Iklan Responsive

Kue Lompong Jajanan Khas Kabupaten Purworejo

TENTANG ILMU - Kue Lompong Jajanan Khas Kabupaten Purworejo. Bagi Anda penikmat kuliner nusantara, Anda kayaknya belum lengkap apabila Anda belum mencicipi jajanan yg satu ini. Keu lompong merupakan jajanan khas kabupaten purworejo yang memang telah ada semenjak puluhan tahun yg lalu serta sampai kini masih tetap dilestarikan secara turun temurun.
Kue lompong adalah jenis kue basah, kudapan manis ini terbuat menurut adonan tepung beras ketan, dan isi bagian dalamnya adalah gula aren yang dicampur menggunakan butiran kacang tanah yang telah dihancurkan menjadi keci-mini , sebagai akibatnya semakin menciptakan cita rasa kudapan manis ini memiliki ciri spesial tersendiri.
Kue Lompong Jajanan Khas Kabupaten Purworejo

Yang membuat unik serta menarik dari kudapan manis lompong ini merupakan warnanya yang hitam, rona hitam yg didapat bukan berdasarkan pewarna makanan pada biasanya, tetapi bahan pewarna kue lompong ini didapat berdasarkan flora lompong atau lumbu serta acapkali jua diklaim talas yang kemudian dicampurkan kedalam adonan kudapan manis lompong ini.
Hal unik lainnya menurut kudapan manis lompong ini adalah bungkusnya, kue ini dibungkus dengan klaras (daun pisang yang sudah kering). Menurut para para penghasil kudapan manis lompong, pembungkus ini ternyata belum sanggup digantikan oleh bahan lain seperti daun yang lain maupun plastik, pernah dicoba dengan menggunakan bahan pembungkus lain namun selalu saja lengket dan tidak jadi.
Silahkan baca pula  :  Resep Praktis Membuat Buntil Daun Pepaya

Adapun klaras yg digunakan buat membungkus juga harus klaras yg kering secara alami, apabila klaras yang dipakai merupakan klaras yg kemarau menggunakan cara dijemur, itu akan membuat kudapan manis mudah busuk. Oleh karena itu hingga waktu ini bahan-bahan tadi masih dipertahankan sebagai ciri spesial menurut kue lompong tersebut.
Di Kabupaten Purworejo pusat pembuatan kue lompong ini berada di Kelurahan Pangen Jurutengah, Kelurahan Pangenrejo dan juga Kelurahan Kledung Kradenan. Pembuatan kue lompong ini masih menggunakan cara tradisional serta tanpa menggunakan bahan pengawet juga pewarna kimia, sebagai akibatnya sangat kondusif apabila dikonsumsi.
Kue ini mampu bertahan sampai dua minggu, namun apabila dimasukkan pada lemari pendingin kudapan manis ini sanggup bertahan hingga mencapai satu bulan. Dan bila telah mengeras kudapan manis ini mampu dikukus kembali supaya menjadi empuk ketika mau dikonsumsi.
Pemasaran kue lompong sendiri saat ini telah merambah di wilayah seputar Purworejo sendiri, hingga Kebumen, Yogyakarta, muntilan, Magelang, serta jua wilayah Wonosobo. Pada umumnya penjualan kue lompong akan semakin tinggi saat ekspresi dominan liburan datang.
Bagaimana?... Anda kepengin mencoba citarasa dari kudapan manis lompong jajanan khas purworejo ini?... Silahkan membelinya bila Anda kebetulan melewati wilayah Purworejo dan sekitarnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel