Pengertian Filsafat Esensialisme

Filsafat Esensialisme

Filsafat adalah berfikir serta merasa sedalam-dalamnya terhadap segala sesuatu hingga pada inti problem. Filsafat asal menurut bahasa Yunani yg tersusun dari 2 istilah, yaitu Fhilos dan Sophia. Filos berarti bahagia, gemar atau cinta, sedangkan Sophia dapat diartikan sebagai kebijaksanaan. Dengan begitu filsafat dapat diartikan menjadi suatu kecintaan kepada kebijaksanaan.

Kata lain berdasarkan flsafat merupakan Hakikat serta Hikmah jadi jika ada orang yg mengungkapkan, “Apa Hikmah dari semua ini”, berarti mencari latar belakang pada peristiwa sesuatu menggunakan kejadian secara filsafat, yaitu apa, bagaimana, serta mengapa sesuatu itu terjadi, yang dalam filsafat diklaim menggunakan Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi. 

Pengertian Filsafat Esensialisme

Esenssialisme adalah suatu filsafat pada genre pendidikan ortodok yang dalam mulanya dirumuskan menjadi suatu kritik dalam musim-isu terkini progresif di sekolah-sekolah. Bagi aliran ini "Education as Cultural Conservation", pendidikan menjadi pemeliharaan kebudayaan karena dalil ini maka aliran esensialisme dianggap para pakar sebagai "Conservatif road to culture, "yakni aliran ini ingin pulang kepada kebudayaan usang warisan sejarah yang sudah menandakan kebaikan-kebaikannya bagi kehidupan manusia. Esensialisme memandang bahwa pendidikan wajib berpijak dalam nilai-nilai yg mempunyai kejelasan serta tahan lama , yang memberikan kestabilan dan nilai-nilai terpilih yang memiliki, tata yg jelas. Pendapat ini dikemukakan oleh Jalaluddin dkk yg dikutip berdasarkan pendapat Zuharnini. Esensialisme percaya bahwa pendidikan harus berdasarkan kepada nilai-nilai kebudayaan yg sudah terdapat sejak zaman awal peradaban umat insan, kebudayaan yg mereka wariskan kepada kita sampai sekarang, telah teruji oleh zaman, syarat dan sejarah kebudayaan demikian adalah esensial yang bisa jua pengembangan hari ini dan masa depan umat manusia.
Dengan artian esensialisme ingin balik ke masa dimana nila-nilai kebudayaan itu masih tetap terjaga, yang nilai itu tersimpul dalam ajaran para filosof, pakar pengetahuan yang agung, yg ajaran dan nilai-nilai ilmu mereka abadi. Esensialisme suatu filsafat pendidikan ortodok yg pada mulanya dirumuskan sebagai suatu kritik terhadap pendapat aliran progesif pada sekolah-sekolah.

Tentang-soal.