. Meski masing –masing orang mempunyai kebutuhan hayati yg berbeda, akan tetapi setiap orang tentu berusaha buat dapat memenuhi kebutuhan tersebut menggunakan aneka macam bisnis.

Namun, ada kalanya manusia tidak sanggup memenuhi kebutuhan hidupnya ini dengan baik. Penyebabnya pun mampu bermacam –macam.  Bisa karena sumber daya ekonomi yang memang terbatas, atau lantaran karena lain. Jika dicermati berdasarkan perspektif ilmu ekonomi, syarat nir terpenuhinya kebutuhan hayati insan inilah yang diklaim menjadi kelangkaan.


Pengertian Kelangkaan

Tidak misalnya pengertian kelangkaan secara generik, di pada ilmu ekonomi, kelangkaan nir selalu berarti bahwa segala sesuatu yang dipakai buat memenuhi kebutuhan hidup sulit buat diperoleh. 

Pengertian kelangkaan (scarcity) dalam ilmu ekonomi ini diartikan menjadi bentuk kesenjangan antara sumber daya ekonomi yang terbatas dengan jumlah kebutuhan hidup manusia yang tidak terbatas. 

Timbulnya kelangkaan umumnya lantaran kebutuhan manusia yg terus bertambah. Akibatnya, asal daya yg terdapat tidak lagi relatif buat bisa memenuhi kebutuhannya. 

Dalam keadaan seperti ini, insan dalam umumnya akan terdorong buat melakukan pilihan pada antara aneka macam cara lain yang dipercaya paling menguntungkan baginya. Kelangkaan ini memang jadi suatu hal yg harus dihadapi oleh setiap insan. Sebab, kelangkaan hampir niscaya mampu ditemukan pada banyak sekali aspek kehidupan.

Karenaya, telah selayaknya apabila insan sanggup bersikap bijak serta rasional pada mengalokasikan sumber daya ekonomi sehingga kasus kelangkaan ini bisa diatasi atau dihadapi menggunakan jalan yang terbaik.

Faktor Penyebab Kelangkaan

Masalah kelangkaan sepertinya memang menjadi masalah yg tidak sanggup dihindari di pada rakyat. Seringkali, ada asal daya yang mengalami kelangkaan sehingga menyebabkan beragam masalah. Lantas, apa kiranya yang sebagai faktor penyebab kelangkaan yang ada pada kehidupan warga ini? 

Kelangkaan sumber daya ini pada dasarnya bisa dialami oleh setiap orang, bangsa dan negara. Meski kondisi masing -masingnya tidak sinkron – beda, namun pokok konflik ekonominya dalam dasarnya sanggup dianggap sama. Yakni, merupakan mengenai cara insan memenuhi kebutuhan hidupnya yang beragam, sementara insan pula dihadapkan dengan ketersediaan alat pemenuh kebutuhan yg terbatas. 

Akibatnya, perkara kelangkaan pun tidak sanggup dihindari. Apabila diamati, terdapat beberapa faktor penyebab kelangkaan yg paling umum terjadi. Faktor penyebab kelangkaan ini meliptui :

A. Keterbatasan Sumber Daya Alam
Lingkungan alam sebagai keliru satu sumber daya yg melimpah yg sanggup menyediakan kebutuhan manusia. Meski berlimpah, sumber daya alam ini ada yang merupakan sumber daya yang dapat diperbarui serta terdapat jua yg nir bisa diperbarui. 

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui inilah yang jumlahnya sangat terbatas sehingga penggunaannya wajib sahih –sahih dikontrol. Akan tetapi, jumlah sumber daya alam secara holistik bisa semakin berkurang dampak sifat insan yang serakah serta eksploitatif. Alhasil, asal daya alam, baik yg bisa diperbarui serta yang nir bisa diperbarui pun bisa mengalami kelangkaan.

B. Perbedaan Letak Geografis
Letak geografis yang tidak sama –beda dapat menyebabkan persebaran sumber daya menjadi nir merata. Akibatnya, ada daerah yg mempunyai tanah fertile serta kaya akan barang tambang,  namun terdapat juga daerah yang tandus serta minim sumber daya alam, bahkan kekurangan air higienis. 

Akibat adanya disparitas letak geografis inilah, maka bisa muncul kelangkaan asal daya. Kelangkaan asal daya karena letak geografis ini umumnya lebih sulit buat dihindari.

C. Ketidakseimbangan Pertumbuhan Penduduk
Thomas Robert Malthus, seorang pakar demografi dan ekonomi politik dari Inggris, menyatakan bahwa laju pertambahan penduduk lebih cepat daripada laju pertumbuhan produksi. Masalahnya, laju pertambahan jumlah penduduk yg cepat ini dalam kenyataannya tidak diikuti dengan hasil produksi. 

Akibatnya, hasil produksi yang ada pun nir mampu buat memenuhi kebutuhan hidup insan yang majemuk dan semakin bertambah.

D. Rendahnya Kemampuan Produksi
Ketersediaan alat pemenuhan kebutuhan hidup manusia bisa terpenuhi ketika terdapat orang atau badan yang melakukan produksi. Sebab, kemampuan produksi ini berpengaruh secara eksklusif terhadap ketersediaan barang dan jasa sebagai indera pemenuhan kebutuhan. 

Namun sayang, kemampuan produksi yang terbatas dapat mengakibatkan rendahnya kapasitas produksi ini. Rendahnya kapasitas produksi ini pun disebabkan sang rendahnya kemampuan sumber daya insan yg dipakai pada proses produksi.

E. Lambatnya Perkembangan Teknologi
Teknologi juga sebagai faktor penentu dalam upaya insan memenuhi kebutuhan hidup. Namun, tekonologi yang digunakan penghasil pada proses produksi ini acapkali tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk. Pembuat membutuhkan saat yang relatif panjang guna menerapkan teknologi produksi yang baru.

Padahal, kebutuhan hidup manusia terus mengalami perkembangan, baik pada segi kualitas maupun kuantitas. Lambatnya perkembangan serta penerapan teknologi inilah yg kemudian menyebabkan nir terpenuhinya kebutuhan manusia atau mengakibatkan kelangkaan.

F. Terjadinya Bencana Alam
Bencana alam jua menjadi galat satu faktor alam yg dapat mensugesti pemenuhan kebutuhan hidup insan. Adanya bencana alam secara eksklusif bisa menimbulkan kerusakan lingkungan. Akibatnya, kelangsungan hayati manusia pun ikut terpengaruh. 

Sebagai model, bala alam banjir bisa menghambat kelancaran distribusi barang dan jasa. Keterlambatan ini yg lalu menyebabkan masyarakat tidak dapat segera mengonsumsi barang serta jasa sehingga menimbulkan kelangkaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel