Iklan Responsive

Pengertian Definisi Berbicara Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Berbicara Dalam Bahasa Indonesia

Ujaran (speech) adalah suatu bagian yangintegral dari keseluruhan personalitas atau kepribadian, mencerminkanlingkungan sang pembicara, hubungan-kontak sosial, serta pendidikannya. Aspek-aspeklain misalnya cara berpakaian atau mendandani pengantin, adalah bersifateksternal, tetapi ujaran sudah bersifat melekat, pembawaan. (Tarigan,1996:15)
Berbicara adalahkemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau istilah-istilah untukmengekspresikan, menyatakan dan membicarakan pikiran, gagasan dan perasaan.sebagai perluasan dari batasan ini bisa kita katakan bahwa berbicara merupakansuatu sistem indikasi-indikasi yg bisa didengar (audible) dan yang kelihatan (visible)yg memanfaatkan sejumlah otot dan jaringan otot tubuh manusia demi maksud dantujuan gagasan-gagasan atau ide-inspirasi yang dikombinasikan. Lebih jauh lagi,berbicara adalah suatu bentuk perilaku insan memanfaatkan faktor-faktorfisik, psikologis,neurologis, semantik, dan linguistik sedemikian ekstensif,secara luas sehinga bisa dianggap menjadi indera insan yg paling pentingbagi kontrol sosial. (Tarigan,1996:15)
Dengan demikianmaka berbicara itu lebih daripada hanya sekedar pengucapan bunyi ataukata-istilah. Berbicara adalah suatu alat buat mengkomunikasikan gagasan-gagasanyang disusun dan dikembangkan sesuai menggunakan kebutuhan-kebutuhan sangpendengar atau penyimak. Berbicara merupakan instrument yg mengungkapkankepada penyimak hampir-hampir secara langsung apakah sang pembicara memahamaiatau tidak, baik bahan pembicaraanya maupun para penyimaknya: apakah diabersikap hening, dan dapat mengikuti keadaan atau nir, pada waktu diamengkomunikasikan gagasan-gagasannya; dan apakah beliau waspada serta antusiasatau tidak. (Mulgrave,     1954:3–4).
Tentang-soal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel