Pengertian Anti Amuba Obat Generik Farmasi

Anti Amuba

Pengertian 

Anti Amuba
Anti Amuba Adalahobat-obat yg dipakai buat mengobati penyakit yang ditimbulkan oleh mikroorganisme bersel tunggal (protozoa) yaitu Entamoebahistolytica yang dikenal menggunakan dysentri amuba.

Penyakityang disebabkan amuba umumnya menyerang usus. Dengan tanda-tanda diare berlendir dandarah disertai kejang-kejang dan nyeri perut, dan mulas pada waktu buang airbesar.

Bilapengobatannya nir sempurna penyakit ini dapat menjalar ke organ-organ lainkhususnya hati dan mengakibatkan amubiasis hati yang berciri radang hati(hepatitis amuba)
Bentuk amuba serta cara penularannya:

Bentukkista merupakanbentuk yg tidak aktif berdasarkan amuba yg memiliki membran pelindung yg uletdan tahan getah lambung.
Bentukminuta (mini )
     Jika makanan yang terinfeksi sang kistaamuba masuk ke usus insan, kista akan pecah dan berkembang menjadi bentukaktif yang dianggap tropozoit, memperbanyak diri dengan pembelahan serta hidupdari bakteri-bakteri yg terdapat pada usus, akibatnya terjadi luka-luka mini padamukosa usus sebagai akibatnya menimbulkan kejang perut, diare berlendir dan berdarah.
 BentukHistolitika
      Pada masalah tertentu tropozoid melewatidinding usus, berkembang sebagai  dua kalilebih besar , kemudian menerobos ke organ-organ lain (jantung, paru-paru, otakkhususnya hati) pada sini tropozoid - tropozoid ini hidup dari eritrosit dansel-sel jaringan yg dilarutkan olehnya menggunakan jalan fagositosis sehinggajaringan yg ditempatinya akan mati (nekrosis).

Sebagiantropozoid ada yg menjadi kista, akan keluar bersama tinja si penderita,menggunakan perantaraan lalat atau tangan yg kotor atau kuliner dapat masuk lagike tubuh manusia yang lain
            

Penggolonganobat

Dibagi menjadi 2 golongan besaryaitu:
1.obatamubiasid hubungan,meliputi senyawa-senyawa metronidazol serta tinidazol, antibiotika antara laintetrasiklin dan golongan aminoglikosida.
2.obatamubiasid jaringan,meliputi senyawa nitro-imidazol (metronidazol tinidasol) yg berguna terhadapbentuk histolitika di dinding usus serta jaringan-jaringan lain. Obat golonganini merupakan obat pilihan dalam kasus amubiasis. Jika metronidazol dantinidazol tidak efectif dapat dipakai dihidroemetin.

Obat generik, pertanda, kontraindikasi serta impak samping

     

Metronidazol
Indikasi
Infeksi amuba (amubiasis intestinalis, dan abses amuba hepar) jua infeksi sang trikomonas.
Kontra indikasi
Hipersensitif, hindarkan penggunaan dosis
besar pada wanita hamil dan menyusui
Efek samping
Mual, muntah, gangguan pengecapan, vertigo, ngantuk dan reaksi kulit seperti ruam urtikaria, urin berwarna gelap.
Sediaan
Tablet metronidazol (umum) 250 dan
500 mg ,  tablet vaginal 500 mg.
Cara Penyimpanan
Dalam wadah tertutup baik, terlindung berdasarkan sinar. Vaginal tablet harus ditaruh ditempat sejuk

Spesialitobat-obat anti amuba :

NO
GENERIK dan LATIN
DAGANG
PABRIK
1
Kloroquin Fosfat
Resochin
Bayer

(Chloroquinini Phosphas
Nivaquin
Rhone P
2
Metronidazol
Corsagyl
Corsa

(Metronidazolum DOEN)
Flagyl
Rhone P
3
Tinidazol
Fasigyn
Pfizer
4
Nimorazol
Naxogin
Pfizer
5
Secnidazol
Sentyl
Sunthi Sempuri


Flagentyl
Rhone P
Tentang-soal.