Iklan Responsive

Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan

TENTANG ILMU - Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan - Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa alam Indonesia ini memang kaya menggunakan tanaman yg sangat beraneka ragam, antara lain flora rempah serta herbal menjadi bahan pembuatan jamu tradisional. Dari sekian banyak rempah-rempah yg ada di Indonsia Kunyit (Kunir bahasa jawa) adalah keliru satu rempah yg acapkali dibentuk sebagai bahan jamu tradisional yg terkelnal yaitu Jamu Kunyit Asam (Kunir Asem, bahasa jawa)
Jamu kunyit asam merupakan galat satu ramuan alami yang diperaya secara turun-temurun, sesuai dengan namanya jamu ini mempunyai bahan primer berupa rimpang/akar kunyit dan buah asam ditambah menggunakan daun sinom (daun asam jawa yang masih muda). Kandungan dari jamu kunyit asam itu sendiri artinya terdapat zat kurkumin yang sangat tinggi, selain itu juga mengandung vitamin C, minyak astiri, protein, karbohidrat dan beberapa mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi.
Manfaat Jamu Kunyit Asam

Manfaat Jamu kunyit asam merupakan buat melanmcarkan dan mengurangi nyeri waktu menstruasi, selain itu juga jamu kunyit asam jua memiliki kegunaan sebagai pelangsing tubus secara alami, jamu ini merupakan anti oksidan dan kaya senyawa aktif yang bisa melindungi tubuh dari mutasi sel penyebab kangker, selain itu jua buat meningkatkan daya tahan tubuh.
Sejak dulu ramuan kunyit asam diminum buat memperlancar haid. Secara ilmiah mulai terungkap bahwa kunyit memiliki kemampuan mendorong hati supaya lebih membuat empedu pemecah lemak, serta asam jawa bisa memacu denyut jantung agar sirkulasi darah menjadi lancar.
Dengan demikian kombinasi kunyit menggunakan asam jawa akan lebih mempermudah proses metabolisme tubuh (aliran darah lancar, lemak terbuang, dan oksigen segar gampang mengalir dalam tubuh). Konsumsi kunyit asam yg teratur dapat juga menjaga keseimbangan berat badan (melangsingkan tubuh).

Cara menciptakan jamu kunyit asam  :
Bahan :
1/2 Kg Kunyit1/4 Gula jawa1/2 Kg asam jawa2 Liter AirSepucuk Sendok teh garam
Cara Membuat :
  1. Bersihkan kunyit kemudian diparut atau blender. Kemudian kunyit yang sudah halus di saring serta diambil sari/airnya.
  2. Rebus air perasan kunyit dengan menambahkan asam, gula serta garam hingga adonan benar-benar mendidih (sembari pada mixer).
  3. Bila telah mendidih, angkat serta dinginkan.   
  4. Jamu kunyit asem siap buat diminum, mampu pula dibubuhi es batu.
Jamu kunyit asam ini pula sanggup didapat berdasarkan penjual jamu gendong yg terdapat pada pasar-pasar tradisional maupun yang keliling.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel