Iklan Responsive

MEMAHAMI PENGERTIAN MASSA ATOM DAN BERAT ATOM

Tutorial-informasi.net - Dalam penerangan definisi kali ini, kita akan mencoba tahu definisi massa atom dari referensi ilmiah yg terpercaya.

Apa itu massa atom ?

Massa atom adalah massa total proton, neutron, serta elektron dalam elemen eksklusif, umumnya dinyatakan pada satuan atomic mass unit. Simbol buat menyatakan satuan  atomic mass unit acapkali dilambangkan dengan AMU atau amu.
Lembaga yg bernama International Union of Pure dan Applied Chemistry (IUPAC) telah mendefinisikan satu  atomic mass unit (AMU)  adalah 1/12 menurut massa  atom carbon-12 (C-12). Dalam inti atom C-12 mengandung. Enam proton dan enam neutron

Cara menghitung massa atom ?

Untuk menghitung massa atom dari sebuah elemen, massa seluruh isotop harus diperhitungkan. Oleh karena itu massa atom adalah sebuah massa homogen-rata. Untuk menerima massa rata-rata ini, persentase isotop yang diketahui berdasarkan sebuah elemen beserta dengan massa masing-masing wajib dijumlahkan dan dirata-ratakan ke bawah. Massa sebuah elektron sangatlah kecil sehingga dapat diabaikan serta tidak dimasukkan ke dalam perhitungan.

Apa itu berat atom ?

Definisi berat atom nir sama menggunakan massa atom, sehingga terkadang poly yang menggunakan istilah berat atom buat massa atom, begitupun yg seharusnya massa atom dipakai istilah berat atom.
Berat atom sering dianggap jua juga dianggap massa atom relatif. Berat atom adalah massa homogen-rata semua isotop menurut jenis eksklusif. Ini adalah homogen-homogen tertimbang yg memperhitungkan kelimpahan seluruh isotop yang tidak sinkron.

Apa itu angka massa atom ?

Nomor massa atom (A) menyatakan jumlah proton dan neutron di pada inti atom, sedangkan nomor atom (Z) menyatakan jumlah proton pada pada inti atom. Nomor atom pula menyatakan jumlah elektron yang tersebar mengelilingi inti atom.
Referensi
1. //www.reference.com/science/atomic-mass-b1e61d52c1c7c9ba
2. //www.britannica.com/science/atomic-weight.
3. //www.wikihow.com/Calculate-Atomic-Mass

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel