Iklan Responsive

Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo

TENTANG ILMU - Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo. Kecamatan Loano adalah satu diantara 16 Kecamatan yg terdapat di Kabupaten Purworejo. Kecamatan Loano membawahi 21 Desa yang beredar menurut ujung sebelah barat sampai ujung sebelah timur. Desa paling barat pada kecamatan Loano adalah Desa Kalinongko yg berbatasan dengan Kecamatan Purworejo, sedangkan Desa yang paling timur adalah Desa Sedayu yang berbatasan menggunakan Kabupaten Kulon Progo DIY.
Nama Loano sendiri berasal menurut cerita yang dikenal berdasarkan sebuah kitab kuno yang berjudul "Babad Tanah Loano". Pada lebih kurang abad ke-13 Masehi sudah berdiri Kerajaan Loano. Nama Loano ini bermula berdasarkan kisah bepergian Ki Betoro Loano yg mengembara sampai hingga ke pinggir Kali Bogowonto dan menemukan bunga "Lo" di lebih kurang Kali Bogowonto, sebagai akibatnya beliau membuahkan daerah ini sebagai daerah Perdikan Loano.
peta-pembagian-wilayah-dipurworejo.jpg

Seiring menggunakan ketika, tanah perdikan ini semakin lama semakin berkembang sebagai akibatnya berdirilah sebuah kerajaan kecil yang bernama Loano. Nama Loano sekarang menjadi nama sebuah desa yg memang disitulah dulunya pusat dari kerajaan loano itu sendiri, dan sampai ketika ini residu-residu peninggalan dari keraton loano pun masih sanggup ditemui di Desa Loano. Dari kisah diatas bisa disimpulkan bahwa pemberian nama Kecamatan Loano merupakan diambil berdasarkan nama kerajaan Loano.
Walaupun Desa Loano menjadi nama Kecamatan, tetapi disini sentra pemerintahan kecamatan Loano malah tidak berpusat pada Desa Loano itu sendiri. Pusat pemerintahan atau Kantor Kecamatan Loano malah berada di Desa Banyuasin Kembaran yang terletak pada sebelah timur yang berjarak lebih kurang 10 km menurut Desa Loano.
Silahkan baca jua :  Sumur Dengan Rasa Air Asin Di Banyuasin Separe

Jarak Kantor Kecamatan Loano dengan sentra Pemerintahan Kabupaten Purworejo kurang lebih 19 km. Pada tahun2019 Kecamatan Loano mendapatkan alokasi dana sebesar 1,7 miliar buat merenovasi gedung kantor kecamatan, serta dalam saat itu buat sementara pelayanan administrasi akan pada pindah di kantor kawedanan yang berada pada Desa Maron.
Pada waktu itulah sempat timbul tentang serta jua asa dari sebagian rakyat kecamatan loano terutama yg wilayah bagian barat agar kantor kecamatan loano dipindah di Maron menggunakan alasan lantaran lokasi Desa Maron merupakan berada ditengah serta berada pada jalur strategis antara Purworejo- Wonosobo-Magelang.
Wacana tersebut sempat menjadi polemik dikalangan masyarakat masyarakat terutama Desa-desa yg berada di daerah sebelah timur, sebagian akbar desa-desa yang disebelah timur tidak menyetujui apabila tempat kerja kecamatan di pidah dari Desa Banyuasin Kembaran ke Desa Maron dengan alasan, bila tempat kerja kecamatan dipindah maka daerah bagian timur akan menjadi sepi serta kurang diperhatikan.
Meski sempat terjadi polemik tentang ihwal pindahnya kantor kecamatan loano ke maron namun pada akhirnya tempat kerja kecamatan tetap berada pada Desa Banyuasin Kembaran. Kondisi geografis kecamatan loano kebayakan adalah pengunungan, terutama buat daerah bagian timur.
Dengan syarat geografis yg mayoritas pengunungan, produk unggulan menurut kecamatan loano merupakan output bumi terutama butir-buahan, baik itu durian, duku serta hasil bumi lainnya. Hasil bumi olahan lain yg terkenal adalah gula aren serta salah satu desa yang sebagai sentranya gula aren merupakan Desa Kemejing.
Selain output bumi, Kecamatan Loano pula banyak memiliki pesona alam yang patut buat dikunjungi, diantaranya, sungai bogowonto yang biasa dipakai buat arung jeram, bagi Anda yang suka dengan olah raga yang memacu adrenaline Anda sanggup mencobanya.
Pesona alam yang lain yg bisa dikunjungi adalah curug "Klenceng Putih" yg berada pada Desa Sedayu, dan juga "Curug Tamansari" yg berada di Desa Kemejing. Selain kedua tempat tersebut Anda jua bisa mengunjungi Desa Wisata Karangrejo.
Silahkan baca pula :  Curug Tamansari Pesona Alam Desa Kemejing

Demikian sedikit citra mengenai Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo, semoga bisa menambah wawasan tentang wilayah-daerah yang ada pada Negara kita Indonesia terutama Jawa Tengah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel