Pengertian Belajar Dari Pendapat Para Ahli Tentang Belajar

Pengertian Belajar Dari Pendapat Para Ahli Tentang Belajar

Ada beberapa pendapat dari para ahlitentang pengertian belajar antara lain :

1.hilgard dan Bower, pada kitab Theoriesof Learning (1975) misalnya dikutip Purwanto (2000:84), mengemukakan belajaradalah proses yg melahirkan atau mengubah suatu kegiatan melalui jalanlatihan yg dibedakan dari perubahan-perubahan oleh faktor-faktor yang tidaktermasuk latihan.
2.sujana (1989:5) berkata bahwa belajaradalah suatu proses yg ditandai dengan adanya suatu perubahan dalam diriseorang.
3.winkel (1989:36) Belajar adalahaktivitas mental atau psikis yg berlangsung dalam interaksi aktif denganlingkungan, yg menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman,keterampilan, serta nilai perilaku. Perubahan itu nisbi kontinu serta berbekas .
4.moskowitz serta Orgel menyampaikan bahwabelajar adalah perubahan perilaku menjadi hasil langsung berdasarkan pengalaman danbukan akibat interaksi-hubungan dalam sistem saraf yg dibawa semenjak lahir(Darsono, 2000:3).
5.cronbach dalam kitab Educational psychologi mengemukakan ”Learning is shown by a change in behavior as a result of experience“(Belajar dapat terlihat melalui perubahan tingkah laku menjadi output daripengalaman)
6.skinner mengemukakan “Learning is a process of progresivebehavior adaption“ (Belajar adalah proses adaptasi tingkah laris secara progresif)
7.whitherington mengemukakan “Learning is a change in personality,manifestation it self as a new pattern of resposes which may be a skill, anattitude, a habit, an ability or an understanding“ (Belajar merupakan suatuperubahan dalam kepribadian yang pada wujudkan dalam perubahan–perubahanpenguasaan pola respon atau tingkah laku baru yg di nyatakan pada perubahanketrampilan, perilaku, kebiasaan, kesanggupan atau pemahaman)
     Dengan demikian dapatdikatakan bahwa belajar merupakan adalah suatu proses bisnis yang pada lakukanindividu buat memperoleh suatu perubahan tingkah laku baru secarakeseluruhan  menjadi output daripengalaman individu tadi pada hubungan menggunakan lingkungannya (Abu ahmadi& M. Umar:2004)
Tentang-soal.