Pengertian dan Definisi Sedekah

Definisi serta Pengertian Sedekah 
New%2BPicture.jpg

Defenisi sedekah pada agama islam merupakan Suatu hadiah yg dilakukan oleh seorang Muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela lapang dada yang tanpa dibatasi sang ketika serta jumlah tertentu; suatu hadiah yg diberikan sang seorang sebagai kebajikan yang mengharap rida Allah SWT serta pahala semata. 

Hal ini sinkron menggunakan firman Allah SWT yg artinya;

''Kamu sekali-kali nir hingga kepada kebaktian (yang sempurna), sebelum engkau menafkahkan sebagian harta yg engkau cintai...'' (QS Ali Imran [3]: 92).

Pahala sedekah akan lenyap apabila si pemberi selalu menyebut-nyebut sedekah yang telah dia berikan atau menyakiti perasaan si penerima. Hal ini ditegaskan Allah SWT pada firman-Nya yang berarti:

''Hai orang-orang yg beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu menggunakan menyebut-nyebutnya dan menyakiti perasaan si penerima.'' (QS Al Baqarah [2]: 264).

Sedekah lebih luas menurut sekedar zakat juga infak. Lantaran sedekah nir hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekah meliputi segala amal atau perbuatan baik. Dalam sebuah hadis digambarkan, 

“Memberikan senyuman pada saudaramu merupakan sedekah.”

Zakat memiliki beberapa arti, :

  • Pertama : An-Nama (tumbuh dan berkembang), merupakan bahwa harta yang dikeluarkan zakat darinya, tidaklah akan berkurang, justru akan tumbuh serta berkembang lebih poly. Faktanya sudah sangat banyak.

  • Kedua : Ath-Thaharah (kudus), ialah bahwa harta yang dikeluarkan zakatnya, akan menjadi higienis serta membersihkan jiwa yg memilikinya menurut kotoran hasad, dengki serta bakhil.

  • Ketiga : Ash-Sholahu (baik), merupakan bahwa harta yg dimuntahkan zakatnya, akan sebagai baik dan zakat sendiri akan memperbaiki kwalitas harta tersebut dan memperbaiki amal yg memilikinya.  

Adapun zakat secara kata adalah jenis harta tertentu yg pemiliknya diwajibkan buat memberikannya kepada orang-orang tertentu menggunakan syarat-kondisi tertentu jua.

Sedekah dalam pengertian pada atas oleh para fukaha (ahli fikih) dianggap sadaqah at-tatawwu’ (sedekah secara spontan serta sukarela). Sebenarnya terdapat jua arti sedekah yg lain. Menurut mereka, istilah sedekah juga bisa searti menggunakan istilah zakat, yg berarti suatu harta harus dikeluarkan oleh seseorang Muslim pada ketika eksklusif dan dalam jumlah tertentu yang telah ditetapkan sang syariat (aturan Islam). Karena itu para fukaha seringkali menyebut kata zakat fitrah menggunakan sadaqah al-fitr. 

Adapun sedekah pada pengertian bukan zakat sangat dianjurkan dalam Islam serta sangat baik dilakukan tiap saat. Di dalam Alquran poly sekali ayat yang menganjurkan kaum muslimin untuk senantiasa menaruh sedekah. Di antara ayat yg dimaksud merupakan yg adalah:

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan berdasarkan orang yg menyuruh (insan) memberi sedekah, atau berbuat makruf, atau mengadakan perdamaian pada antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian lantaran mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberikan kepadanya pahala yg akbar.” (QS An-Nisaa [4]:14). 

Demikian jua di dalam sunah. Hadis yg menganjurkan sedekah tidak sedikit jumlahnya. Di pada galat satu hadis, Rasulullah SAW bersabda :

“Sebaik-baik orang pada antara kamu merupakan yg memberi makan dan menjawab salam” (HR Ahmad bin Hanbal atau Imam Hanbali).


Dirangkum /disarikan menurut kitab Ensiklopedi Islam

Tag Search :
sedekah merupakan,sedekah merupakan,sedekah merupakan kunci sukses,sedekah adalah petunjuk,sedekah adalah solusi,sedekah merupakan obat,sedekah merupakan bukti,sedekah jariah adalah,sedekah laut adalah,manfaat sedekah adalah,penerima sedekah adalah pengertian sedekah,pengertian sedekah,pengertian sedekah jariah,pengertian sedekah serta manfaatnya,pengertian sedekah dalam islam,pengertian sedekah bumi,pengertian sedekah jariyah,pengertian sedekah hibah serta bantuan gratis,pengertian sedekah dan zakat,pengertian sedekah berdasarkan para ulama,pengertian sedekah dan contohnya
Tentang-soal.